Sukses

10 Momen Misterius Pertanda Hantu di Rumah, Wangi hingga Dengar Suara Aneh

Konon ini sejumlah tanda rumah berhantu yang perlu diwaspadai, agar bisa tahu apakah ada makhluk lain yang sedang tinggal di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, kehadiran hantu atau makhluk gaib yang tidak kasat mata masih dipercaya hingga saat ini. Bahkan ada beberapa orang yang mengaku bisa merasakan kehadiran dan melihat secara langsung wujud dari makhluk halus ini.

Mengalami kejadian aneh di rumah seperti membuat bulu kuduk merinding memang patut dicurigai, terutama pada malam hari. Terutama untuk orang yang percaya pada hal-hal mistis, mereka pasti mengira rumah yang ditinggali berhantu dan angker.

Tentunya, semua orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman di mana mereka bisa menghabiskan waktu dengan tenang. Namun, terkadang terdapat beberapa kasus di mana orang tinggal di rumah berhantu hingga diteror dan diganggu oleh berbagai macam hal supernatural.

Kebanyakan dari kita memang tidak bisa melihat hantu. Namun, terkadang para makhluk astral ini kerap memberikan tanda keberadaannya kepada manusia.

Berikut ini konon sejumlah tanda rumah berhantu sebagaimana dilansir dari Teen Vogue, Selasa (17/1/2023):

1. Merasa Seperti Ada yang Mengawasi dari Belakang

Sebelumnya, kalian merasa tidak takut tinggal seorang diri di rumah. Namun, muncul perasaan tidak tenteram dan seperti ada yang mengawasi. Jantung bisa menjadi mudah berdebar-debar.

Perasaan ketika ada yang mengawasi padahal sedang sendirian, keadaan ini memang bisa membuat takut hingga mengundang perasaan panik dan khawatir.

2. Cium Bau Aneh

Pertanda lain adalah sering tercium bau wangi menusuk yang berbeda dengan wewangian yang sering digunakan. Apalagi jika tidak ditemukan penyebab dari munculnya aroma tersebut.

Ada istilah medis yang digunakan dokter untuk halusinasi penciuman, yakni phantosmia atau fantosmia. Mengutip dari Alodokter, fantosmia adalah kondisi ketika seseorang dapat mencium bau sesuatu, tetapi orang lain tidak mencium bau tersebut.

Padahal, bau atau benda yang menyebabkan aroma tersebut tidak nyata. Kondisi ini juga termasuk dalam gejala gangguan saraf penciuman. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Terdengar Suara-suara Aneh

Bila kamu sesekali mendengar suara-suara aneh seperti bisikan, helaan napas, langkah kaki, dan sebagainya, itu juga pertanda rumah berhantu. Padahal, timbulnya suara-suara misterius ini tidak diketahui berasal dari mana.

4. Perangkat Elektronik yang Mati dan Nyala Sendiri

Orang-orang yang percaya pada paranormal sering menyebut listrik sebagai alat komunikasi hantu. Seperti lampu yang tiba-tiba mati dan hidup sendiri tanpa ada yang menekan tombol saklar.

Kemudian, televisi berganti-ganti saluran sendiri tanpa ada yang mengubah. Bisa juga ada suara menyala tiba-tiba pada radio atau telepon padahal tidak disentuh. 

5. Suhu Ruangan Turun Secara Mendadak

Cuaca di luar tampak cerah dan hangat, tetapi suasana rumah tiba-tiba justru terasa dingin? Makhluk astral punya energi panas yang cukup besar. Bila di salah satu bagian rumah tiba-tiba berubah suhunya secara drastis, bisa jadi ada makhluk gaib yang berada di tempat yang sama.

6. Gangguan Elektronik

Hantu juga dapat mencoba berkomunikasi melalui hal-hal seperti elektronik atau baterai fisik. Misalnya, ponsel atau laptop tiba-tiba tersengat setrum listrik, remot TV tidak berfungsi lama padahal baru ganti baterai atau lampu yang sering berkedip-kedip padahal baru ganti bohlam.

Bisa jadi bukan karena aliran listrik rumah yang bermasalah, tetapi memang ada hantu di rumah yang memberikan tanda keberadaannya.

3 dari 4 halaman

7. Melihat Penampakan Hantu Periferal

Penampakan hantu periferal adalah sekilas sosok bayangan dari sudut penglihatan kamu. Orang yang percaya pada hal-hal mistis berpikir bahwa penampakan hantu ini cenderung bergerak cepat, entah tampak sedang menari atau terlihat seperti bayangan yang berkelap-kelip di kejauhan.

Jadi, bila ingin tahu apakah rumah yang kamu tinggal berhantu atau tidak, perhatikan apakah ada bayangan-bayangan yang mencurigakan. Bayangan yang muncul mungkin menyerupai sesosok manusia, tetapi terkadang bentuknya tampak lebih kecil dan lebih sulit untuk dibedakan dengan bayangan benda lain.

8. Ada Barang Hilang yang Ditemukan di Tempat Aneh

Yang ini mungkin bisa jadi kesalahan wajar bagi orang-orang yang pelupa. Walau biasanya aman untuk berasumsi bahwa kita hanya salah menaruh barang, tetapi jika barang tersebut ditemukan di tempat yang janggal, maka ini mungkin merupakan tanda paranormal.

Apabila kejadiannya sekali atau dua kali, mungkin memang kita yang lupa meletakkan barang tersebut. Namun, jika frekuensinya terlampau sering, ini bisa jadi perbuatan makhluk gaib.

4 dari 4 halaman

9. Mimpi Aneh dan Perasaan Disentuh

Mimpi buruk memang merupakan hal yang umum terjadi. Namun, bagaimana bila mimpi buruk yang dirasakan justru terjadi terus-menerus? Ini menandakan adanya makhluk astral di rumah sedang masuk ke dalam mimpi untuk mengganggumu.

Pertanda lainnya juga adalah ketika ada perasaan seseorang yang menyentuh kamu secara halus. Misalnya, saat sedang berdiam diri, pundak atau bagian tubuhmu yang lain terasa seperti disentuh orang yang ingin mengajak mengobrol.

Pastinya kamu akan terkejut dan melihat ke arah asal sentuhan tetapi ternyata tidak ada seorang pun ada di sekitarmu.

10. Hewan Peliharaan Bertingkah Aneh

Nyatanya, hewan peliharaan jauh lebih sensitif dengan suasana rumah ketimbang manusia. Bahkan beberapa orang meyakini bahwa hewan dapat melihat sosok yang tidak tertangkap oleh mata manusia. Misalnya, anjing akan merasa resah dan menggongong terus-menerus jika ada makhluk gaib atau hantu yang mendekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.