Sukses

25 Juli 1969: Senator Kennedy Divonis Penjara 2 Bulan, Mengaku Bersalah atas Kecelakaan Mobil Chappaquiddick

Senator Edward Moore Kennedy atau Ted Kennedy, telah mengaku bersalah karena meninggalkan tempat kejadian kejahatan TKP dalam kecelakaan mobil yang menewaskan Mary Jo.

Liputan6.com, Boston - Hari ini dalam sejarah mencatat momen Senator Edward Moore Kennedy, atau juga dikenal sebagai Ted Kennedy, telah mengaku bersalah karena meninggalkan tempat kejadian perkara kejahatan (TKP) dan dijatuhi hukuman penjara dua bulan dengan masa percobaan.

Dirangkum dari BBC On This Day, putusan ini menyusul kecelakaan mobil tragis di Pulau Chappaquiddick, di sebelah timur Martha's Vineyard, sepekan sebelum Mary Jo Kopechne berusia 29 tahun tenggelam.

Mary Jo Kopechne adalah mantan sekretaris dari almarhum saudara Senator Kennedy, Robert.

Senator Kennedy sedang mengemudi kembali ke Edgartown, kota utama di Martha's Vineyard, dari sebuah pesta di Chappaquiddick ketika mobilnya keluar jalur dari jembatan sempit dan masuk ke dalam anak sungai.

Dia berhasil keluar dari kendaraan tersebut, tetapi Mary Jo tidak dan tewas.

Dia tidak melaporkan kejadian tersebut kepada polisi Martha's Vineyard sampai keesokan paginya, sekitar delapan jam setelah kecelakaan terjadi.

Polisi pun akhirnya menemukan jasad Mary Jo di kursi belakang mobil yang terbalik.

Pada Malam 25 Juli 1969, senator Demokrat Massachusetts itu menyampaikan pidato di televisi nasional membela tindakannya pada malam tanggal 19 Juli.

Dia membantah adanya hubungan tidak pantas dengan Mary Jo dan mengatakan bahwa dia tidak mengemudi dalam pengaruh alkohol.

Dia mengaku sedang dalam keadaan terkejut ketika keluar dari sungai dan bingung oleh "gejolak emosi". Lalu menambahkan bahwa dia beberapa kali mencoba mencari Mary Jo dengan menyelam ke dalam air.

Dia akhirnya menyerah dan mengatakan hanya ingat sedikit bagaimana dia kembali ke hotelnya di Edgartown, berenang menyeberangi kanal sempit karena tidak ada feri malam, dan hampir tenggelam dalam prosesnya.

Dia juga mengakui harus memutuskan apakah akan mengundurkan diri sebagai senator.

Ibu Mary Jo yang berduka, mengatakan dia berharap Kennedy tidak mengundurkan diri. "Saya puas dengan pernyataannya dan berharap dia memutuskan untuk tetap menjadi senator," katanya dari rumahnya di New Jersey.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insiden Chappaquiddick Sempat Rusak Reputasinya

Edward Moore Kennedy alias Ted Kennedy adalah saudara dari Presiden John F Kennedy dan Robert Kennedy, keduanya dibunuh pada tahun 1963 dan 1968 secara berturut-turut.

Ted Kennedy menjadi senator Massachusetts pada tahun 1962.

Setelah kematian saudara-saudaranya, dia banyak dianggap sebagai calon Presiden AS selanjutnya.

Namun, insiden Chappaquiddick sangat merusak reputasi politiknya. Meskipun demikian, reputasinya pulih dan cukup untuk memungkinkannya melanjutkan sebagai senator dan menjadi advokat reformasi kesehatan masyarakat, pendidikan, imigrasi, perumahan, hukuman mati, dan undang-undang tentang aborsi.

Dia menarik diri dari pemilihan presiden pada tahun 1974 untuk pemilihan presiden 1976 dan gagal dalam tantangan primer tahun 1980 melawan Jimmy Carter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.