Sukses

Wali Kota di Equador Tewas Ditembak Saat Kunjungan, 2 Orang yang Terluka Dicurigai Terlibat Penembakan

Agustín Intriago, seorang pengacara berusia 38 tahun, menjadi anggota Better City movement di kota pelabuhan Manta dan baru-baru ini terpilih kembali menjadi wali kota untuk masa jabatan yang dimulai pada bulan Mei.

Liputan6.com, Manta - Seorang wali kota di Ekuador tewas ditembak.

"Wali kota kota terbesar ketiga di Ekuador tewas pada Minggu 23 Juli 2023 dalam penembakan yang menewaskan satu orang dan melukai empat lainnya, termasuk dua tersangka penyerang," kata para pejabat seperti dikutip dari Associated Press Senin (24/7/2023).

Agustín Intriago, seorang pengacara berusia 38 tahun, menjadi anggota Better City movement di kota pelabuhan Manta dan baru-baru ini terpilih kembali menjadi wali kota untuk masa jabatan yang dimulai pada bulan Mei.

Di akun Twitter-nya, Menteri Dalam Negeri Ekuador Juan Zapata melaporkan pembunuhan Intriago dan korban lainnya. Dia mengatakan dua orang terluka yang dicurigai terlibat dalam serangan itu menerima perawatan medis di bawah pengawasan polisi.

Motif penyerangan, yang terjadi saat wali kota melakukan kunjungan ke sebuah lingkungan, sejauh ini tidak segera diungkapkan.

Presiden Ekuador Guillermo Lasso menulis di Twitter bahwa dia telah menginstruksikan otoritas polisi tertinggi negara itu untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab. Polisi melaporkan bahwa unit khusus dikerahkan di tempat kejadian.

Adik korban, Ana Intriago, menulis di akun Twitternya bahwa "kejahatan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja... Jangan biarkan mereka menang."

Manta terletak sekitar 260 kilometer (160 mil) barat daya ibu kota Ekuador, Quito, di bagian pantai Pasifik yang digunakan oleh geng untuk memindahkan pengiriman obat dalam jumlah besar ke bagian lain Amerika dan Eropa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekuador, Negara dengan Kekerasan

Ekuador dicengkeram oleh pecahnya kekerasan serius yang oleh pihak berwenang dikaitkan dengan perselisihan di antara kelompok kejahatan terorganisir. Pemerintah juga bergulat dengan lonjakan kejahatan yang mencakup serangan bersenjata, penculikan, perampokan, dan pemerasan.

Pihak berwenang juga mengatakan hari Minggu bahwa pertempuran antara anggota geng saingan yang ditahan di sebuah penjara di Guayaquil telah mengakibatkan lima narapidana tewas dan 11 luka-luka.

Bentrokan meletus di penjara Litoral Sabtu sore dan meningkat hingga Minggu dini hari, dengan suara tembakan dan ledakan terdengar oleh orang-orang di daerah pemukiman terdekat.

Litoral dianggap sebagai salah satu penjara paling berbahaya di Ekuador, dengan insiden terburuknya adalah pertempuran geng pada tahun 2021 yang menewaskan 119 narapidana. April lalu, kerusuhan di penjara menewaskan 12 narapidana dan melukai tiga lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini