Sukses

4 Suara Misterius Konon Pertanda Hantu, Ketukan hingga Panggilan

Bila pernah mendengar 4 suara aneh ini, konon artinya pertanda ada hantu.

Liputan6.com, Jakarta - Hantu. Susah untuk dicerna logika. Namun, banyak yang mempercayainya.

Namun, perlu ditekankan bahwa roh dan hantu adalah dua hal yang berbeda. Banyak roh hanya dapat didengar dan dilihat oleh para ahli, itulah sebabnya mereka sebagai yang profesional membantu menyampaikan pesan si roh itu.

Sementara hantu, akan sering menggunakan saluran atau perantara apa pun yang tersedia untuk melakukan kontak.

Beberapa hantu mungkin datang dalam mimpi, atau muncul dalam foto, ada juga yang membuat merinding hanya dengan bayangannya. Namun, bagaimana dengan hantu-hantu berisik yang memilih untuk mengganggu rumahmu dengan suara?

Makhluk-makhluk gaib memang tidak selalu menampakkan dirinya agar kehadirannya dipercayai orang. Terkadang mereka hanya menyiratkan kehadiran via suara.

Dari suara aneh dan misterius yang tidak diketahui asal sumbernya, bisa jadi pertanda kehadiran makhluk gaib atau hantunya.

Ada banyak suara yang dihasilkan hantu untuk mengganggu manusia, tetapi terdapat 4 suara umum dan kerap terdengar.

Berikut adalah 4 suara aneh dan misterius yang konon pertanda keberadaan hantu, dilansir dari Refinery29, Sabtu (21/1/2023):

1. Ketukan

Pernahkah kamu melihat seseorang mengetuk pintu depan rumah dan ketika mengintip melalui lubang, tapi tidak ada siapa-siapa?

Beberapa orang percaya bahwa bila ada suara ketukan pintu, ini artinya ada hantu yang ingin masuk ke rumahmu, yang kemudian bisa mengarah pada kehadiran spiritual yang lebih mengakar dan besar. Sementara ada orang yang berpendapat bahwa makhluk halus ini hanya ingin menarik perhatian manusia.

Ada pula suatu legenda yang mengatakan bahwa bila terdengar suara tiga ketukan berturut-turut, menandakan kematian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Langkah Kaki

Jika mendengar suara ketukan menandakan ada hantu yang mau masuk, mendengar langkah kaki berarti hantunya sudah merasa cukup diterima di rumahmu.

Suara langkah kaki meski sedang di rumah sendirian, berarti bisa jadi pertanda rumahmu ada hantunya. 

Suara langkah kaki yang dibuat para makhluk paranormal juga bisa berupa suara jalan pelan, hingga berlari kencang. Semua ini hanya untuk mengganggu manusia dan menarik perhatian.

3. Suara Memanggil

Dalam perburuan hantu dan parapsikologi, electronic voice phenomena (EVP) adalah suara yang ditemukan pada rekaman elektronik yang ditafsirkan sebagai suara roh.

Ghostbusters atau pemburu hantu biasanya mengandalkan EVP dan sering memakainya untuk menangkap suara roh yang berbicara.

Namun, tidak harus menggunakan EVP, manusia bisa mendengar suara hantu dengan kedua telinganya sendiri.

Entah itu suara helaan napas, bisikan, suara memanggil, suara tangisan, bahkan teriakan, ini artinya hantu sedang mengusikmu. 

3 dari 4 halaman

4. Suara Benda Bergerak

Ketika kamu sedang sendirian di rumah, tetapi terdengar suara ada benda-benda bergerak misalnya seperti suara gelas berdenting, kursi atau meja bergoyang, pintu dan jendela terbuka atau tertutup, dan lainnya, ini artinya hantu sedang berada di rumahmu. 

Suara benda bergerak cukup membuat bulu kuduk naik sebab kita tahu benda adalah makhluk yang tidak bergerak atau mati. Maka dari itu, bila kamu terdengar ada suara benda bergerak, menjadi salah satu tanda paling jelas bahwa kamu memiliki kehadiran makhluk halus di rumah.

Entitas gaib ini memiliki bakat untuk berbuat jahat dan bahkan dikatakan dapat memindahkan objek fisik sendiri. Jika tidak berhati-hati, yang awalnya mereka hanya memindahkan barang-barang di rumahmu, mereka lama-kelamaan bisa merusak barang lebih serius. 

Melalui suara-suara, jelas bahwa makhluk gaib ingin menarik perhatian manusia. Suara dijadikan sebagai tanda kehadiran mereka. 

 

4 dari 4 halaman

Tidak Hanya Suara, Ada Tanda-tanda Misterius Lainnya

Tidak hanya melalui suara, hantu bisa menunjukkan kehadirannya di rumahmu dengan cara lain.

Misalnya, muncul perasaan diawasi dari belakang. Sebelumnya, kalian merasa tidak takut tinggal seorang diri di rumah. Namun, muncul perasaan tidak tenteram dan seperti ada yang mengawasi. Jantung bisa menjadi mudah berdebar-debar.

Perasaan ketika ada yang mengawasi padahal sedang sendirian, keadaan ini memang bisa membuat takut hingga mengundang perasaan panik dan khawatir.

Ada pula suhu ruangan yang turun secara mendadak. Cuaca di luar tampak cerah dan hangat, tetapi suasana rumah tiba-tiba justru terasa dingin? Makhluk astral punya energi panas yang cukup besar. Bila di salah satu bagian rumah tiba-tiba berubah suhunya secara drastis, bisa jadi ada makhluk gaib yang berada di tempat yang sama.

Kemudian, tanda lainnya adalah ketika elektronik di rumahmu bermasalah. Sebab, hantu dapat mencoba berkomunikasi melalui hal-hal seperti elektronik atau baterai fisik.

Contoh untuk kasus ini adalah ketika ponsel atau laptop tiba-tiba tersengat setrum listrik, remot TV tidak berfungsi lama padahal baru ganti baterai atau lampu yang sering berkedip-kedip padahal baru ganti bohlam. Bisa jadi bukan karena aliran listrik rumah yang bermasalah, tetapi memang ada hantu di rumah yang memberikan tanda keberadaannya.

Selebihnya baca di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.