Sukses

Viral Putri Duyung di Akuarium Hampir Mati Karena Ekor Tersangkut Saat Pertunjukan

Sebuah insiden hampir merenggut nyawa seorang "putri duyung" di Randburg Shopping Mall, Afrika Selatan. Kejadian ini terekam dalam video yang viral di media sosial, memperlihatkan momen ekor sang putri duyung tersangkut di karang saat pertunjukan di akuarium mal.

Liputan6.com, Randburg - Sebuah insiden dramatis hampir merenggut nyawa seorang "putri duyung" di Randburg Shopping Mall, Afrika Selatan, pada tanggal 25 November 2023  lalu. 

Dilansir The Straits Times, Jumat (1/12/2023), kejadian ini terekam dalam video yang kemudian viral di media sosial, memperlihatkan momen ekor sang putri duyung tersangkut di karang selama pertunjukan di akuarium mal.

Dalam video berdurasi dua menit yang diunggah di TikTok oleh akun Storyful Viral, penampilan riang sang putri duyung, yang diperankan oleh Gabriela Green-Thompson Kay, berubah menjadi momen menegangkan saat ekornya terjebak di karang akuarium. 

Aksi dalam video tersebut kemudian menarik perhatian banyak penonton dengan total lebih dari tiga juta tayangan.

Awalnya putri duyung tersebut melambaikan tangan dan memberikan ciuman kepada penonton. Saat ia hendak berenang menjauh, ia lantas menyadari bahwa ekornya tersangkut. Gabriella lalu berusaha untuk membebaskan dirinya dengan melepaskan kostumnya tersebut. Setelah berhasil, wanita ini kemudian naik ke permukaan.

Insiden yang menimpa wanita asal Afrika Selatan tersebut mencuri perhatian dari sejumlah penonton di lokasi kejadian. Terdengar suara khawatir dari mereka ketika mermaid akuarium ini sedang berusaha menyelamatkan diri.

Gabriela dengan akun TikTok-nya yang bernama nokukhanya.the_mermaid pun turut membagikan pengalaman dramatis tersebut di media sosial miliknya. Video tersebut telah ditonton lebih dari 4,2 juta kali dan disukai 142.000 kali.

Dalam unggahannya, wanita itu menceritakan detik-detik menegangkan ketika dia hampir kehabisan napas di dalam video klip berdurasi 30 detik tersebut. Ia mengatakan dirinya menggunakan tangan untuk melepaskan kakinya dari kostum putri duyung tersebut.

"Inilah saya, memberi tahu orang-orang bahwa saya aman dan sehat. Ingat, keselamatan lebih dulu," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keselamatan Putri Duyung Saat Pertunjukan

Pertunjukan putri duyung pernah menjadi sebuah subkultur khusus dan kini menjadi tren di berbagai belahan dunia melalui festival, kompetisi, dan lainnya.

Menurut 'putri duyung' setempat, tindakan pencegahan keselamatan seperti adanya penyelam keselamatan dan isyarat tangan yang sudah diatur sebelumnya, sangat penting dalam menjaga keselamatan saat tampil di akuarium.

Bentuk penyelamatan diri yang telah dilakukan oleh Gabriella ini merupakan teknik evakuasi ekor berdasarkan penjelasan dari Insyirah Moidu (28 tahun). Teknik ini melibatkan pelepasan ekor dan sirip dengan cepat.

Insyirah yang juga dikenal dengan nama putri duyung Merliah berbagi pengalaman mengenai jenis kostum yang aman digunakan. Ia menuturkan bahwa terdapat dua jenis yakni kostum ekor kain dan ekor silikon dengan yang lebih aman adalah kostum ekor kain.

"Saya tidak tampil dengan ekor silikon untuk alasan keamanan karena tidak ada sistem pelepasan cepat untuk itu. Ekor silikon (seperti) kulit kedua, jadi butuh waktu lama untuk lepas," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Pelatihan Bagi Putri Duyung

Sementara itu, menurut Cara Neo, yang lebih dikenal dengan nama putri duyungnya yakni Syrena dengan pengalaman tampil di akuarium dan tangki selama sekitar 11 tahun, menekankan betapa pentingnya pelatihan yang tepat dalam persiapan seorang putri duyung untuk tampil di kedua tempat tersebut.

"Hanya karena seseorang bisa berenang, pernah memakai ekor putri duyung, atau mengaku memiliki sertifikasi, bukan berarti penampilan mereka aman," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa melatih rutinitas putri duyung secara ekstensif dan memiliki jalur komunikasi langsung kepada 'target penyelamat' selama pertunjukan menjadi salah satu kunci keselamatan.

"Terakhir, saya mendengarkan tubuh saya. Jika saya perlu mengadaptasi suatu gerakan, saya akan mengadaptasinya. Ketika Anda seorang profesional berpengalaman, Anda memiliki alat untuk dapat memodifikasi bagian-bagian pertunjukan jika perlu, tanpa disadari oleh penonton," katanya.

4 dari 4 halaman

Sempat Disorot, Sayembara Rp 15 Juta untuk Orang Pertama yang Memotret Putri Duyung di Israel

Putri duyung hanyalah makhluk dongeng yang seringkali diceritakan untuk anak kecil. Namun pada akhir tahun 2022 lalu, ada yang mengklaim melihat penampakan putri duyung asli di Israel.

Menurut pemberitaan Live Science yang dikutip Rabu (27/3/2023), penduduk lokal dan turis di kota Israel Kiryat Yam telah berbondong-bondong ke pantai dengan harapan bisa melihat makhluk yang kebanyakan orang percaya hanya ada dalam dongeng.

Penampakan itu diduga putri duyung karena menyerupai persilangan antara ikan dan seorang gadis muda, dan hanya muncul saat matahari terbenam.

Makhluk itu seperti melakukan beberapa trik untuk penonton sebelum menghilang pada malam harinya.

Salah satu orang pertama yang melihat putri duyung itu, Shlomo Cohen, berkata, "Saya sedang bersama teman-teman ketika kami melihat seorang wanita berbaring di atas pasir dengan cara yang aneh. Awalnya saya mengira dia hanyalah orang yang berjemur, tetapi ketika kami mendekat, dia melompat ke air dan menghilang. Kami semua terkejut karena melihat dia memiliki ekor."

Baca selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini