Sukses

Penumpang Pesawat India Ditangkap Usai Serang Pilot Gara-Gara Alami Keterlambatan

Penumpang pesawat tersebut menyerang sang pilot karena merasa kesal usai penerbangannya mengalami penundaan hampir 10 jam.

Liputan6.com, New Delhi - Seorang penumpang maskapai penerbangan asal India, IndiGo, ditahan oleh pihak berwenang pada Minggu (14/1/2024) setelah menyerang seorang pilot. Penyerangan itu dilakukannya usai mengalami penundaan penerbangan akibat kabut tebal di India Utara.

Penerbangan itu memiliki rute perjalanan dari Delhi ke Goa, menurut laporan media lokal.

Dilansir CNA, Selasa (16/1/2024), dalam video yang beredar di media sosial, terlihat seorang pria dengan jaket kuning menyerang ke arah pilot yang memegang mic di tangannya.

Penumpang pesawat tersebut kemudian berbicara dengan pramugari dan pilot sebelum dia dibawa ke belakang oleh sesama penumpang.

"Seorang penumpang menyerang petugas kami saat pengumuman penundaan penerbangan pesawat 6E 2175,” tulis maskapai itu di media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

"Penumpang tersebut melanggar aturan dan diserahkan kepada lembaga penegak hukum", tambah IndiGo dalam postingannya.

Pihak maskapai IndiGo menyebut bahwa insiden ini juga dirujuk ke komite internal independen untuk penindakan selanjutnya dan agar penumpang tersebut dimasukkan ke dalam "daftar larangan terbang".

Pihaknya turut menegaskan kembali bahwa keselamatan dan keamanan penumpang serta krunya adalah hal yang sangat penting dan pihaknya menerapkan kebijakan tanpa toleransi terhadap perilaku apa pun yang tidak dapat diterima.

Pria itu ditangkap namun kemudian dibebaskan dengan jaminan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alami Penundaan hingga 10 Jam

Menurut situs pelacak penerbangan FlightStats, penerbangan IndiGo tersebut telah tertunda hampir 10 jam.

Pesawat itu dijadwalkan berangkat dari Delhi pada pukul 7.40 pagi waktu setempat namun baru akhirnya berangkat setelah pukul 17.30.

"Sebagian besar wilayah India dihadapkan pada kabut tebal yang luar biasa, yang berdampak signifikan pada pengoperasian bandara dan maskapai penerbangan," jelas maskapai IndiGo melalui akun X pada hari Senin.

Pihaknya menambahkan bahwa pembatalan dan penundaan penerbangan berdampak pada rotasi jadwal keberangkatan sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Penundaan Penerbangan

Lebih dari 100 penerbangan di New Delhi mengalami penundaan pada Minggu (14/1), sementara pada hari Senin sejumlah penerbangan kembali beroperasi walaupun beberapa masih mengalami penundaan.

Menurut situs penerbangan Flightradar24, setidaknya 168 penerbangan yang meninggalkan New Delhi mengalami penundaan dan 56 penerbangan dibatalkan pada Senin pagi.

Menteri Penerbangan Sipil India Jyotiraditya Scindia meminta para pelaku perjalanan untuk bersabar. 

"Seluruh pemangku kepentingan berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan ketidaknyamanan penumpang," katanya melalui akun X. 

"Insiden perilaku melawan aturan di tengah situasi ini tidak dapat diterima, dan akan ditangani dengan tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang ada," tambah dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini