Sukses

5 Potret Kemenangan Erdogan di Pemilu Turki, Jadi Pemimpin 3 Periode

Liputan6.com, Ankara - Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan presiden Turki, yang artinya ia akan berkuasa selama tiga periode.

Ia mengalahkan pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu dalam pemilihan putaran kedua hari Minggu 28 Mei 2023.

Dengan kemenangan kali ini pada Pemilu Turki 2023, dengan kata lain Erdogan terpilih tiga kali dan menjadikannya sebagai pemimpin terlama dalam sejarah di negara itu.

Kemenangan ini juga berarti membantah penilaian oposisi yang menganggap Pilpres Turki 2023 sebagai momentum untuk menggulingkan Erdogan, menyusul sentimen negatif terhadap sejumlah isu.

Para pendukung Erdogan tentu berbahagia dengan hasil pemilihan yang sesuai dengan keinginan mereka ini.

Berikut, lima potret kemenangan Erdogan saat terpilihnya sebagai Presiden Turki, merangkum beberapa sumber, Senin (29/5/2023):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Para pemimpin negara ucapkan selamat atas terpilihnya Erdogan, termasuk Rusia, Qatar, Libya, Aljazair, Hongaria, Iran dan Otoritas Palestina jadi yang pertama beri selamat.

3 dari 6 halaman

2. Vladimir Putin sebut kemenangan Erdogan adalah hasil kerja tanpa pamrih dan bukti nyata dukungan rakyat Turki.

4 dari 6 halaman

3. Sebanyak 99,43% suara dihitung, Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) umumkan pada hari Minggu bahwa Erdogan menang dengan 52,14% suara, sementara lawannya mendapat 47,86% suara.

5 dari 6 halaman

4. Erdogan populer di kalangan pemilih konservatif dan religius. Ia membela hak-hak muslim konservatif setelah puluhan tahun rezim sekuler berkuasa.

6 dari 6 halaman

5. Oposisi berharap dapat menggulingkan Erdogan di Pilpres 2023, mereka menganggap pemilihan ini sebagai langkah terakhir demokrasi Turki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini