Sukses

Donald Trump Menang Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di Idaho, Missousi dan Michigan

Donald Trump kembali menunjukkan dominasinya di tiga negara bagian Amerika Serikat pada pemilihan pendahuluan dari partai Republik.

Liputan6.com, Washington D.C - Donald Trump kembali menunjukkan dominasinya di tiga negara bagian Amerika Serikat pada pemilihan pendahuluan dari partai Republik.

Mantan Presiden AS ini mengalahkan satu-satunya penantangnya dari Republik yaitu Nikki Haley, di kaukus Idaho, Missouri, dan Michigan, dikutip dari BBC, Minggu (3/3/2024).

Kemenangan Trump menandakan bahwa ia semakin dekat untuk menjadi kandidat resmi partai tersebut pada pilpres AS 2024.

Popularitas Donald Trump di kalangan pemilih Partai Republik membuat ia hampir pasti akan menghadapi Joe Biden dalam pemilihan presiden AS pada November 2024.

Pada Sabtu (2/3) Trump memenangkan 39 delegasi di Michigan, 54 di Missouri dan 32 di Idaho.

Kemenangannya di kaukus Michigan (menang di 13 distrik) dianggap sangat penting, mengingat statusnya sebagai 'medan pertempuran' dan wilayah kunci bagi salah satu kandidat untuk memenangkan kursi orang nomor satu di Gedung Putih.

Kaukus dan pemilihan pendahuluan adalah dua cara yang membantu partai politik dan negara bagian AS memilih calon presiden mereka.

Kaukus adalah pertemuan yang diselenggarakan oleh partai politik yang diadakan di lokasi tertentu, di mana peserta memberikan suara pada kandidat pilihan mereka.

Berbeda dengan kaukus, pemilih dalam pemilihan pendahuluan dapat datang ke tempat pemungutan suara dan memberikan suara secara rahasia.

Beberapa negara bagian -- seperti Michigan -- telah menyelenggarakan pemilihan pendahuluan dan kaukus Partai Republik, yang keduanya dimenangkan oleh Donald Trump.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelumnya Menang di Carolina Selatan

Sebelumnya Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Carolina Selatan pada Sabtu (24/2) dengan mudah mengalahkan mantan Duta Besar PBB Nikki Haley.

Dikutip dari laman AP, kemenangan Trump semakin mengkonsolidasikan jalannya menuju nominasi Partai Republik untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Trump kini menyapu bersih setiap kontestasi yang melibatkan delegasi Partai Republik.

Sebelumnya ia mencatat kemenangan di Iowa, New Hampshire, Nevada, dan US Virgin Islands.

Haley menghadapi tekanan yang semakin besar untuk mundur dari pencalonan, namun dia mengatakan bahwa tidak akan pergi ke mana pun meski kehilangan negara bagian tempat dia menjadi gubernur dari tahun 2011 hingga 2017.

 

3 dari 3 halaman

Pertarungan Ulang Biden Vs Trump

Pertarungan ulang antara Trump dan Presiden Joe Biden pada tahun 2020 menjadi semakin tak terelakkan.

Haley berjanji untuk tetap bersaing setidaknya melalui serangkaian pemilihan pendahuluan pada tanggal 5 Maret, yang dikenal sebagai Super Tuesday.

Namun, ia tidak dapat merusak momentum Trump di negara bagian asalnya meskipun mengadakan lebih banyak acara kampanye dan berpendapat bahwa dakwaan terhadap Trump akan melumpuhkannya.

Associated Press menyatakan Trump sebagai pemenang ketika pemungutan suara ditutup di seluruh negara bagian tersebut pada pukul 19.00 malam waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.