Sukses

China Kritik Aliansi Militer Bekingan AS di Asia-Pasifik: Mentalitas Perang Dingin

Menteri Pertahanan China Li Shangfu telah memperingatkan agar tidak membangun aliansi militer "seperti NATO" di kawasan Asia-Pasifik. Aliansi seperti itu, kata Li, akan menjerumuskan kawasan itu ke dalam "pusaran" konflik.

Liputan6.com, Singapura - Menteri Pertahanan China Li Shangfu telah mengkritik aliansi militer seperti NATO di kawasan Asia-Pasifik. Aliansi seperti itu, kata Li, akan menjerumuskan kawasan itu ke dalam "pusaran" konflik.

"Intinya, upaya untuk mendorong [aliansi] seperti NATO di Asia-Pasifik adalah cara menculik negara-negara regional dan membesar-besarkan konflik dan konfrontasi, yang hanya akan menjerumuskan Asia-Pasifik ke dalam pusaran perselisihan dan konflik," kata Li pada KTT keamanan Shangri-La Dialogue di Singapura pada hari Minggu 4 Juni 2023.

Li mengatakan bahwa mentalitas Perang Dingin bangkit kembali di kawasan Asia-Pasifik meskipun negaranya mencari dialog atas konfrontasi.

Dia mengkritik kebijakan Amerika Serikat, secara implisit menuduh "beberapa negara" mengintensifkan perlombaan senjata dan dengan sengaja mencampuri urusan internal negara lain.

"Mentalitas Perang Dingin sekarang bangkit kembali, sangat meningkatkan risiko keamanan," kata Li. "Prinsip saling menghormati harus menang atas intimidasi dan hegemoni," lanjutnya seperti dikutip dari TRT World (4/6/2023).

Li mengatakan bahwa konflik dengan AS akan menjadi "bencana yang tak tertahankan" tetapi negaranya mencari dialog atas konfrontasi.

Dia mengatakan dunia cukup besar bagi China dan AS untuk tumbuh bersama.

"China dan AS memiliki sistem yang berbeda dalam banyak hal," katanya dalam pidato yang menandai pidato internasional pertamanya yang signifikan sejak ia diangkat sebagai Menteri Pertahanan Nasional China pada bulan Maret.

"Namun, ini seharusnya tidak membuat kedua belah pihak berhenti untuk mencari kesamaan dan kepentingan bersama agar hubungan bilateral dan kerja sama bisa tumbuh," katanya.

"Tidak dapat disangkal bahwa konflik atau konfrontasi yang parah antara China dan AS akan menjadi bencana yang tak tertahankan bagi dunia."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketegangan AS dan China

Hubungan antara Washington dan Beijing tegang karena berbagai masalah, termasuk Taiwan, Laut China Selatan, dan pembatasan Presiden Joe Biden pada ekspor chip semikonduktor.

AS telah memperluas kegiatannya di sekitar Asia-Pasifik untuk melawan China, termasuk secara teratur berlayar melalui dan terbang di atas Selat Taiwan dan di Laut China Selatan.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menegur China dalam pidatonya di pertemuan keamanan pada hari Sabtu karena menolak mengadakan pembicaraan militer, membuat negara adidaya menemui jalan buntu karena banyak masalah.

Li, yang dikenai sanksi oleh Amerika Serikat pada 2018 atas pembelian senjata dari Rusia, berjabat tangan dengan Austin saat makan malam pada hari Jumat tetapi keduanya belum melakukan diskusi yang lebih dalam, meskipun AS berulang kali menuntut lebih banyak dialog.

Dalam pertikaian terbaru mereka, militer China mengkritik AS dan Kanada karena "sengaja memprovokasi risiko" setelah angkatan laut negara-negara itu melakukan pelayaran bersama yang langka melalui Selat Taiwan yang sensitif pada hari Sabtu.

Di Singapura, Letnan Jenderal China Jing Jianfeng, seorang anggota senior delegasi yang mendampingi Menteri Pertahanan Li Shangfu mengkritik habis-habisan kebijakan Amerika.

Jing mengatakan AS telah "menipu dan mengeksploitasi" negara-negara Asia-Pasifik untuk memajukan kepentingan dirinya sendiri untuk mempertahankan "posisi dominannya" di kawasan itu.

Dia menyarankan bahwa Washington telah berpegang pada aliansi yang merupakan "sisa-sisa Perang Dingin" dan membangun pakta baru, seperti perjanjian AUKUS dengan Inggris dan Australia dan pengelompokan "Quad" dengan Australia, India dan Jepang "untuk membagi dunia menjadi kamp-kamp yang digerakkan secara ideologis dan memprovokasi konfrontasi."

Jing menuduh AS melubangi kebijakan satu-China, menuduh Washington mendukung separatis Taiwan, dan mengulangi klaim Beijing bahwa "Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah kedaulatan China."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini