Sukses

Arab Saudi Penjarakan 2 Staf Wikipedia hingga 32 Tahun, Kontrol Konten?

Sanksi Arab Saudi telah menyusup ke Wikipedia. Mereka memenjarakan dua administrator dalam upaya yang disebut-sebut untuk mengontrol konten di situs web tersebut.

Liputan6.com, New York - Sanksi Arab Saudi telah menyusup ke Wikipedia. Mereka memenjarakan dua administrator dalam upaya yang disebut-sebut untuk mengontrol konten di situs web tersebut.

Hal ini terjadi beberapa minggu setelah seorang mantan pekerja Twitter dipenjara di AS karena menjadi mata-mata untuk Saudi.

"Seorang administrator dipenjara selama 32 tahun, dan yang lainnya dihukum delapan tahun," kata para aktivis seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (6/1/2022).

Investigasi oleh badan induk Wikimedia menemukan bahwa pemerintah Saudi telah menembus jajaran senior Wikipedia di wilayah tersebut, dengan warga Saudi bertindak atau dipaksa untuk bertindak sebagai agen, kata dua kelompok hak asasi.

"Investigasi Wikimedia mengungkapkan bahwa pemerintah Saudi telah menyusup ke jajaran tertinggi dalam tim Wikipedia di wilayah tersebut," kata Democracy for the Arab World Now (Dawn) dan Smex yang berbasis di Beirut dalam pernyataan bersama.

Dawn, yang berbasis di Washington DC dan didirikan oleh jurnalis Saudi yang dibunuh Jamal Khashoggi, dan Smex, yang mempromosikan hak digital di dunia Arab, mengutip "pelapor dan sumber tepercaya" untuk informasi tersebut.

Sejauh ini belum ada komentar langsung dari pemerintah Saudi atau dari Wikimedia, yang menempatkan konten pendidikan gratis secara online melalui inisiatif seperti Wikipedia, ensiklopedia online, dan Wiktionary.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Bersama Usai Larangan Global 16 Pengguna

Pernyataan Dawn dan Smex muncul setelah Wikimedia bulan lalu mengumumkan larangan global untuk 16 pengguna "yang terlibat dalam penyuntingan konflik kepentingan pada proyek Wikipedia di wilayah Mena [Timur Tengah dan Afrika Utara]".

Dalam penyelidikan yang dimulai Januari lalu, Wikimedia mengatakan "dapat mengonfirmasi bahwa sejumlah pengguna yang memiliki hubungan dekat dengan pihak eksternal sedang mengedit platform secara terkoordinasi untuk memajukan tujuan pihak tersebut".

Wikimedia mengacu pada warga Saudi yang bertindak di bawah pengaruh pemerintah Saudi, kata Dawn dan Smex, mengutip sumber mereka.

Dua "admin” berpangkat tinggi – administrator sukarela dengan akses istimewa ke Wikipedia, termasuk kemampuan untuk mengedit halaman yang dilindungi sepenuhnya – telah dipenjara sejak mereka ditangkap pada hari yang sama di bulan September 2020, tambah kedua badan tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Tindakan Keras Terhadap Admin Wikipedia

Penangkapan itu tampaknya menjadi bagian dari "tindakan keras terhadap admin Wikipedia di negara itu (AS)", kata Dawn dan Smex, menyebut dua orang yang dipenjara sebagai Osama Khalid dan Ziyad al-Sofiani.

Abdullah Alaoudh, direktur penelitian Dawn untuk Teluk, mengatakan Khalid dipenjara selama 32 tahun dan Sofiani menerima hukuman delapan tahun.

“Penangkapan Osama Khalid dan Ziyad al-Sofiani di satu sisi, dan infiltrasi Wikipedia di sisi lain, menunjukkan aspek yang mengerikan tentang bagaimana pemerintah Saudi ingin mengontrol narasi dan Wikipedia,” kata Alaoudh kepada AFP.

 

4 dari 4 halaman

Sanksi Sebelumnya

Bulan lalu, mantan pekerja Twitter Ahmad Abouammo dijatuhi hukuman tiga setengah tahun penjara oleh pengadilan San Francisco atas kejahatan termasuk menjadi agen ilegal pemerintah asing.

Jaksa menuduh Abouammo dan sesama karyawan Twitter Ali Alzabarah, yang dicari oleh FBI, terdaftar oleh pejabat Saudi antara akhir 2014 dan awal 2015 untuk mendapatkan informasi pribadi di akun yang kritis terhadap rezim Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.