Sukses

29 November 2018: Aliran Musik Reggae Ditambahkan ke Daftar Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO

Reggae telah ditambahkan ke dalam daftar harta budaya global oleh UNESCO, lembaga budaya dan ilmiah Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Liputan6.com, Paris - Salah satu gaya musik paling dicintai di dunia kini memperoleh penghargaan baru. Reggae ciptaan khas Jamaika yang lahir pada akhir 1960-an dan populer secara global berkat para artis seperti Bob Marley dan Toots and the Maytals, telah ditambahkan ke dalam daftar harta budaya global oleh UNESCO, lembaga budaya dan ilmiah Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada hari Kamis, 29 November 2018, reggae "tercatat," sesuai istilah UNESCO, dalam "Daftar Representatif Warisan Budaya Tak Benda Manusia," bergabung dengan lebih dari 300 praktik tradisional lainnya di seluruh dunia dalam daftar lembaga PBB tersebut.

"Dukungannya terhadap percakapan internasional mengenai isu ketidakadilan, perlawanan, cinta, dan kemanusiaan menyoroti dinamika elemen ini yang secara bersamaan bersifat cerebral, sosial-politik, sensual, dan spiritual," kata UNESCO dalam sebuah pernyataan. 

"Fungsi sosial dasar musik ini sebagai wahana komentar sosial, praktik katarsis, dan sarana untuk memuji Tuhan, tidak berubah, dan musik ini terus menjadi suara untuk semua.”

Melansir dari npr.org, setiap tahun, UNESCO memperluas daftarnya; puluhan gaya musik, tarian, dan teater telah termasuk, meskipun mungkin tidak ada yang sepopuler secara komersial secara global seperti reggae.

Di antara tradisi lain yang baru ditambahkan ke dalam daftar UNESCO tahun ini adalah gulat dari negara Georgia, olahraga hurling di Irlandia, ritual raiho-shin Jepang, upacara festival musim semi di kalangan pembiak kuda Kazakhstan, dan tarian as-samer di Yordania.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ambon Ditetapkan UNESCO sebagai Kota Musik Dunia

Soal musik dan UNESCO, sebelumnya Indonesia juga sempat dapat gelar dalam bidang serupa.

Pada kesempatan Hari Kota Dunia, yang dirayakan pada setiap 31 Oktober, UNESCO menunjuk 66 permukiman perkotaan yang bergabung dengan Jaringan Kota Kreatif Dunia (Creative Cities Network), yang kini berjumlah total 246 anggota.

Hebatnya, salah satu kota baru yang masuk dalam jaringan itu adalah Ambon, Indonesia, demikian seperti diumumkan situs resmi UNESCO pada Kamis, (31/10/2019). Ambon masuk dalam kota kreatif pada kriteria musik alias, Kota Musik Dunia UNESCO.

Jaringan itu menyatukan kota-kota yang mendasarkan pengembangan mereka pada kreativitas, baik dalam musik, seni dan kerajinan rakyat, desain, bioskop, sastra, seni digital atau keahlian memasak.

Kota-kota kreatif UNESCO berkomitmen untuk menempatkan budaya di pusat strategi pembangunan mereka dan untuk berbagi praktik terbaik mereka.

"Di seluruh dunia, kota-kota ini, masing-masing dengan caranya sendiri, menjadikan budaya pilar, bukan aksesori, dari strategi mereka," kata Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay.

"Ini mendukung inovasi politik dan sosial dan sangat penting bagi generasi muda."

Pada tanggal 31 Oktober, UNESCO dan para pejabat dari 24 kota di seluruh dunia akan merayakan Hari Kota Sedunia memobilisasi berbagai jaringan perkotaan Organisasi yang berfokus tidak hanya pada budaya tetapi juga pada akses, inklusi, pendidikan kewarganegaraan global, pertahanan hak, ekonomi dan pekerjaan, seperti serta pencegahan dan ketahanan terhadap perubahan iklim.

Perayaan itu adalah sebuah kesempatan untuk "dialog perkotaan," yang akan menampilkan kota-kota luar biasa yang mengandalkan inovasi dan kecerdasan kolektif untuk membentuk masa depan mereka.

Dalam kerangka kemitraan antara UNESCO dan Netexplo Observatory, perayaan ini juga akan mengakui sepuluh kota yang menggunakan inovasi teknologi canggih untuk melayani warga kota untuk mengubah kota di seluruh dunia secara berkelanjutan.

Mengandalkan jaringan 20 universitas global, sepuluh kota akan diberikan penghargaan atas penggunaan inovatif teknologi digital dalam pengembangan sosial-ekonomi dan lingkungan mereka.

3 dari 4 halaman

Musik Bisa Membantu Anda Melewati Pandemi COVID-19, Begini Cara Kerjanya

Bicara soal musik, selain menghibur, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut sebuah penelitian di Jerman, musik berperan membantu orang mengatasi stres emosional selama lockdown akibat COVID-19.

Sejatinya pengaruh musik pada otak dan tubuh telah menjadi bidang penelitian yang terus berkembang selama beberapa dekade. Sudah lama terbukti bahwa musik dapat memicu perasaan bahagia, dan temuan itu sudah digunakan dalam berbagai bentuk terapi. Musik juga bisa memperlambat detak jantung dan menenangkan.

Institut Max Planck untuk Estetika Empiris di Jerman kini menerbitkan hasil penelitian yang diberi judul "Nada-nada Viral" yang meneliti perilaku mendengarkan musik selama pandemi Virus Corona COVID-19.

"Selama lockdown, bukan musiknya melainkan interaksi sadar dengan musik yang sangat penting dalam mengatasi situasi ini," kata Melanie Wald-Fuhrmann, direktur departemen musik Institut Max Planck kepada DW yang dikutip Sabtu (31/7/2021).

"Banyak responden mendengarkan musik sendirian dan, tidak seperti sebelumnya, tidak melakukan hal lain di samping itu."

Untuk penelitian ini, para peneliti menyurvei 5.000 responden dari enam negara yang tersebar di tiga benua selama masa lockdown COVID-19 pertama, dari April hingga Mei 2020. Responden berasal dari Jerman, Prancis, Inggris, Italia, India, dan Amerika Serikat. Mereka diwawancara secara online tentang pengalaman mereka dengan musik selama krisis.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Ini Lagu dengan Durasi Terlama Menurut Rekor Dunia

Selain keindahan musik, ada juga hal unik soal musik. Seperti yang satu ini.

Rekor Dunia Guinness memiliki semua rekor yang ada di Bumi, termasuk juga yang berhubungan dengan musik. Semua yang Anda bayangkan dan yang tidak, pasti ada.

Dikutip dari Mental Floss, Kamis (15/4/2021), pernahkah Anda pikirkan apa alat musik yang paling besar?

Jawabannya ada di Guinness dengan saksofon yang dibuat oleh 1660 orang di Nice, Prancis, sebagai bagian dari Hari Musik Nasional 2014.

Ada juga rekor dunia yang lebih konvensional seperti lagu "Summertime" karya George Gershwin yang merupakan lagu paling banyak direkam sepanjang masa dan lagu "Star Wars Theme/Cantina Band", sebuah lagu remix disko dari komposisi Star Wars John Williams dari album Meco tahun 1977 Star Wars dan Other Galactic Funk -- lagu yang dianggap sebagai single instrumental terlaris.

Baca selengkapnya di sini...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini