Sukses

Bikin Resah, Seorang Penumpang Mendadak Buka Pintu Darurat Lalu Loncat ke Sayap Pesawat

Seorang penumpang Southwest Airlines tiba-tiba membuka pintu darurat dan naik ke sayap pesawat di Bandara Internasional Louis Armstrong New Orleans.

Liputan6.com, New Orleans - Seorang penumpang Southwest Airlines tiba-tiba membuka pintu darurat dan naik ke sayap pesawat di Bandara Internasional Louis Armstrong New Orleans pada Minggu (26/11).

Dilansir CNN, Selasa (28/11/2023), pihak berwenang dari Kantor Sheriff Paroki Jefferson memberikan informasi mengenai kejadian tersebut. Menurut informasi yang diberikan oleh kantor sheriff, pihaknya mendapat informasi mengenai 'gangguan' di bandara yakni seorang pria berusia 38 tahun secara tiba-tiba membuka pintu keluar darurat pesawat dan melompat ke bagian sayap.

Saat itu, pesawat masih berada di pintu gerbang dan belum meninggalkan terminal keberangkatan. Petugas segera bergerak untuk menghentikan dan menahan pria tersebut hingga deputi tiba.

Tindakan ini menyebabkan keresahan bagi penumpang lainnya. Salah satu penumpang, Zed Webster memberikan informasi mengenai kejadian tersebut. Awalnya dua penumpang tampak terlibat dalam pertengkaran di seberang lorong darinya. Ia khawatir akan terjadi perkelahian di sana. 

Kemudian, Webster segera mengambil ponselnya untuk merekam insiden tersebut. Video yang dihasilkan oleh Webster menunjukkan penumpang tersebut membuka kunci pintu keluar darurat lalu keluar melalui jendela.

"Saya ketakutan," kata Zed Webster.

Tak berhenti disitu, dalam video yang berhasil direkam oleh Webster, terlihat beberapa penumpang bergerak keluar dari pesawat dan melewati jetway yakni jembatan yang memungkinkan penumpang untuk naik maupun turun.

Seorang pegawai maskapai penerbangan terlihat melompat dari jetway ke landasan untuk membantu rekannya menahan pria tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Pria Tersebut dan Respons Maskapai Penerbangan

Selanjutnya, kondisi pria tersebut dilaporkan oleh kantor sheriff tampak "bingung dan tidak sepenuhnya sadar akan lingkungan sekitarnya," ketika para deputi menemuinya di landasan.

Kantor Sheriff Paroki Jefferson menyatakan bahwa para deputi mengindikasikan bahwa pria tersebut mungkin mengalami darurat kesehatan mental, dan dia segera dibawa ke rumah sakit setempat untuk evaluasi. Penumpang tersebut kini masih dirawat di rumah sakit.

"Tidak ada indikasi pria itu meninggalkan apa pun di pesawat, dan dia juga tidak ditemukan memiliki senjata jenis apa pun… Dia diperkirakan tidak akan menghadapi tuntutan pidana apapun secara lokal, tetapi penyelidikan telah dirujuk ke otoritas federal. Tidak ada yang terluka dalam insiden itu," demikian bunyi lanjutan dari pernyataan kantor sheriff.

Semetara itu, pihak maskapai penerbangan, Southwest Airlines memberikan tanggapan terhadap insiden ini melalui juru bicaranya, Chris Perry kepada CNN melalui email.

"Kami memuji kru penerbangan dan darat kami atas tindakan cepat mereka dan meminta maaf kepada pelanggan kami atas ketidaknyamanan yang mereka alami," kata Chris Perry.

Meskipun penerbangan sempat mengalami delay, Perry menegaskan bahwa penerbangan akhirnya diberangkatkan menggunakan pesawat yang berbeda. 

Webster memberikan informasi mengenai durasi penundaan penerbangan ini yakni sekitar dua jam lamanya. Ia mengatakan penerbangan tersebut berhasil mendarat di Atlanta sesaat sebelum tengah malam.

 

 

3 dari 4 halaman

Paksa Buka Pintu Pesawat Ryanair Rute Kroasia-Inggris Sebelum Lepas Landas, Penumpang Ditangkap Polisi

Kisah penumpang berusaha membuka pintu pesawat juga terjadi di Inggris. Otoritas Kroasia menangkap seorang pria yang berusaha membuka pintu pesawat RyanAir dengan rute Zadar, Kroasia menuju London, Inggris sebelum lepas landas pada Jumat 30 Juni 2023. 

Ketika itu, pesawat masih bergerak di sepanjang landasan pacu di Bandara Zadar dan menuju Bandara London Stansted. 

Dilansir Straits Times, Rabu (5/7/2023), pria yang belum disebutkan namanya itu dilaporkan berkebangsaan Inggris dan berusia 27 tahun.

Insiden itu pun terekam kamera dan dibagikan di platform media sosial. Dalam beberapa video, pria tersebut terlihat berjalan di lorong sambil berteriak, "Buka pintunya, buka pintunya."

Dua penumpang lainnya kemudian terlihat menahannya sebelum menjatuhkannya ke tanah.

Pria tersebut akhirnya dikawal oleh polisi Kroasia untuk turun dari pesawat.

Seorang juru bicara Ryanair mengatakan kepada media Inggris, "Penumpang dikeluarkan dari pesawat oleh polisi setempat sebelum penerbangan ini dilanjutkan dengan selamat ke London Stansted. Peristiwa itu menjadi masalah bagi polisi setempat."

Media Daily Mail melaporkan pada hari Senin bahwa dia menghadapi tuduhan karena telah mengganggu ketertiban umum.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Pria di Korea Selatan Ditangkap Usai Buka Pintu Darurat Saat Pesawat Belum Mendarat, 194 Penumpang Panik Meski Selamat

Kasus serupa yang membahas penumpang membuka pintu darurat sebelumnya terjadi di Korea Selatan.  Penumpang tersebut merupakan pria berusia 30-an dan berhasil ditangkap karena membuka pintu darurat penerbangan Asiana Airlines saat mendarat di Korea Selatan.

Ia ditangkap seketika saat pesawat mendarat. 

Dilansir BBC, Jumat (26/5/2023), seluruh penumpang yang berjumlah 194 untungnya selamat dari penerbangan meski kondisi pesawat mendarat dengan pintu masih terbuka di Bandara Internasional Daegu pada hari Jumat.

Menurut media setempat, beberapa penumpang pingsan, sementara yang lain mengalami masalah pernapasan dan dibawa ke rumah sakit.

Penerbangan OZ8124, sebuah jet Airbus A321-200, lepas landas dari Pulau Jeju pada Jumat sekitar pukul 11.45 waktu setempat. 

Sekitar satu jam sebelum mendarat, seorang penumpang laki-laki membuka pintu darurat saat pesawat masih berjarak 250 meter dari permukaan tanah.

Video yang direkam seorang penumpang dan beredar di media sosial menunjukkan celah di sisi kiri pesawat dan angin menerpa barisan penumpang yang duduk.

Menurut saksi, pramugari saat itu tidak bisa menghentikannya karena pesawat hendak mendarat. Mereka mengatakan pria itu juga mencoba melompat keluar dari pesawat setelah membuka pintu.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini