Sukses

Manfaat 7 Bagian Bunga Matahari, Biji hingga Daunnya Ternyata Bisa Dikonsumsi

Bunga matahari terkenal karena bijinya dan minyaknya. Nyatanya, masih ada bagian lain dari bunga matahari yang bisa dikonsumsi, loh!

Liputan6.com, Jakarta - Bunga musim panas yang klasik, bunga matahari memiliki begitu banyak kegunaan yang menakjubkan. Mulai dari bahan dasar memasak hingga kerajinan tangan!

Mereka tidak hanya cantik, tetapi juga dapat dimakan sepenuhnya!

Bunga matahari ternyata bisa dimakan dari bunga, daun hingga akar. Namun, pastikan bunga matahari yang ditanam tanpa bahan kimia.

Ini dia beberapa kegunaan yang bisa dimanfaatkan bunga matahari sebagaimana dilansir dari Almanac, Jumat (19/5/2023).

1. Minyak bunga matahari

Bunga matahari terus menjadi tanaman penghasil minyak yang penting di seluruh dunia. Banyak dari mereka digunakan untuk makanan burung, tetapi sebagian besar diolah menjadi minyak nabati atau minyak sayur.

Batang hijaunya dipotong seperti silase dan digunakan sebagai pakan ternak. Benih dan dedaunan hijaunya adalah makanan favorit banyak burung, mamalia, serangga, dan kupu-kupu.

Jika Anda menanam sendiri biji bunga matahari hitam, Anda juga bisa mengumpulkan minyaknya! Ini bagus untuk saus salad dan makanan yang digoreng.

Panen saja bijinya saat matang, kupas, dan haluskan menjadi pasta di food processor. Kemudian, tambahkan dua sendok makan air ke pasta dan haluskan, dan satu atau dua sendok makan lagi (perlahan) sampai menjadi pasta (hati-hati jangan menambahkan terlalu banyak air).

Lalu, tuang pasta ke dalam mangkuk. Pijat pasta dengan tangan Anda sampai minyak mengalir keluar dengan mudah. Dengan mangkuk yang berbeda, terus peras pasta dengan tangan Anda sampai semua minyaknya terperas. Kemudian, masukkan minyak melalui saringan.

Simpan minyak dalam wadah kedap udara di lemari es. Minyaknya akan bertahan selama sebulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Biji bunga matahari

Biji matahari atau kuaci, menjadi salah satu camilan yang banyak disukai. Bijinya yang enak mengandung kalsium, fosfor, banyak vitamin, dan asam lemak tak jenuh.

Meskipun biji bunga matahari sering dijual di toko, mudah membuatnya sendiri. Untuk mengumpulkannya, tutupi kepala yang matang dengan kantong kertas yang longgar. Mereka siap dipanen ketika kelopaknya layu, bijinya menjadi cokelat, dan bagian belakang kepala bunga menjadi kuning.

Saat benih sudah matang sepenuhnya, gosokkan kedua kepala bunga untuk melonggarkan benih. Pastikan untuk meninggalkan beberapa untuk burung di taman.

Anda bisa memakan biji bunga matahari mentah atau memanggangnya di atas loyang dalam oven 300 derajat selama 30 atau 40 menit hingga berwarna keemasan. Pastikan mereka berada dalam satu lapisan dan aduk sesekali.

Setelah selesai, biji bisa dimakan apa adanya. Atau tambahkan satu sendok teh mentega cair dengan secangkir biji atau tambahkan bumbu favorit Anda.

3 dari 4 halaman

3, 4, 5. Kelopak, daun, dan tangkai bunga matahari

Salah satu dari sekian banyak bunga yang dapat dimakan, bunga matahari memiliki kelopak berwarna-warni yang dapat digunakan dalam salad atau sebagai hiasan yang cantik.

Bisa juga untuk menghias sayuran hijau dalam salad, atau bahkan ditumis seperti bayam atau dipanggang menjadi keripik seperti kangkung!

Daunnya juga bisa direndam untuk membuat teh sehat. Bahkan batangnya bisa dimakan, mirip dengan seledri, sebagai camilan renyah atau sebagai pembawa saus dan selai kacang.

6 dan 7. Tunas dan akar bunga matahari

Pernah menikmati alfalfa atau kecambah kedelai? Kecambah bunga matahari dapat digunakan dengan cara yang sama di salad dan sandwich. Pucuk menambah rasa segar, sedikit pedas.

Jika Anda menanam spesies bunga matahari yang disebut Jerusalem artichoke atau sunroot, Anda juga bisa memakan akarnya. Sunchoke dapat diiris menjadi salad, diparut menjadi selada dari kubis, digoreng menjadi gorengan, dipanggang, dikukus, atau dihaluskan dengan kentang.

4 dari 4 halaman

Ini Alasan Kenapa Bunga Matahari Selalu Menghadap ke Arah Matahari

Dengan begitu banyak kegunaan yang bisa didapatkan dari bunga matahari, bunga itu pun menjadi bunga populer yang mungkin sering Anda jumpai. Bunga matahari telah ditampilkan dalam beberapa lukisan paling terkenal, tergantung di rumah-rumah atau terdapat ladang khusus yang menanam bunga matahari. 

Bunga matahari telah membuat orang bertanya-tanya selama bertahun-tahun: Bagaimana bunga matahari selalu bergerak menghadap matahari?

Jika Anda belum menyadarinya, bunga matahari yang masih muda akan selalu menghadap ke arah matahari. Itu disebut heliotropisme.

Mengutip dari The Fact Site, Kamis (15/09/2022), heliotropisme adalah respons tanaman terhadap sinar matahari yang sesuai dengan arah pertumbuhan tanaman.

Bunga matahari diperkirakan berpartisipasi dalam heliotropisme karena adanya jam khusus yang mirip dengan manusia. Jam itu membantu tanaman tumbuh secara maksimal dan menerima energi semaksimal mungkin.

Kepala bunga matahari akan menghadap ke timur saat fajar, itu berarti mereka siap untuk matahari terbit. Matahari terbit saat kepala bunga matahari yang mulai terbit bersamanya.

Saat matahari bergerak melintasi langit sepanjang hari, kepala bunga matahari akan terus mengikutinya. Akhirnya waktu ketika matahari terbenam di barat, kepala bunga matahari selesai pada posisi terakhirnya.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini