Sukses

5 Perhiasan Kerajaan Inggris yang Dikenakan Kate Middleton Ini Mencolok Mata, Salah Satunya Bernilai Lebih dari Rp1 Triliun

Warisan cincin safir dari mendiang Putri Diana, yang harganya ditaksir sekitar Rp10 miliar, ternyata tidak masuk lima besar perhiasan paling mahal yang pernah dikenakan Kate Middleton.

Liputan6.com, London - Jadi bagian dari keluarga kerajaan, sudah pasti memiliki banyak privilese atau hak istimewa. Salah satunya memiliki akses terhadap koleksi benda-benda mahal nan bersejarah.

Hal itu pula yang dirasakan Kate Middleton atau yang kini bergelar Putri Catherine dari Wales. Untuk menunjang penampilan publiknya saat menjalankan tugas-tugas kerajaan, Putri Catherine tidak hanya memainkan padu padan busana dan aksesoris seperti tas atau sepatu, namun juga perhiasan.

Sejumlah perhiasan Kerajaan Inggris yang pernah dikenakan Putri Catherine mengundang decak kagum. Bukan hanya karena penampakannya yang mewah bertatahkan permata, melainkan juga karena punya nilai historis tinggi.

Salah satu perhiasan yang bukan koleksi Kerajaan Inggris, tapi nyaris tidak pernah luput dikenakan Putri Catherine adalah cincin pertunangannya dengan Pangeran William. Itu merupakan warisan dari mendiang Putri Diana, yang harganya ditaksir cukup fantastis, yaitu US$ 675 ribu atau sekitar Rp10 miliar.

Namun, dari sisi nilai, cincin safir 12 karat warisan Putri Diana itu tidak termasuk lima perhiasan paling mahal yang pernah dikenakan Kate Middleton.

Dilansir SCMP, Sabtu (20/5/2023), berikut adalah lima perhiasan spektakuler yang pernah dikenakan Putri Catherine:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kalung Nizam of Hyderabad - Rp1,1 Triliun

Pecinta perhiasan pasti tahu bahwa kalung Nizam of Hyderabad adalah salah satu perhiasan kerajaan yang paling mahal.

Dengan perkiraan harga lebih dari US$ 80 juta atau sekitar Rp1,1 triliun, kalung rancangan Cartier itu dihadiahkan kepada Ratu Elizabeth II (yang saat itu masih Putri Elizabeth) sebagai hadiah pernikahan dari nizam atau penguasa Hyderabad Asaf Jah VII pada tahun 1947.

Dalam buku The Queen's Diamonds, kalung itu digambarkan memiliki 38 collet terbuka dengan potongan brilliant, 13 berlian berpotongan zamrud, dan potongan berlian dalam bentuk buah pir.

Menurut The Court Jeweller, Kate Middleton pertama kali terlihat mengenakan Nizam of Hyderabad pada momen Portrait Gala 2014.

3 dari 6 halaman

2. Choker Zamrud Delhi Durbar - Rp298 Miliar

Tidak semua orang terlihat cocok mengenakan warna hijau cerah, tetapi Kate Middleton berhasil melakukannya saat menghadiri Earthshot Prize 2022. Ketika itu, Princess of Wales mengenakan gaun maxi hijau mencolok yang dipadukannya dengan kalung atau choker zamrud Delhi Durbar.

Menurut Regal Fille, choker tersebut bernilai US$ 20 juta atau sekitar Rp298 miliar.

Choker Delhi Durbar merupakan hadiah dari Maharani Patiala kepada Ratu Mary.

4 dari 6 halaman

3. Kalung The George VI Festoon - Rp44,6 Miliar

Putri Catherine memberikan penghormatan yang menyentuh kepada Ratu Elizabeth II dalam momen penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla lewat sebuah kalung. 

Kalung itu dihadiahkan kepada Ratu Elizabeth II oleh ayahnya, Raja George VI, pada tahun 1950.

Festoon George VI, demikian sebutan kalung yang diperkirakan bernilai 2,4 juta pound sterling atau sekitar Rp44,6 miliar itu.

Putri Catherine terlihat mengenakan kalung Festoon George VI dalam foto resmi penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla yang dirilis Kerajaan Inggris. 

5 dari 6 halaman

4. Tiara Cartier Halo Scroll - Rp22,4 Miliar

Ketika Kate Middleton mengikat janji suci pernikahan dengan Pangeran William pada tahun 2011, dia mengenakan Tiara Cartier Halo Scroll yang dipinjamkan Ratu Elizabeth II.

Menampilkan 739 berlian berpotongan brilliant dan 149 berlian berpotongan baguette, tiara ini disebut memancarkan lingkaran cahaya, yang menjelaskan asal usul namanya. She Knows memperkirakan tiara ini bernilai US$ 1,5 juta atau sekitar Rp22,4 miliar.

Menurut media Inggris, tiara tersebut awalnya diberikan kepada Ratu Elizabeth II oleh Ratu Elizabeth I (kemudian dikenal sebagai Ibu Suri) pada ulang tahunnya yang ke-18 tahun 1944.

6 dari 6 halaman

5. Tiara Cambridge Lover's Knot - Rp17,9 Miliar

Dengan sejarah lebih dari satu abad, Tiara Cambridge Lover's Knot dibuat untuk Ratu Mary pada tahun 1913, yang kemudian mewariskannya kepada Ratu Elizabeth II.

Menurut majalah Town & Country, tiara itu kemudian diberikan kepada Putri Diana, yang mengembalikannya setelah perceraiannya dengan Pangeran Charles.

Kate Middleton sendiri dikabarkan pertama kali mengenakannya pada tahun 2015. Terbuat dari emas dan perak, tiara yang menampilkan 19 mutiara gantung dan dibuat oleh House of Garrard ini diperkirakan bernilai US$ 1,2 juta atau Rp17,9 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.