Sukses

Anggota Kongres AS Diserang, Manfaatkan Kopi Panas untuk Melawan

Pelaku penyerangan adalah pemuda usia 26 tahun tanpa alamat tetap. Dia dituduh meninju dagu dan mencengkeram leher Angie Craig.

Liputan6.com, Washington - Seorang pria yang diduga menyerang anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Angie Craig di lift gedung apartemennya di Washington DC pada Kamis (9/2/2023), telah ditangkap.

Laporan polisi mengungkapkan bahwa Angie, anggota Kongres dari Partai Demokrat, melawan balik dengan melemparkan kopi panas ke penyerang, Kendrick Hamlin.

Pemuda usia 26 tahun tanpa alamat tetap itu dituduh meninju dagu dan mencengkeram leher Angie. Dia didakwa melakukan penyerangan ringan dan kasus ini dianggap tidak bermotif politik.

"Dia (Angie) diserang sekitar pukul 07.10 waktu setempat pada Kamis," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Jumat (10/2).

Nick Coe, kepala staf Angie, mengatakan bahwa Angie menderita memar, tetapi secara fisik perempuan usia 50 tahun itu baik-baik saja.

Angie, sebut Nick, berterima kasih kepada Departemen Kepolisian Metropolitan DC atas tanggapan cepat mereka dan meminta privasi saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Serangan

Menurut laporan insiden publik dari Departemen Kepolisian Metropolitan DC, Angie mengatakan kepada penyelidik bahwa ada seseorang yang bertindak tidak menentu dan mungkin di bawah pengaruh obat-obatan di lobi gedung apartemennya di area H Street yang ramai di dekat Capitol Hill.

Ketika Angie naik lift, orang itu mengikutinya ke dalam dan tiba-tiba melakukan push up setelah dia mengucapkan selamat pagi. Pelaku tiba-tiba meninju dagu Angie dan mencengkeram lehernya.

Angie lalu membela diri dengan melemparkan kopi panas ke penyerang. Pelaku sempat melarikan diri.

Polisi kemudian merilis foto tersangka dan meminta bantuan masyarakat untuk mengidentifikasinya.

3 dari 3 halaman

Dukungan dari Rekan Separtai

Terpilih menjadi anggota Kongres pada tahun 2018, Angie adalah ibu empat anak, yang secara terbuka mengakui sebagai penyuka sesama jenis. Dia kini menjabat sebagai wakil ketua Kaukus Kesetaraan Kongres.

Pemimpin Demokrat di Kongres Hakeem Jeffries mengatakan, serangan terhadap Angie mengerikan.

Sementara itu, senator dari Demokrat Amy Klobuchar mentwit, "Untuk memberi Anda gambaran seberapa kuat Angie, dia langsung pergi ke Hill pagi ini dan menghadiri pertemuan ... tidak ada yang bisa macam-macam dengan Angie."

Tahun lalu Kongres menyetujui pendanaan untuk meningkatkan keamanan bagi anggota parlemen, yang menerima ribuan ancaman setiap tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.