Sukses

Penembakan di Sekolah Des Moines AS, 2 Siswa Tewas

Penembakan kembali terjadi di AS, kali ini di ibu kota Iowa, Des Moines.

Liputan6.com, Iowa - Penembakan kembali terjadi di AS, kali ini di ibu kota Iowa, Des Moines.

"Penembakan Des Moines menyebabkan 2 siswa tewas, pendiri program pendidikan dalam kondisi serius," kata polisi seperti dikutip dari CNN, Selasa (24/1/2023).

Penembakan di AS kali ini terjadi di sebuah educational program (program pendidikan) untuk remaja berisiko di Des Moines, Iowa, menyebabkan dua siswa tewas dan pendiri program tersebut terluka parah, kata pihak berwenang

"Pada Senin siang pukul 12.53, polisi dan petugas pemadam kebakaran menanggapi laporan penembakan di 455 SW 5th Street, yang menampung organisasi nirlaba bernama Starts Right Here," kata polisi Des Moines dalam rilis berita.

Mereka menemukan korban penembakan, yang dibawa ke rumah sakit. Nama-nama korban tewas tidak dirilis.

Sejauh ini pihak kepolisian tidak mengidentifikasi orang yang terluka tetapi Wali Kota Des Moines Frank Cownie mengatakan itu adalah presiden program Starts Right Here dan artis hip hop R&B Will Holmes, juga dikenal sebagai "Will Keeps." Polisi mengatakan dia dalam kondisi serius.

"Polisi mendapat gambaran tentang kendaraan yang terkait dengan penembakan tersebut dan menghentikan lalu lintas sekitar 20 menit setelah penembakan, dua mil jauhnya," ungkap Sersan Polisi Paul Parizek pada konferensi pers.

"Dua orang tetap di dalam kendaraan dan satu lainnya keluar lalu lari," kata Parizek. Polisi menemukan tersangka dengan anjing pelacak, katanya lagi.

Parizek tidak mengidentifikasi para tersangka atau mengatakan apakah mereka telah didakwa. "Kami mendapati dua orang tewas, jadi kami melihat dakwaan yang paling serius," katanya.

Sejauh ini motifnya juga belum dirilis polisi.

"Insiden itu pasti ditargetkan," kata Parizek. "Itu tidak acak. Tidak ada yang acak tentang ini. Itu pasti insiden yang ditargetkan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Starts Right Here (SRH) Bekerja untuk Menginspirasi Remaja Berisiko

Menurut situs web Starts Right Here, "Starts Right Here (SRH) sibuk menginspirasi remaja berisiko di Sekolah Umum Des Moines dan memotivasi remaja melalui acara-acara ceramah. Will Keeps, Presiden SRH, membawakan lagu-lagu yang memberdayakan untuk menginspirasi dan menyuarakan kebenaran."

Keeps adalah seorang rapper yang besar di Chicago dan pindah ke Des Moines.

"Saya ingin meluangkan waktu sejenak dan berbicara tentang penembakan yang mengerikan sore ini di Starts Right Here, program sekolah di Southwest 5th St. dan dijalankan oleh seorang teman, Will Keeps, yang sedang memulihkan diri malam ini di rumah sakit," Cownie mengatakan dalam sebuah pernyataan video.

Wali kota menyebut penembakan itu sebagai "kisah yang berulang — kisah tragis kehidupan muda yang diambil terlalu cepat oleh kekerasan senjata."

 

3 dari 4 halaman

Melayani 40-50 Siswa

Situs web The Des Moines Public Schools/ DMPS  (Sekolah Umum Des Moines) mengatakan SRH bermitra dengan sekolah distrik untuk membantu siswa dalam Options Academy credit recovery distrik dan untuk mendukung siswa yang tidak lagi berada di gedung sekolah.

"SRH melayani 40-50 siswa DMPS pada waktu tertentu," kata pihak sekolah distrik.

Gubernur Iowa Kim Reynolds, yang terdaftar di dewan penasihat situs web, mengatakan dia "terkejut dan sedih" tentang penembakan itu.

"Saya kaget dan sedih mendengar tentang penembakan di Starts Right Here. Saya telah melihat secara langsung betapa kerasnya Will Keeps dan stafnya bekerja untuk membantu anak-anak yang berisiko melalui program pendidikan alternatif ini. Hati saya hancur kehilangan mereka, anak-anak ini, dan keluarga mereka juga pasti merasakan yang sama. Kevin dan saya berdoa untuk kesembuhan mereka," kata Reynolds dalam sebuah pernyataan.

4 dari 4 halaman

Penembakan Sebelumnya di California

Sebelumnya, Sabtu 21 Januari 2023 juga terjadi penembakan di Monterey Park, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Pelaku beraksi di sebuah ballroom aula dansa pada malam Tahun Baru Imlek.

Korban tewas dilaporkan kini bertambah menjadi 11. Sebelumnya, dilaporkan terdapat 10 korban tewas, dan 10 korban lainnya terluka. 

Dilansir BBC, Selasa (24/1/2023), 10 korban dinyatakan tewas di tempat kejadian. 

Kemudian pada Senin, pejabat dari LAC+USC Medical Center di Los Angeles mengonfirmasi bahwa korban ke-11 meninggal di rumah sakit. Sementara itu, tujuh korban luka masih di rumah sakit dan beberapa dalam kondisi kritis.

Sheriff LA County Robert Luna menambahkan bahwa korban yang meninggal masih dalam proses identifikasi, tetapi mereka sementara ini diduga berusia 50-an dan 60-an dan beberapa mungkin lebih tua.

Sebelumnya, para pejabat mengatakan bahwa lima perempuan dan lima laki-laki yang tewas, semuanya "mungkin" merupakan keturunan Asia.

Polisi telah mengidentifikasi pelaku penembakan sebagai Huu Can Tran (72), yang kemudian ditemukan tewas di sebuah van putih setelah bunuh diri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.