Sukses

Ratusan Kambing Kabur dan Berlarian di Jalan Perumahan California

Artikel ini mengulas peristiwa menarik di California di mana ratusan kambing melarikan diri dan berlarian di sekitar daerah tersebut. Temukan cerita di balik kejadian ini, serta dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat setempat.

Liputan6.com, California - Kamera keamanan rumah seorang warga California merekam momen ketika ratusan kambing yang melarikan diri dengan berbondong-bondong melintasi lingkungan perumahan mereka larut malam.

Kristen Slowe, yang tinggal di lingkungan Ring Mountain di Corte Madera, membagikan video yang terekam oleh nest camera yang menunjukkan ratusan kambing berlari melewati rumahnya larut malam pekan lalu.

Melansir dari situs UPI.com, Minggu (3/8/2023), kambing-kambing itu merumput di sekitar wilayah tersebut, dan pada akhirnya menimbulkan kebisingan yang mengganggu para penduduk dan hewan peliharaan mereka.

Kota telah mengontrak kawanan kambing ini guna membersihkan vegetasi sebagai langkah pencegahan terhadap risiko kebakaran.

Laporan ABC7 menyebut, seorang tetangga mengatakan suara kambing itu berisik, baik anjing maupun manusia terbangun.

Seorang penggembala kambing dan anjingnya kemudian dengan aman mengembalikan kambing-kambing itu ke kandangnya. Tidak jelas bagaimana mereka bisa lolos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kambing sebagai Pemadam Kebakaran di California

Kawasan perkotaan yang luas seringkali berdampingan dengan alam liar di California, penampakan kambing-kambing yang merumput di lereng bukit atau lapangan terbuka mungkin menjadi hal yang mengejutkan bagi sebagian orang.

Namun, hal tersebut tidak terjadi secara sembarangan dalam praktik peternakan atau sebagai hasil terobosan dari kebun binatang.

Melansir dari California.com, Kamis (31/8/2023), hal ini merupakan bagian integral dari program inovatif yang diterapkan oleh negara bagian untuk memanfaatkan kambing-kambing dalam menggembalakan semak yang cenderung mudah terbakar. Inilah alasan kambing-kambing berkeliaran dengan bebas di California dan memberikan manfaat dari kehadiran mereka.

California sudah tidak asing lagi dengan kebakaran hutan, yang diperburuk oleh perubahan iklim dan peningkatan tekanan di sekitar daerah berhutan. Meskipun berbagai metode tradisional pencegahan kebakaran seperti pembakaran terkendali dan pembersihan semak secara manual telah menjadi standar, tetapi penting untuk selalu meningkatan beragam upaya pencegahan kebakaran.

Inilah peran kambing-kambing, kebiasaan alami mereka untuk merumput membuat mereka sangat baik dalam membersihkan area luas berupa rumput, semak, dan bahkan pohon-pohon kecil. Dengan mengkonsumsi potensi bahan bakar ini, kambing menciptakan barikade alami yang dapat memperlambat atau menghentikan penyebaran kebakaran hutan.

Kambing-kambing memberikan alternatif ramah lingkungan terhadap herbisida dan mesin berat untuk membersihkan vegetasi. Herbisida dapat berbahaya bagi tanaman lain, hewan, juga pasokan air.

Sementara itu, metode mekanis memerlukan bahan bakar fosil yang dapat memadatkan tanah, di mana hal ini mempengaruhi penyerapan air dan kesuburan. Di sisi lain, kambing-kambing membantu menghapus vegetasi secara alami sambil memberikan kontribusi dalam memperkaya tanah, serta mendukung proses aerasi tanah dan meningkatkan kualitasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.