Sukses

Pulau Horor di Inggris Dipenuhi dengan Peti Mati dan Sisa-Sisa Manusia Tempo Dulu

Deadman's Island seperti pulau di film horor. Pulau di Inggris ini dipenuhi dengan peti mati dan sisa-sisa manusia tempo dulu.

Liputan6.com, London - Pulau Orang Mati (Deadman's Island) seperti pulau di film horor, memang ada nyatanya dan bukan sama sekali fiksi.

Terletak di lepas pantai Kent utara dan hanya 40 mil dari London, Inggris, pulau tak berpenghuni ini dipenuhi sisa-sisa manusia.

Itu menjadi pengingat suram tentang bagaimana pulau tersebut dijadikan tempat pemakaman bagi narapidana yang meninggal karena penyakit menular di atas 'kapal penjara' lebih dari 200 tahun yang lalu.

Mengutip dari mirror.co.uk (28/5/2023), pulau misterius itu berada di muara The Swale, tak jauh dari sungai Medway, di seberang Queenborough di Isle of Sheppey. Pengunjung dilarang pergi ke pulau ini karena sekarang menjadi tempat penangkaran burung.

Bahkan, satu-satunya tanda-tanda tempat tinggal manusia adalah peti mati kayu dan sisa-sisa kerangka, yang pernah terkubur di bawah lumpur setinggi 1,8 meter. Tetapi sekarang, sisa-sisa kerangka itu sudah terekspos berabad-abad kemudian oleh erosi pantai.

Pemiliki tanah itu adalah Natural England dan mempercayakannya kepada dua orang. Ini adalah Situs Kepentingan Ilmiah Khusus dan diakui sebagai kepentingan internasional di bawah konvensi Ramsar.

Pada 2017, tim Inside Out BBC diberikan izin khusus untuk menjelajahi pulau yang terlupakan itu.

Pulau ini merupakan Situs Special Scientific Interest atau Situs Kepentingan Ilmiah Khusus dan diakui sebagai kepentingan internasional di bawah konvensi Ramsar.

"Apa yang saya lihat di sana akan saya ingat selamanya," kata presenter Natalie Graham sebelumnya.

"Ini adalah pemandangan yang sangat aneh. Saya membayangkan tidak mungkin ada tempat seperti ini di bumi," ucap presenter tersebut kembali

Sutradara Sam Supple menambahkan, "Ini seperti berada di lokasi syuting film horor. Ini terlihat sangat nyata, seperti departemen seni yang mendesainnya. Ada peti mati dan tulang belulang di mana-mana".

"Ada tugu peringatan untuk tahanan lain yang meninggal di kapal raksasa, seperti di Chatham, Kent, tapi orang-orang ini tidak punya apa-apa," ujarnya kembali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekeliling Pulau Dijuluki Teluk Peti Mati

Daerah di sekeliling pulau itu dijuluki "Teluk Peti Mati". Itu dikarenakan peti mati terbuka dan sisa-sisa manusia berserakan di sepanjang tepiannya.

Di antara penduduk setempat, pulau yang mengerikan itu telah mengilhami cerita rakyat supernatural - cerita tentang anjing pemburu dengan mata merah melotot yang memakan kepala mayat yang terkubur, suasana yang merayapi kulit, dan "sebuah pulau yang hanya dihuni oleh orang mati".

Seorang penduduk setempat mengatakan kepada pembuat film dokumenter bahwa dia mendengar tentang "monster yang memakan otak manusia yang ditangkapnya", sementara penduduk lain di Queenborough mengatakan dia bisa mendengar "lolongan" yang berasal dari pulau itu pada malam hari.

Tapi sejarah sebenarnya dari Deadman's Island lebih menyedihkan. 

Narapidana ditempatkan di penjara terapung, yang dikenal sebagai 'penjara raksasa', pada abad ke-18 dan ke-19. Salah satu kapal ini pantas disebut Retribusi.

Selain itu, para tahanan akan dideportasi ke Australia - beberapa dari mereka baru berusia 10 tahun dan bersalah atas kejahatan kecil seperti pencopetan.

3 dari 4 halaman

Tingkat Kematian Tinggi

Selain itu, jika mereka tidak cukup sehat untuk perjalanan panjang, mereka akan menghabiskan hari-hari terakhir mereka di kapal yang ditambatkan di Pulau Sheppey, dan dibiarkan mati di bagian bawah kapal.

Penyakit dapat menyebar dengan sangat mudah di atas kapal dan terdapat tingkat kematian yang tinggi.

Sejarawan angkatan laut Profesor Eric Grove mengatakan pada film dokumenter tersebut: "Banyak kejahatan membawa hukuman mati, tetapi sebagai cara manusiawi dan juga menghuni koloni, diputuskan akan baik untuk mengangkut narapidana.

"Tapi Anda cenderung menemukan bahwa jika orang dianggap tidak cukup sehat untuk berlayar ke Australia, mereka akan ditinggalkan di kapal.

"Masalah utama sebenarnya adalah Anda memiliki banyak pria bersama, atau banyak anak laki-laki bersama, dan oleh karena itu jika epidemi mulai terjadi, itu akan menyebar dan ini sangat penting di awal tahun 1830-an, ketika Retribusi ada di sini, karena ada wabah kolera."

Mayat mereka kemudian dikuburkan di peti mati tak bertanda jauh di dalam tanah di pulau itu dalam upaya untuk menahan penyakit dan mencegahnya mempengaruhi populasi lokal.Sekarang kuburan terlihat saat air pasang surut dan tidak ada catatan siapa tahanannya.

Para ahli telah mengakui akan menjadi tugas yang sulit untuk mengubur kembali sisa-sisa di Pulau Deadman, karena pemandangan laut yang terus berubah mengancam daya tahan tulang dan menghanyutkannya ke laut.

Secara kebetulan, para peneliti juga menemukan sisa-sisa manusia yang serupa di Chatham, Kent.

4 dari 4 halaman

Uji Nyali Wisata Horor ke Pulau Hantu di Brebes

Berbicara mengenai pulau horor, ada salah satu lokasi di Indonesia tepatnya di Dukuh Sigempol, Randusanga Kulon, Brebes, Pulau Hantu dikenal sebagai lokasi angker. Memasuki pulai ini, pengunjung akan dimanjakan dengan ranting-ranting pohon di antara hutan mangrove.

Menurut legenda, banyak cerita cerita seram beredar dari mulut ke mulut mengenai kawasan yang menjadi idola bagi para pemancing ini. Konon, hantu-hantu disini juga berkelompok dalam zonanya masing masing.

Pulau Hantu menawarkan empat zona kawasan wisata horor yaitu kawasan kekuasaan buaya putih, kawasan semburan hantu banaspati (petilasan), kawasan kekuasaan hantu kuntilanak dan kawasan kekuasaan blekecempong alias genderuwo.

Pada masing-masing kawasan mempunyai keseraman sendiri sendiri. Seperti kawasan buaya putih, di mana konon sering terjadi penampakan buaya putih. Buaya putih dikenal masyarakat sebagai buaya siluman.

Tidak kalah menyeramkan adalah kawasan kekuasaan hantu kuntilanak dan blekecempon. Di sini, kita bisa melihat hantu yang sering menjadi tokoh-tokoh dalam film.

Sementara, bagi para pencari jodoh ada kawasan semburan hantu banaspati. Kawasan ini dicari karena semburan hantu banaspati yang konon bisa untuk mengalap berkah minta jodoh.

Baca selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.