Sukses

Rudal Israel Hantam Pedesaan di Suriah Saat Tengah Malam, 3 Orang Tewas

Tiga orang tewas dalam serangan rudal Israel tengah malam yang menargetkan pedesaan ibu kota Suriah, Damaskus.

Liputan6.com, Damaskus - Tiga orang tewas dalam serangan rudal Israel tengah malam yang menargetkan pedesaan ibu kota Suriah, Damaskus.

Hal ini disampaikan oleh seorang pemantau perang di lokasi, dikutip dari laman Xinhua, Rabu (21/10/2022).

Korban tewas adalah agen yang bekerja dengan kelompok Hizbullah Lebanon.

Kelompok ini tinggal tinggal di pedesaan selatan Damaskus, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Rudal Israel ini menargetkan daerah di sekitar bandara internasional Damaskus dan daerah Sayyida Zaynab di selatan Damaskus, kata pengawas yang berbasis di Inggris.

Akibat serangan ini, Israel telah melakukan 32 serangan di Suriah sejak awal tahun 2022.

Sementara itu, tentara Suriah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua tentara terluka akibat serangan rudal Israel.

Serangan ke Bandara Suriah pada September 2022

Sebelumnya, lima tentara tewas oleh serangan rudal Israel di bandara internasional yang berada di ibu kota Damaskus dan lokasi militer di selatan ibu kota pada Jumat tengah malam, kata militer Suriah.

Dikutip dari laman Xinhua, Sabtu (17/9/2022) pertahanan udara Suriah dilakukan lantaran serangan dan upaya menembak jatuh sejumlah rudal Israel.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan serangan itu menargetkan pedesaan Damaskus dan daerah Sayyida Zainab, di mana Hizbullah, sebuah gerakan dan partai Syiah yang berbasis di Lebanon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bandara Aleppo Pernah Diserang

Kementerian transportasi Suriah mengatakan bahwa bahwa bandara internasional kota Aleppo di Suriah utara telah kembali beroperasi setelah serangan udara Israel baru-baru ini. Seperti yang dikutip dari Xinhua, Sabtu (3/9/2022).

Proses perbaikan masih terus dilakukan di bandara Aleppo tetapi berbagai prosedur tambahan tentang keselamatan pendaratan dan lepas landas telah diberlakukan, kata sebuah pernyataan kementerian.

Serangan rudal Israel ditujukan terhadap bandara, serangan itu telah menyebabkan kerusakan pada bagian landasan pacunya. 

Bandara ibukota Damaskus juga terkena pada hari yang sama tetapi serangan itu tidak menyebabkan penghentian penerbangan.

Pada bulan Juni lalu, Israel juga meluncurkan serangan rudal ke bandara Damaskus sehingga bandara tersebut tidak beroperasi selama dua minggu. 

Serangan ini terhitung sebagai serangan kedua sejak Juni ketika serangan udara Israel di landasan pacu membuatnya tidak dapat digunakan selama dua pekan.

Sebuah sumber diplomatik regional mengatakan serangan itu menandai pergeseran penargetan Israel. “Mereka mulai menyerang infrastruktur yang digunakan oleh Iran untuk pasokan amunisi ke Lebanon,” kata sumber itu.

3 dari 4 halaman

Serangan Israel Membuat Landasan Pacu Bandara Suriah Rusak

Serangan Israel yang menarget bandara Suriah membuat lubang di landasan pacu, dan juga merusak jalanan beraspal dan sebuah struktur di sisi militer bandara itu. Itulah salah satu kesimpulan kantor berita Associated Press, Jumat (2/9), berdasarkan hasil analisis foto-foto satelit.

Serangan yang terjadi pada Rabu malam di Bandara Internasional Aleppo itu terjadi hanya beberapa bulan setelah serangan Israel sebelumnya menghancurkan landasan pacu di bandara utama negara itu di ibu kota, Damaskus, terkait pengiriman senjata Iran ke negara itu.

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, mengakui terjadinya serangan itu, Rabu, tanpa memberikan rincian tentang kerusakan atau apa yang menjadi sasaran, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (3/9/2022).

Foto-foto satelit yang diambil padaKamis oleh Planet Labs PBC menunjukkan sejumlah kendaraan berkumpul di sekitar lokasi salah satu serangan di bandara, dekat tepi barat landasan pacu satu-satunya. Serangan itu merobek landasan pacu, serta memicu kebakaran rumput di lapangan terbang itu.

Di sebelah selatan landasan pacu yang rusak, tepatnya di sisi militer bandara itu, puing-puing berserakan setelah serangan lain menghantam sebuah benda di jalanan beraspal dan struktur lainnya.

Suriah, seperti banyak negara Timur Tengah, memiliki bandara untuk penggunaan ganda yaitu sipil dan militer. Penerbangan di bandara telah terganggu akibat serangan-serangan itu.

4 dari 4 halaman

3 Tentara Suriah Tewas dalam Serangan Udara Israel di Damaskus

Tiga orang tentara Suriah tewas dalam serangan rudal Israel yang menargetkan situs militer di Damaskus pada tengah Rabu tengah malam.

Sementara itu, kantor berita negara Suriah SANA mengatakan bahwa serangan ini terjadi sebelum fajar pada Kamis (24/2/2022).

Serangan Israel memicu pertahanan udara dari Suriah, yang mencegat sebagian besar rudal Israel, kata SANA, mengutip sumber militer tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dikutip dari laman Xinhua, Kamis (24/2/2022) serangan itu terjadi hanya sekitar sehari setelah Israel menyerang situs militer Suriah di provinsi selatan Quneitra yang juga menyebabkan kerusakan.

Pada 16 Februari, Israel melakukan serangan rudal serupa terhadap titik-titik di selatan Damaskus, yang mengakibatkan kerusakan material tetapi tidak ada korban jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.