Sukses

Ini Loh Alasan Bunga Matahari Selalu Menghadap ke Arah Matahari

Liputan6.com, Jakarta - Bunga matahari adalah bunga populer yang mungkin sering kamu jumpai. Bunga matahari telah ditampilkan dalam beberapa lukisan paling terkenal, tergantung di rumah-rumah atau terdapat ladang khusus yang menanam bunga matahari.

Biji dari tanaman ini juga dikonsumsi dan dikenal dengan sebutan "kuaci". Tetapi, mengapa selalu ada daya tarik dengan tanaman sederhana ini?

Tanaman yang aneh ini telah membuat orang bertanya-tanya selama bertahun-tahun. Mereka bertanya-tanya bagaimana bunga matahari selalu bergerak menghadap matahari.

Jika kamu belum menyadarinya, bunga matahari yang masih muda akan selalu menghadap ke arah matahari. Kegiatan bunga matahari ini disebut heliotropisme.

Mengutip laman The Fact Site, Kamis (15/09/2022) Heliotropisme adalah respons tanaman terhadap sinar matahari yang sesuai dengan arah pertumbuhan tanaman.

Bunga matahari diperkirakan berpartisipasi dalam heliotropisme karena adanya jam khusus yang mirip dengan manusia. Jam itu membantu tanaman tumbuh secara maksimal dan menerima energi semaksimal mungkin.

Kepala bunga matahari akan menghadap ke timur saat fajar, itu berarti mereka siap untuk matahari terbit. Matahari terbit saat kepala bunga matahari yang mulai terbit bersamanya.

Saat matahari bergerak melintasi langit sepanjang hari, kepala bunga matahari akan terus mengikutinya. Akhirnya waktu ketika matahari terbenam di barat, kepala bunga matahari selesai pada posisi terakhirnya.

Setiap malam tiba kepala bunga matahari secara bertahap kembali menghadap ke timur dan siap untuk menyambut matahari. Gerakan ini terus dilakukan sepanjang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Bunga Matahari Bergerak

Ketika tanaman bunga matahari muda tumbuh, ia melacak matahari untuk pertumbuhan akhir, dan batang memainkan peran penting dalam hal ini. Batang memanjang pada siang hari untuk menopang kepala yang bergerak.

Di pagi hari, sisi timur batang akan mengembang seiring berjalannya hari dan memungkinkan kepala bergerak ke barat.

Dan kemudian, pada malam hari, hal sebaliknya terjadi dimana sisi barat batang akan memanjang untuk memungkinkan bagian kepala bergerak kembali ke timur.

Bunga matahari muda perlu melacak matahari untuk mendapatkan energi optimal agar tumbuh kuat. Hal ini dikenal sebagai fotosintesis, yaitu tindakan daun mengumpulkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi dan makanan bagi tanaman.

Kekurangan sinar matahari akan membuat tanaman bunga matahari menjadi lemah. Pengujian telah dilakukan selama bertahun-tahun dengan  bereksperimen dengan bunga matahari dimana percobaan  ini menempelkan batang bunga matahari pada satu posisi sehingga tidak bisa bergerak.

Hasilnya, bunga matahari memiliki luas daun yang lebih sedikit dan biomassa yang menurun.

3 dari 4 halaman

Mengikuti Arah Matahari Berhenti saat Mereka Dewasa

Saat bunga matahari dewasa, mereka berhenti mengikuti matahari. Hal ini terutama karena pertumbuhannya secara keseluruhan melambat saat mencapai puncaknya.

Seiring dengan bertambahnya usia, bunga matahari bereaksi positif terhadap sinar matahari pagi, bukannya matahari sore.

Pertumbuhan tanaman yang bertambah seiring waktu membuat kebutuhan sinar matahari pada setiap tanaman memliki perbedaan.

Alasan lain untuk bunga matahari melepaskan cara heliotropik mereka adalah untuk lebah! Lebah lebih menyukai untuk hinggap pada bunga yang menghadap ke timur daripada yang menghadap ke barat.

Hal ini karena bunga akan menjadi lebih hangat lebih cepat dari sinar matahari pagi. Lebah lebih menyukai bunga yang lebih hangat sehingga mereka akan tertarik pada bunga matahari.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Arah Matahari

Saat bunga matahari matang, bunga matahari harus memastikan kelangsungan dari perkembang biakannya.

Seperti disebutkan di atas, bunga matahari menghadap ke timur untuk mendorong lebah membantu penyerbukannya.

Sinar matahari dan kehangatan mendorong bunga untuk mekar dan menghasilkan serbuk sari lebih cepat daripada bunga yang menghadap ke barat.

Banyak percobaan telah dilakukan untuk menguji teori ini melalui genotipe.

Bunga matahari juga menumbuhkan biji yang lebih besar dan lebih berat jika menghadap ke timur.

Bunga matahari melakukan gerakan mengikuti matahari untuk dapat terus hidup dan bertumbuh.

Mereka akan mengikuti arah sinar matahari sesuai dengan kebutuhan yang mereka butuhkan.

Bunga matahari begitu mudah dikenali, kelopak kuningnya yang megah memberikan warna pada lanskap dan keindahan bagi mata.

Keindahan bunga ini juga merupakan hasil dari tumbuh kembang yang baik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS