Sukses

Joe Biden Punya Peran Penting di Balik Bebasnya Eks Atlet Basket Brittner Griner

Liputan6.com, Moskow - Amerika Serikat dan Rusia telah bertukar tahanan, yakni bintang bola basket AS Brittney Griner yang dipenjara dengan pedagang senjata terkenal Viktor Bout, yang ditahan di penjara Amerika selama 12 tahun.

Dilansir BBC, Jumat (9/12/2022), Presiden Joe Biden mengatakan Griner aman dan berada di pesawat pulang dari Uni Emirat Arab.

"Saya senang mengatakan Brittney dalam semangat yang baik... dia membutuhkan waktu dan ruang untuk pulih," katanya di Gedung Putih.

Bout, yang dikenal luas sebagai "pedagang kematian" - telah tiba kembali di Moskow, lapor media Rusia.

"Di tengah malam mereka membangunkan saya dan berkata 'Bereskan barang-barang Anda' dan hanya itu," kata Bout dalam sambutan singkat kepada seorang reporter dari televisi nasional, setelah mendarat di Rusia.

Bout dilaporkan turun dari tangga pesawat membawa karangan bunga sebelum memeluk ibu dan istrinya.

Sementara Griner ditangkap di bandara Moskow pada Februari karena memiliki minyak ganja dan bulan lalu dia dikirim ke penjara.

Pemerintahan Biden mengusulkan pertukaran tahanan pada Juli, menyadari bahwa Moskow telah lama meminta pembebasan Bout.

Pertukaran yang rumit melibatkan dua pesawat pribadi yang membawa pasangan itu ke bandara Abu Dhabi dari Moskow dan Washington, dan kemudian menerbangkan mereka pulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Joe Biden

Rekaman di media pemerintah Rusia menunjukkan mereka menyeberang di aspal dengan tim masing-masing. 

Dalam video tersebut, yang tampaknya disediakan oleh dinas keamanan Rusia, Bout disambut hangat oleh dua pejabat Rusia saat Griner, yang tingginya 6 kaki 9 inci (206 cm), melihatnya. 

Bagian dari swap kemudian diedit sebelum kedua pihak berpisah.

"Warga Rusia telah dikembalikan ke tanah airnya," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

Berbicara di Oval Office, istri Brittney Griner, Cherelle memuji upaya pemerintahan Biden dalam mengamankan pembebasannya: "Saya hanya berdiri di sini dengan emosi."

3 dari 4 halaman

Proses Mediasi

Menurut pernyataan bersama Saudi-UEA, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman memainkan peran utama dalam upaya mediasi, bersama dengan Presiden UEA Mohammed bin Zayed al-Nahyan.

Pewaris tahta Saudi memiliki hubungan baik dengan Vladimir Putin dari Rusia dan pada bulan September dia membantu mengoordinasikan pertukaran kompleks ratusan tahanan yang ditahan oleh Rusia dan Ukraina.

Namun Gedung Putih membantah adanya mediasi yang terlibat. 

"Satu-satunya negara yang menegosiasikan kesepakatan ini adalah Amerika Serikat dan Rusia," kata sekretaris pers Karine Jean-Pierre.

4 dari 4 halaman

Pembebasan Bout

Ketika negosiasi mulai mengamankan pembebasan Griner selama musim panas, AS menjelaskan bahwa mereka menginginkan mantan marinir Paul Whelan untuk dimasukkan dalam pertukaran.

Pengacara Bout, Alexei Tarasov, mengatakan kepada TV Rusia bahwa sejak awal AS menginginkan dua warganya dikembalikan, dan kementerian luar negeri Rusia mengeluh bahwa "Washington dengan tegas menolak untuk terlibat dalam dialog".

Tetapi menjadi jelas bahwa Whelan, yang dipenjara pada tahun 2018 karena dicurigai sebagai mata-mata, tidak akan menjadi bagian dari pertukaran Rusia, menghancurkan harapan keluarganya.

Paul Whelan mengatakan kepada CNN bahwa dia "sangat kecewa" karena belum ada tindakan yang dilakukan untuk membebaskannya, karena dia tidak melakukan kejahatan: "Saya tidak mengerti mengapa saya masih duduk di sini," katanya.

Presiden Biden akhirnya menandatangani perintah pembebasan Bout, meringankan hukuman penjara 25 tahunnya, sebagai pertukaran langsung dengan Griner.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS