Sukses

Gempa Turki 20 Februari 2023 Magnitudo 6,4 Berpusat di Hatay

AFAD telah mengeluarkan peringatan mendesak agar warga menghindari daerah pesisir sebagai tindakan pencegahan terhadap risiko kenaikan permukaan laut, yang bisa mencapai hingga 50 cm.

Liputan6.com, Ankara - Dua gempa kuat mengguncang Provinsi Hatay paling selatan Turki pada Senin (21/2/2023), dua pekan setelah gempa magnitudo 7,8 melanda wilayah itu tepatnya pada 6 Februari 2023.

Menurut Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD), gempa utama magnitudo 6,4 terjadi sekitar pukul 20.04 waktu setempat dengan pusat gempa di Distrik Defne, sementara gempa susulan magnitudo 5,8 terjadi tiga menit kemudian dengan pusat gempa di Samandag. Keduanya terletak di Provinsi Hatay, yang merupakan salah satu wilayah terdampak parah akibat gempa 6 Februari 2023.

Gempa utama terjadi pada kedalaman 16,7 kilometer, sedangkan gempa susulan berada pada kedalaman 7 km. Demikian seperti dikutip dari kantor berita Turki, Anadolu, Selasa (21/2/2023).

AFAD telah mengeluarkan peringatan mendesak agar warga menghindari daerah pesisir sebagai tindakan pencegahan terhadap risiko kenaikan permukaan laut, yang bisa mencapai hingga 50 cm.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay meminta warga di wilayah tersebut untuk menjauh dari bangunan yang rusak saat pihak berwenang memindai daerah yang terkena dampak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Orang Tewas dan Ratusan Terluka

Tiga orang tewas akibat gempa magnitudo 6,4 pada Senin. Lebih dari 680 orang dilaporkan terluka di Turki dan Suriah.

"Mereka yang tewas akibat gempa Turki pada Senin ditemukan di Antakya, Defne, dan Samandagi," kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu seraya mendesak orang-orang untuk tidak memasuki bangunan yang berpotensi berbahaya. Demikian seperti dikutip BBC.

Soylu mengatakan 213 orang terluka di Turki. Gempa terbaru juga dilaporkan dirasakan hingga Mesir dan Lebanon.

Kelompok Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah atau Syrian Observatory for Human Rights mengatakan, 470 orang terluka telah mengunjungi rumah sakit pasca gempa Senin 20 Februari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.