Sukses

Debat Ketiga Capres Malam Ini, Menilik Visi Misi Capres-Cawapres di Bidang Geopolitik dan Hubungan Internasional

Ketiga pasangan calon presiden 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan kembali bertemu dalam forum debat ketiga pilpres nanti malam.

Liputan6.com, Jakarta - Ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024 akan kembali terlibat dalam debat pemilu presiden (pilpres) hari ini, Minggu (7/1/2024).

Debat pilpres ketiga yang akan berlangsung pukul 19.00 WIB nanti mengangkat tema pertahanan, keamanan, geopolitik dan hubungan internasional.

Jelang menghadapi debat ketiga pilpres, capres nomor urut satu Anies Baswedan diketahui melakukan persiapan dengan secara aktif melakukan diskusi dengan Kapten Timnas AMIN M Syaugi Alaydrus hingga Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Sementara itu, isu soal panelis yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan) juga sempat menjadi perdebatan.

Lebih jauh, pasangan calon presiden 2024 lainnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tentu menyiapkan hal sama menjelang debat ketiga. 

Terlepas dari itu, berikut adalah sejumlah visi dan misi ketiga pasangan capres-cawapres dalam bidang geopolitik dan hubungan internasional:

1. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Anies Baswedan dan Gus Muhaimin (Cak Imin)

Dalam visi, misi dan program pasangan Anies dan Muhaimin bertajuk "Indonesia Adil Makmur untuk Semua", isu geopolitik dan hubungan internasional diangkat dalam misi "Memperkuat Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara, serta Meningkatkan Peran dan Kepemimpinan Indonesia dalam Kancah Politik Global untuk Mewujudkan Kepentingan Nasional dan Perdamaian Dunia."

Berikut adalah sejumlah visi dan misinya:

  • Mendorong dan memfasilitasi kerja sama internasional
  • Memperkuat kerja sama bilateral dan multilateral termasuk menyepakati perjanjian dagang termasuk Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) maupun Perjanjian Dagang Terbatas (PTA)
  • Memposisikan Indonesia sebagai kekuatan penyeimbang tatanan global yang mampu mencegah dominasi kekuatan tertentu
  • Menegaskan posisi Indonesia sebagai kekuatan tatanan regional di kawasan Indo-Pasifik-Mengaktifkan peran kepemimpinan Indonesia dan ASEAN terhadap dinamika Indo-Pasifik
  • Memperkuat diplomasi pertahanan dengan negara-negara di kawasan Indo-Pasifik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menyajikan visi, misi dan programnya dengan tajuk "Bersama Indonesia Maju".

Dalam bidang geopolitik dan hubungan internasional, pasangan calon nomor dua memiliki visi misi sebagai berikut:

  • Pencegahan aksi terorisme hinga mengembangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista)
  • Meningkatkan kualitas pelayanan dan pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri
  • Melibatkan potensi diaspora Indonesia di luar negeri
3 dari 4 halaman

3. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Sementara bagi pasangan calon nomor tiga yang memiliki visi misi bertajuk "Menuju Indonesia Unggul", visi misinya dalam bidang geopolitik dan hubungan internasional adalah sebagai berikut:

  • Menjalankan politik bebas aktif
  • Memastikan seluruh perjanjian internasional yang dibuat harus mengutamakan produk dalam negeri
  • Memperkuat diplomasi dan kedutaan besar-Meningkatkan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan WNI di luar negeri
4 dari 4 halaman

3.041 Personel Gabungan Amankan Debat Capres Hari Ini 7 Januari 2024

Menjelang pelaksanaan debat nanti malam, sebanyak 3.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal debat ketiga pilpers 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

"Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Minggu (7/1/2024), seperti dikutip dari kanal News Liputan6.com. 

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini