Sukses

Bukan Tanggal Lahir Yesus, Ini Alasan Natal Dirayakan Setiap 25 Desember

Alasan sebenarnya mengapa natal dirayakan setiap 25 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, kebanyakan orang Kristiani merayakan Natal pada tanggal 25 Desember. Namun mengingat tanggal lahir Yesus Kristus tidak diketahui secara pasti, mengapa hari ini dipilih? 

Dilansir Live Science, Senin (12/12/2022), ada dua teori utama mengapa Natal dirayakan pada tanggal 25 Desember. Salah satunya, kadang-kadang disebut hipotesis "sejarah agama", menunjukkan bahwa Natal menggantikan satu atau lebih hari raya Nasrani. 

Teori lain, yang sering disebut hipotesis "perhitungan", menunjukkan orang Kristen mula-mula menggunakan suatu bentuk perhitungan untuk sampai pada 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus.  Faktanya, kedua teori itu mungkin benar. 

"Kedua hipotesis itu tidak saling eksklusif," ungkap Carl Nothaft, seorang rekan di Universitas Oxford's All Souls College, yang penelitiannya melihat sejarah astronomi dan kronologi.

Nothaft telah meneliti dan menulis tentang tanggal Natal. Sebenarnya, tidak jelas kapan dan mengapa beberapa orang Kristen mulai merayakan kelahiran Yesus pada 25 Desember. 

Catatan kuno menunjukkan, pesta yang didedikasikan untuk Sol Invictus, dewa matahari, diadakan di Kekaisaran Romawi pada 25 Desember, meningkatkan kemungkinan bahwa Natal menggantikannya. Ada juga festival pagan bernama Saturnalia pada pertengahan Desember yang diadakan selama beberapa hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendeteksi Pergerakan Matahari

25 Desember juga merupakan "tanggal di mana pengamat Belahan Bumi Utara pertama kali dapat mendeteksi pergerakan matahari ke utara " setelah titik balik matahari musim dingin, David Allen, seorang astronom di Anglo-Australian Observatory, menulis dalam sebuah artikel tahun 1992 yang diterbitkan dalam jurnal Archaeoastronomy.

Deteksi gerakan ini dapat menjelaskan mengapa festival diadakan pada tanggal ini, kata Allen.

3 dari 4 halaman

Teori Lainnya

Teori lainnya, hipotesis perhitungan, didasarkan pada gagasan bahwa orang Kristen mula-mula menghitung hari lahir Yesus dengan menambahkan sembilan bulan pada hari yang mereka anggap sebagai konsepsi Yesus.

Satu kemungkinan adalah bahwa beberapa orang Kristen mula-mula percaya bahwa hari penyaliban Yesus terjadi pada tanggal 25 Maret dan mereka menambahkan sembilan bulan hingga 25 Desember.

Ini berarti bahwa orang Kristen mula-mula menganggap tanggal penyaliban Yesus sebagai tanggal pembuahan, kata Bradshaw.

Salah satu bukti untuk hipotesis ini adalah prasasti abad ketiga pada sebuah patung yang memberikan perhitungan kapan Paskah harus dirayakan dan memiliki prasasti di atasnya yang mencatat bahwa Yesus disalibkan pada tanggal 25 Maret tahun 29, tulis Bradshaw dalam artikelnya.

4 dari 4 halaman

Penghitungan Tanggal Natal

Masalah dengan hipotesis perhitungan adalah bahwa tidak jelas mengapa orang Kristen mula-mula mengaitkan 25 Maret sebagai tanggal penyaliban dan pembuahan Yesus, tulis Bradshaw. 

"Ada ketidakpastian di sekitar kedua teori, tapi menurut saya hipotesis perhitungan memiliki sedikit keunggulan," kata Bradshaw.

Mungkin saja kedua teori itu benar, kata Nothaft. 

"Saya cenderung menerima bahwa tradisi penanggalan kelahiran Kristus hingga 25 Desember berakar setidaknya pada awal abad ke-3," katanya. 

"Jika demikian, beberapa versi hipotesis perhitungan, bersama dengan simbolisme matahari Kristen, menawarkan penjelasan terbaik mengapa tradisi ini berasal."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.