Sukses

30 Desember 2009: Bom Bunuh Diri Antek Taliban di Markas CIA Afghanistan, 7 Agen Tewas

Serangan bunuh diri Taliban membunuh agen CIA di pos terdepan AS di Afghanistan pada Rabu 30 Desember 2009.

Liputan6.com, Khost - Kiprah Taliban kian merambah.

Serangan bunuh diri Taliban membunuh agen CIA di pos terdepan AS di Afghanistan pada Rabu 30 Desember 2009.

CIA berjanji untuk membalas kematian tujuh agennya yang tewas dalam pemboman bunuh diri pada hari Rabu di Afghanistan, karena terungkap bahwa pembom tersebut mungkin telah diundang ke pangkalan tersebut sebagai informan potensial menurut dua mantan pejabat AS.

"Serangan ini akan dibalas melalui operasi kontraterorisme yang sukses dan agresif," kata seorang pejabat intelijen AS tanpa menyebut nama seperti dikutip dari The Guardian.

Seorang mantan pejabat intelijen senior mengatakan, pengebom itu didekati sebagai informan dan ini adalah pertama kalinya dia dibawa ke dalam kamp. Seorang debriefer CIA yang berpengalaman datang dari Kabul untuk menghadiri pertemuan tersebut, menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi intelijen, kata pejabat tersebut.

Mantan pejabat intelijen dan mantan pejabat lainnya yang mengetahui serangan itu berbicara tanpa menyebut nama karena mereka tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka.

Tujuh agen tewas, termasuk kepala wanita pangkalan itu, seorang ibu dari tiga anak, kata mantan pejabat CIA kepada AP.

Enam lainnya terluka dalam serangan di Forward Operating Base Chapman di Afghanistan timur, dekat Khost. Salah satu yang tewas dilaporkan adalah Harold Brown Jr, menurut ayahnya, Harold Brown Sr. Brown yang lebih tua mengatakan Kamis bahwa putranya yang berusia 37 tahun, yang tumbuh di Bolton, Massachussetts, bertugas di ketentaraan dan bekerja untuk departemen negara bagian. Dia meninggalkan seorang istri dan tiga anak berusia 12, 10 dan 2 tahun.

CIA tidak akan mengkonfirmasi detailnya, dan mengatakan masih mengumpulkan bukti. "Masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang sesuatu yang baru saja terjadi kemarin," kata juru bicara George Little.

Seorang pejabat AS yang terpisah mengatakan bahwa pembom mungkin telah meledakkan bahan peledak saat dia akan digeledah.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dalam serangan yang menggambarkan jangkauan dan kemampuan militer mereka yang semakin meningkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korban Kemungkinan Pernah Terlibat Operasi dengan Gerilyawan Taliban

Mantan perwira CIA mengatakan para agen yang tewas adalah bagian dari unit paramiliter, kemungkinan terlibat dalam pelatihan warga Afghanistan dalam peran keamanan dan melakukan operasi militer melawan gerilyawan Taliban dan Al Qaeda di sepanjang perbatasan Pakistan.

Serangan itu terjadi di sebuah pos militer sekitar 12 mil dari daerah kesukuan Pakistan, kubu Taliban.

Dalam sepucuk surat kepada pegawai CIA, Barack Obama mengatakan rekan-rekan mereka yang gugur berasal dari "garis panjang patriot" yang telah membantu menjaga keamanan negara meski menghadapi risiko besar. Obama mengakui bahwa agen mata-mata telah diuji "tidak seperti sebelumnya" sejak serangan 9/11.

Larry Johnson, seorang konsultan kontra-terorisme dan mantan pejabat CIA, mengatakan insiden itu mungkin merupakan korban jiwa terbesar badan itu sejak stasiun CIA di Beirut dibom pada 1983. 17 pegawai badan itu tewas dalam serangan Beirut.

Serangan itu terjadi di dalam gym di Forward Operating Base Chapman di Provinsi Khost, di Afghanistan timur. Pangkalan tersebut telah digunakan untuk menampung tim rekonstruksi provinsi yang memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk lokal Afghanistan.

 

3 dari 4 halaman

Risiko Besar Kebijakan Obama?

Taliban mengklaim penyerang itu adalah simpatisan tentara Afghanistan yang meledakkan rompi bahan peledak pada pertemuan dengan pekerja CIA. "Serangan mematikan ini dilakukan oleh seorang anggota tentara Afghanistan yang gagah berani," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada Reuters.

Seorang juru bicara NATO mengatakan pasukan keamanan Afghanistan sedang bekerja di pangkalan itu, tetapi membantah bahwa ada pasukan Afghanistan yang terlibat dalam serangan itu dan tidak ada yang ditempatkan di lokasi tersebut. Tetapi Larry Johnson, seorang konsultan kontra-terorisme dan mantan pejabat CIA, mengatakan antek Taliban bukan tidak mungkin, mencatat bahwa agen Vietnam Utara menyusup ke operasi intelijen AS selama perang Vietnam.

"Saya terkejut kami tidak kehilangan lebih banyak petugas CIA selama delapan tahun terakhir. Ini mungkin akan terjadi lagi," katanya.

Jika penyerang memang anggota tentara Afghanistan, itu menggambarkan risiko besar dalam strategi Obama untuk negara itu, yang mengandalkan pelatihan polisi dan militer Afghanistan untuk mengambil alih tugas keamanan dari pasukan NATO. Infiltrasi akan menimbulkan pertanyaan tentang kesetiaan pasukan Afghanistan, dan menunjukkan kemampuan pemberontak untuk menyerang di dalam instalasi yang dianggap aman.

Obama pada Desember 2009 mengumumkan pengiriman cepat tambahan 30.000 tentara AS ke Afghanistan, menjadikan pasukan Amerika sekitar 100.000 pada musim panas. Jumlah itu tidak termasuk sejumlah besar warga sipil dan kontraktor pemerintah AS yang bekerja dalam pembangunan ekonomi dan peran pelatihan. Selain itu, sejumlah besar kontraktor keamanan swasta dan agen intelijen bekerja di Afghanistan dalam operasi paramiliter, termasuk meluncurkan pesawat tak berawak ke wilayah kesukuan tetangga Pakistan.

4 dari 4 halaman

Rompi Bunuh Diri hingga 10 Korban Tewas

Sejumlah sumber menyebut pelaku adalah Humam Khalil Abu-Mulal Al-Balawi yang dijemput oleh Arghawan, seorang Afghanistan yang merupakan kepala keamanan eksternal di Camp Chapman, di perbatasan antara Miranshah, Pakistan, dan Khost, Afghanistan.

Arghawan mengantarkan Al-Balawi ke Camp Chapman, tiba sekitar pukul 16.30 di hari nahas itu.

Mobil yang mereka tumpangi melewati tiga pos pemeriksaan keamanan tanpa henti sebelum tiba di tujuannya jauh di dalam pangkalan. 16 orang menunggu mobil di dekat sebuah gedung yang didirikan untuk menanyai Al-Balawi.

Al-Balawi keluar dari kendaraan dan meledakkan bahan peledak yang disembunyikan di rompi bunuh dirinya.

Al-Balawi dan sembilan orang lainnya tewas akibat ledakan itu. Tujuh adalah personel CIA: lima petugas, termasuk kepala pangkalan, dan dua kontraktor. Salah satunya adalah seorang perwira intelijen Yordania dan yang lainnya adalah pengemudi Afghanistan.

Enam personel CIA lainnya terluka parah dalam serangan itu, termasuk wakil kepala stasiun Kabul.

Beberapa dari mereka yang terbunuh telah mendekati pelaku untuk menggeledahnya, sementara yang lainnya yang terbunuh berdiri agak jauh. Sedikitnya 13 petugas intelijen berada dalam jarak 50 kaki (20 m) dari Al-Balawi ketika bom meledak.

Setelah serangan itu, pangkalan tersebut diamankan dan 150 sebagian besar pekerja Afganistan ditahan dan ditahan tanpa komunikasi selama tiga hari.

Serangan itu merupakan kemunduran besar bagi operasi badan intelijen di Afghanistan dan Pakistan. Itu adalah kerugian satu hari terbesar kedua dalam sejarah CIA, setelah pengeboman Kedutaan Besar Amerika Serikat tahun 1983 di Beirut, Lebanon, yang menewaskan delapan petugas CIA.

Insiden tersebut menunjukkan bahwa al-Qaeda mungkin tidak selemah yang diperkirakan sebelumnya.

Dalam insiden terpisah pada hari Rabu, dua jurnalis Prancis yang bekerja untuk penyiar televisi publik France Télévisions diculik bersama dengan sopir dan penerjemah mereka.

Sementara reporter Calgary Herald Michelle Lang dan empat tentara Kanada tewas ketika kendaraan lapis baja yang mereka tumpangi diledakkan oleh ranjau darat di Provinsi Kandahar, Afghanistan selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.