Sukses

Pesawat Tersangkut Tiang Listrik di Maryland, 2 Orang Dievakuasi

Liputan6.com, Annapolis - Dua orang dikeluarkan dari sebuah pesawat kecil, Senin pagi di Maryland, AS, beberapa jam setelah mereka menabrak kabel listrik yang mengakibatkan pemadaman di daerah sekitarnya.

Kepala Pemadam Kebakaran Daerah Montgomery Scott Goldstein mengatakan pesawat diamankan dari tiang listrik pada pukul 12:16 waktu setempat. Sementara penumpang pertama dikeluarkan dari pesawat pada pukul 12:25, penumpang kedua keluar pada pukul 12:36. Mereka diselamatkan dari pesawat yang terjebak sekitar 100 kaki (30 meter) di atas tanah.

Goldstein mengatakan, penumpang itu diidentifikasi oleh Kepolisian Negara Bagian Maryland sebagai pilot Patrick Merkle (65 tahun) dari Washington D.C. dan penumpang Jan Williams (66 tahun) dari Louisiana, dikutip dari AP News, Senin (28/11/2022). 

Dia mengatakan, kedua pria itu menderita "luka serius" dan hipotermia akibat kecelakaan pesawat itu. Kedua pria tersebut telah dibawa ke pusat trauma lokal dengan luka yang tidak mengancam jiwa, kata Goldstein.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat bermesin tunggal yang telah berangkat dari White Plains, New York, menabrak menara saluran listrik di dekat Montgomery County Airpark di Gaithersburg sekitar pukul 17:40 pada Minggu.

Pete Piringer, kepala juru bicara untuk Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Montgomery County, menyebutkan di Twitter bahwa orang-orang di dalamnya tidak terluka dan penyelamat telah mengevakuasi mereka. Dia sebelumnya mengatakan dalam sebuah pesan video, bahwa ada tiga orang di pesawat itu, tetapi kemudian mengklarifikasi bahwa bahwa hanya ada dua orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Proses Evakuasi

Goldstein mengatakan bahwa kontraktor utilitas pertama-tama bekerja untuk mematikan kabel tegangan tinggi agar aman bagi penyelamat untuk bekerja. Petugas pemadam kebakaran kemudian menggunakan truk ember atau derek untuk membuat pesawat stabil dengan merantai atau mengikatnya ke menara.

Setelah pesawat lebih stabil, kata Goldstein, tim penyelamat menggunakan derek atau truk ember untuk menurunkan kedua orang tersebut. Dia mengatakan, penyelamat secara berkala menghubungi mereka melalui ponsel untuk memastikan kondisinya.

FAA mengidentifikasi pesawat itu sebagai Mooney M20J.

Berdasarkan video yang beredar, diketahui sebuah pesawat putih kecil terbang di dekat menara listrik. Sementara itu, siaran langsung stasiun televisi lokal menunjukkan sebuah pesawat terjebak di menara transmisi sejak Minggu malam.

 

3 dari 4 halaman

Jaringan Listrik Terputus

Utilitas Pepco melaporkan bahwa sekitar 120.000 pelanggan terputus dari jaringan listrik di Montgomery County akibat kecelakaan itu. Pada saat penyelamatan, sebagian besar listrik telah dipulihkan ke daerah tersebut, di luar lokasi kecelakaan.

Goldstein mengatakan, langkah selanjutnya adalah mengamankan pesawat, melepasnya dan kemudian kabel listrik akan dipasang kembali dan dihubungkan kembali.

Piringer mengatakan, sekolah Montgomery County mengumumkan bahwa sekolah ditutup pada hari Senin.

Kecelakaan itu terjadi di Gaithersburg, sebuah kota berpenduduk 69.000 orang sekitar 24 mil (39 kilometer) barat laut Washington D.C.

Penyebab kecelakaan itu masih belum jelas. FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional sedang menyelidiki apa yang terjadi.

4 dari 4 halaman

Pesawat KF-16 Milik Korea Selatan Jatuh

Sementara itu, minggu lalu kecelakaan pesawat juga terjadi di Korea Selatan. Pesawat tempur KF-16 milik Korea Selatan mengalami kecelakaan pada Minggu (20/11). Pihak militer Korea Selatan berkata pesawat mengalami masalah mesin ketika misi penerbangan.

Berdasarkan laporan Yonhap, Senin (21/11/2022), pilot itu sedang terbang di Wonju pada jam 20.05 malam waktu setemoat ketika insiden terjadi. Wonju berada di sebelah barat Seoul ketika insiden terjadi.

Pilot pesawat tempur berhasil melakukan ejection dan selamat. Pilot itu merupakan bagian dari unit 19th Fighter Wing di Korea Selatan.

Pada foto yang ditayangkan Yonhap, tampak sebuah parasut berwarna merah hijau dan putih yang tersangkut di pohon area pegunungan. Parasut itu digunakan pilot untuk menyelamatkan diri.

Parasut itu berada di Yangpyeong yang berada 45 kilometer di timur Seoul.

Angkatan Udara Korea Selatan memilih hemat bicara terkait insiden ini. Mereka hanya menegaskan bahwa pilotnya selamat.

 

Penulis: Safinatun Nikmah.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS