Sukses

Kebakaran di Terowongan Jalan Korea Selatan, 5 Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Terluka

Kebakaran yang terjadi di terowongan jalan di Korsel menewaskan 5 orang.

Liputan6.com, Seoul - Lima orang tewas dan puluhan lainnya terluka setelah kecelakaan bus dan truk menyebabkan kebakaran besar di terowongan jalan tol di pinggiran Seoul, kata departemen pemadam kebakaran setempat kepada AFP.

Dikutip Channel News Asia, Jumat (30/12/2022), gambar-gambar dari tempat kejadian di media lokal menunjukkan api besar dan kepulan asap membubung dari terowongan, ketika ratusan petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan kobaran api.

Kebakaran dimulai ketika sebuah bus bertabrakan dengan sebuah truk sekitar pukul 13.50 waktu setempat di terowongan tol di Gwacheon, kata seorang pejabat di departemen pemadam kebakaran Gwacheon kepada AFP.

Terowongan yang ditinggikan, yang dirancang untuk melindungi bangunan di sekitarnya dari kebisingan jalan, dengan cepat dilalap api, gambar di media lokal menunjukkan.

Petugas pemadam kebakaran pun telah mengendalikan api, kata pejabat itu.

"Kami sedang melakukan pencarian di dalam terowongan jika ada korban tambahan," tambah pejabat itu.

Setelah awalnya mengatakan bahwa enam orang tewas, pihak berwenang telah merevisi jumlah korban tewas menjadi lima, dengan 37 orang terluka.

Beberapa yang terluka menderita luka bakar, kata pejabat itu.

"Tiga orang mengalami luka bakar di bagian wajah sementara sisanya dirawat karena menghirup asap," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Penyelamatan

Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min menyerukan "sumber daya maksimum dikerahkan" untuk menyelamatkan nyawa, lapor Kantor Berita Yonhap.

"Saya mendesak pihak berwenang untuk melakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan nyawa mereka yang belum melarikan diri," katanya. 

3 dari 4 halaman

Proyek Kereta

Transformasi cepat Korea Selatan dari daerah terpencil yang dilanda perang dan miskin menjadi ekonomi terbesar keempat di Asia dan demokrasi yang berkembang adalah sumber kebanggaan nasional yang besar.

Namun serangkaian bencana yang dapat dicegah - termasuk Itaewon, dan tenggelamnya kapal feri Sewol yang menewaskan lebih dari 300 orang pada tahun 2014 - telah menggoyahkan kepercayaan publik.

 

4 dari 4 halaman

Keraguan Warga Korsel

Banyak warga Korea Selatan mempertanyakan apakah standar keselamatan dikesampingkan dan peraturan diabaikan dalam pembangunan yang terburu-buru, dengan jumlah kecelakaan yang panjang meninggalkan warisan kepahitan dan ketidakpercayaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.