Sukses

Seperti Venna Melinda, 5 Selebritas Dunia Ini Pernah Alami KDRT

Artis Venna Melinda menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari suaminya Ferry Irawan.

Liputan6.com, Jakarta - Artis Venna Melinda menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari suaminya Ferry Irawan.

Kuasa hukum Venna Melinda, Reza Mahastra mengungkapkan kliennya seing mendapat perlakukan kasar atau kekerasan fisik dari suaminya.

"Kejadian yang dulu-dulu itu sengaja ditutupi bu Venna karena untuk menjaga aib rumah tangga. Tapi saat kejadian di Kediri kemarin itu sepertinya sudah melewati batas yang seharusnya sehingga memutuskan lapor polisi," ujarnya di Mapolda Jatim, Selasa (10/1/2023).

Reza mengatakan, Venna Melinda berkomitmen untuk tidak mencabut laporan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang telah dilakukan oleh Ferry Irawan ini.

"Makanya saya tadi minta tolong keadilan untuk bu Venna agar masalah ini diproses dan dibuka selebar-lebarnya karena kan ini juga pelajaran buat kita semua," ucap pria yang juga merupakan adik kandung dari Venna Melinda ini.

Kasus KDRT semacam ini juga pernah dialami oleh sejumlah pesohor dunia. Dalam menjalani hubungan -- baik rumah tangga maupun berstatus pacaran -- mereka turut menerima perlakukan tersebut.

Dikutip dari laman Ranker.com, Rabu (11/1/2023), berikut 5 pesohor dunia korban KDRT tersebut:

1. Jeffrey Marty, Suami Stacey Dash

Artis Stacey Dash pernah ditangkap pada 29 September 2019, karena diduga menampar dan mendorong suaminya Jeffrey Marty.

Hal ini terjadi selama pertengkaran sengit di New Port Richey, Florida.

Bintang Clueless itu menyetujui jaminan pada 30 September 2019, dan dibebaskan pagi itu juga.

Dia mengajukan pembelaan tertulis tidak bersalah atas tuduhan kekerasan domestik, menurut dokumen yang diajukan di Pengadilan Wilayah Pasco pada 2 Oktober 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rihanna, Mantan Kekasih Chris Brown

Pada tahun 2009, Chris Brown ditangkap karena memukuli pacarnya, Rihanna sebelum ajang Grammy Awards.

Brown memiliki catatan kekerasan, dan pada 2013 dia ditangkap setelah meninju wajah seorang pria karena ingin berfoto dengannya.

3. Evan Peters, Pacar Emma Roberts

Emma Roberts ditangkap karena kekerasan dalam rumah tangga lantaran memukuli pacarnya, Evan Peters di Kanada.

Pasangan itu sama-sama membintangi American Horror Story: Coven.

4. Alice Kim, Istri Nicolas Cage

Pada 2011, Nicolas Cage ditangkap karena kekerasan domestik dan mengganggu ketenangan dalam rumah tangga.

Cage dilaporkan mendorong istrinya keluar dari toko tato dan merusak beberapa mobil yang ada di dekatnya.

5. Oksana Grigorieva, Istri Mel Gibson

Pada tahun 2010, Mel Gibson memohon agar tidak ada hukuman dalam kasus KDRT yang ia lakukan kepada istrinya saat itu, Oksana Grigorieva.

Gibson juga ditangkap pada tahun 2006 karena mengemudi dalam keadaan mabuk.

3 dari 4 halaman

Alasan Kenapa Sulit Meninggalkan Hubungan KDRT

Situs perlindungan korban KDRT menyebut pergi dari hubungan KDRT tidak semudah yang dibayangkan. Kadang, korban pun berharap pelaku dapat berubah.

Berikut lima faktor yang membuat seseorang sulit keluar dari hubungan KDRT, seperti dirangkum situs Women Against Abuse, Jumat (14/10/2022): 

1. Anak-Anak

Banyak dari survivor kasus KDRT merasa khawatir apakah berpisah merupakan keputusan tepat, sebab mereka memikirkan anak. Ini terutama terjadi jika anaknya sebenarnya tak ikut jadi korban KDRT.

Sejumlah kekhawatiran adalah jika pasangannya justru mendapat hak asuh. Ada pula yang berpikir tentang masalah keuangan. Selain itu, ada korban yang ingin anaknya dibesarkan dua orang tua.

2. Harapan

Siklus kekerasan tidak terjadi begitu saja. Women Against Abuse menjelaskan ada tiga tahap:

- Fase bulan madu (ketika segalanya tampak cantik)

- Ketegangan

- Terjadinya kekerasan

Siklus tersebut bisa terjadi secara berulang. Setelah kekerasan terjadi, pelaku akan menyesal, lalu kembali ke fase bulan madu, kemudian kekerasan kembali terjadi. Harapan terjadi "perubahan" mungkin hanya ada di awal saja.

Di novel Big Little Lies, tokoh Celeste (diperankan Nicole Kidman di adaptasi TV) menjadi korban KDRT oleh suaminya. Suaminya selalu menyesal usai menyerang Celeste, namun siklus kekerasan terus berulang. 

 

4 dari 4 halaman

3. Berpisah Bisa Berbahaya

Banyak orang merasa bahwa tindakan pasangan mereka akan semakin keras dan berbahaya ketika korban ingin berpisah.

Pelaku KDRT bisa saja memberikan ancaman maut kepada korban, atau menyakiti anak, anggota keluarga, bahkan hewan peliharaan jika korban ingin berpisah. 

4. Isolasi

Keluarga dan sahabat survivor KDRT mungkin tidak tahu tentang kekerasan yang terjadi. Dan bisa saja pihak keluarga dan sahabat justru tidak mendukung perpisahan.

Selain itu, survivor mungkin saja tidak bisa mengadukan kasus kekerasan pada siapapun. Isolasi adalah kunci dari kekerasan pasangan. 

5. Finansial 

Survivor bisa saja tak paham caranya berpisah, sebab tidak punya pendapatan sendiri atau tak punya tempat tinggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.