Sukses

Pesawat Rute Jepang-AS Terpaksa Putar Balik Usai Seorang Penumpang Gigit Pramugari

Pelaku mengatakan, tidak ingat dengan kelakuannya tersebut dan mengaku bahwa ia baru saja meminum obat tidur.

Liputan6.com, Tokyo - Pesawat maskapai All Nippon Airways (ANA) dengan rute Tokyo menuju Seattle dengan nomor penerbangan 118 terpaksa putar balik ke Bandara Haneda, Tokyo, Jepang, pada Rabu (17/1/2024), setelah seorang penumpang dilaporkan menggigit lengan salah satu pramugari.

Insiden tersebut terjadi pada tanggal 16 Januari malam.

Dilansir Straits Times, Kamis (18/1), pria berusia 55 tahun yang diyakini merupakan warga negara Amerika Serikat (AS) itu ditangkap oleh polisi Tokyo sesaat setelah mendarat karena dicurigai menyebabkan cedera pada pramugari maskapai penerbangan tersebut, menurut kantor berita nasional Kyodo News.

Motif di balik perilaku pria tersebut masih belum diketahui jelas.

Menurut situs pelacakan penerbangan Flightradar24, pesawat lepas landas pada pukul 21.23 waktu setempat dan kembali sekitar 90 menit kemudian.

Mengutip laporan Kyodo News, pelaku membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa dia tidak ingat dengan apa yang terjadi karena ia baru meminum obat tidur.

Kisah serupa juga terjadi dalam penerbangan dari Glasgow, Inggris, menuju Turki pada Minggu (15/10/2023), di mana seorang penumpang pesawat dilaporkan mencoba menggigit dan meninju salah satu staf maskapai.

Akibatnya, pesawat tersebut harus melakukan pendaratan darurat di Bandara Thessaloniki, Yunani.

Penumpang yang merupakan lansia berusia 61 tahun tersebut mengaku mengalami panic attack atau serangan panik, membuatnya lupa soal ulah fatalnya tersebut. Ia mengaku hal tersebut bisa terjadi karena sebelum terbang, ia mengonsumsi alkohol dan obat-obatan bersamaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kegaduhan oleh Penumpang

Kisah lain soal kegaduhan yang disebabkan oleh penumpang pesawat terjadi ketika penerbangan EasyJet menuju London, Inggris, dibatalkan lantaran seseorang buang air besar di lantai toilet pesawat.

Merujuk video yang diterima NY Post, terlihat pilot memberi tahu penumpang pesawat di dalam penerbangan EasyJet dari Pulau Tenerife di Spanyol pada Minggu (15/10) karena ada yang buang air besar di lantai toilet pesawat. 

"Kami sekarang akan menurunkan semua orang dan mengatur (pemesanan kamar) hotel (untuk penumpang), lalu kita akan terbang kembali besok pagi," kata pilot pada para penumpang yang terlihat mengerang saat mereka bangkit dari tempat duduk mereka.

Pengumuman ini muncul setelah penerbangan EZY8054 mengalami sejumlah penundaan, kata seorang penumpang pada Daily Mail. Pesawat itu awalnya dijadwalkan berangkat dari Tenerife pada 15 Oktober 2023 pukul 20.05 waktu setempat dan tiba di Inggris pukul 12.20 keesokan harinya.

3 dari 4 halaman

Ulah Penumpang Pesawat Lainnya

Ulah penumpang pesawat lainnya juga terjadi dalam penerbangan, ketika seorang pria berusia 30-an membuka pintu darurat penerbangan Asiana Airlines saat mendarat di Korea Selatan.

Ia ditangkap seketika saat pesawat mendarat. 

Seluruh penumpang yang berjumlah 194 untungnya selamat dari penerbangan meski kondisi pesawat mendarat dengan pintu masih terbuka di Bandara Internasional Daegu.

Menurut media setempat, beberapa penumpang pingsan, sementara yang lain mengalami masalah pernapasan dan dibawa ke rumah sakit.

Penerbangan OZ8124, sebuah jet Airbus A321-200, lepas landas dari Pulau Jeju pada Jumat sekitar pukul 11.45 waktu setempat. 

Sekitar satu jam sebelum mendarat, seorang penumpang laki-laki membuka pintu darurat saat pesawat masih berjarak 250 meter dari permukaan tanah.

Video yang direkam seorang penumpang dan beredar di media sosial menunjukkan celah di sisi kiri pesawat dan angin menerpa barisan penumpang yang duduk.

Menurut saksi, pramugari saat itu tidak bisa menghentikannya karena pesawat hendak mendarat. Mereka mengatakan pria itu juga mencoba melompat keluar dari pesawat setelah membuka pintu.

4 dari 4 halaman

Kisah Penumpang Ribut dengan Pramugari

Dalam kisah berbeda, sebuah penerbangan dari New Delhi, India menuju London, Inggris terpaksa kembali ke bandara semula setelah terjadi perkelahian antara penumpang dan kru pesawat.

Dilansir laman Mirror, penerbangan yang lepas landas pukul 06.45 waktu setempat itu menjadi berantakan setelah seorang pria dilaporkan menarik rambut seorang pramugari sebelum akhirnya berkelahi dengan kru pesawat. 

Penerbangan AI 111 dari Bandara Internasional Indira Gandhi New Delhi terpaksa kembali ke landasan awal, tak lama setelah lepas landas sebagai akibat dari perilaku penumpang yang "sangat sulit diatur".

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.