Sukses

Belgia Kalah 2-0 dari Maroko pada Piala Dunia 2022, Penggemar Ngamuk di Jalanan Brussel

Liputan6.com, Abi Dhabi - Polisi menutup sebagian pusat kota Brussel, mengerahkan meriam air dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa pada Minggu kemarin.

Menyusul kekerasan selama dan setelah kemenangan 2-0 Maroko atas Belgia di Piala Dunia, dikutip dari Al Jazeera, Senin (28/11/2022).

Puluhan perusuh membakar sebuah mobil, membakar skuter listrik, dan melempari mobil dengan batu bata.

Juru bicara polisi Ilse Van de Keere mengatakan beberapa suporter dipersenjatai dengan tongkat dan seorang wartawan "terluka di wajahnya akibat serangan kembang api".

Walikota Brussels Philippe Close mendesak orang untuk menjauh dari pusat kota dan mengatakan bahwa pihak berwenang melakukan yang terbaik untuk menjaga ketertiban di jalan-jalan.

Bahkan lalu lintas kereta bawah tanah dan trem harus dihentikan oleh perintah polisi.

“Saya mengutuk keras insiden sore ini. Polisi sudah turun tangan dengan tegas. Oleh karena itu, saya menyarankan agar para penggemar tidak datang ke pusat kota. Polisi melakukan semua yang mereka bisa untuk menjaga ketertiban umum,” cuit Close.

"Saya telah memerintahkan polisi untuk melakukan penangkapan terhadap pembuat onar."

Sekitar 100 petugas polisi dikerahkan, tetapi tidak jelas berapa banyak orang yang ditangkap selama kerusuhan itu. Sementara itu, stasiun metro ditutup dan jalan-jalan ditutup untuk membatasi penyebaran kekerasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kerusuhan di Wilayah Lain

Polisi di negara tetangga Belanda mengatakan kekerasan meletus di kota pelabuhan Rotterdam, dengan petugas anti huru hara berusaha membubarkan sekelompok 500 pendukung sepak bola yang melempari polisi dengan kembang api dan kaca. Media melaporkan kerusuhan di ibu kota Amsterdam dan Den Haag.

Suasana Belgia sangat kontras dengan Maroko, di mana orang-orang tumpah ruah ke jalan-jalan Rabat untuk perayaan spontan yang mencakup tarian, nyanyian, dan pengibaran bendera Maroko, sementara para pengemudi membunyikan klakson saat melewati jalan.

Kemenangan Maroko melawan Belgia (peringkat kedua di dunia oleh FIFA) merupakan kekecewaan besar di Piala Dunia dan dirayakan dengan antusias oleh para penggemar dengan akar imigran Maroko di banyak kota Belgia.

Dua gol dari pemain pengganti Abdelhamid Sabiri dan Zakaria Aboukhlal di babak kedua menghasilkan kemenangan ketiga Atlas Lions di Piala Dunia.

Belgia tertinggal satu poin dan sekarang membutuhkan angka saat melawan Kroasia agar bisa maju sebagai salah sati perwakilan Grup F.

3 dari 4 halaman

Klasemen Grup F Piala Dunia 2022: Kroasia ke Puncak

Kroasia menaklukkan Kanada 4-1 pada persaingan Grup F Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

Hasil pertandingan yang disiarkan langsung SCTV, Moji, dan juga dapat disaksian melalui siaran streaming Vidio serta jaringan televisi satelit NEX Parabola ini memberi makna berbeda bagi dua tim. 

Masuk final Piala Dunia pada edisi sebelumnya, Kroasia masih memiliki kesempatan menyamai atau bahkan melampaui torehan di Rusia. Pasalnya, mereka kini memuncaki klasemen sementara. Dengan perolehan empat poin, Kroasia unggul produktivitas gol atas Maroko yang memiliki nilai sama. 

Sementara Kanada bernasib sama seperti tuan rumah Qatar. Wakil CONCACAF itu dipastikan tersingkir karena gagal mendulang poin dari dua partai yang sudah dijalani. Kanada sebelumnya takluk 0-1 dari Belgia. 

Kroasia bakal terlibat duel penentu melawan Belgia, Kamis (1/12/2022), dengan Kanada bersua Maroko pada waktu bersamaan.

4 dari 4 halaman

Gol Kilat Alphonso Davies

Alphonso Davies mencetak gol tercepat pada Piala Dunia Qatar dengan merobek gawang Kroasia saat laga berusia 68 detik. Torehan tersebut pun menumbuhkan keyakinan mereka.

Namun, Kroasia perlahan menggunakan kualitas mereka untuk menguasai laga. Marko Livaja menguji kiper Milan Borjan usai meneruskan umpan Mateo Kovacic.

Andrej Kramaric mengira sudah menyamakan kedudukan setelah menyelesaikan penetrasi di sisi kiri pertahanan Kanada. Namun golnya dianulir karena offside.

Lareya kembali menguji kiper Kanada, sebelum gol penyama kedudukan akhirnya tiba. Kramaric memaksimalkan sodoran Ivan Perisic pada menit ke-36. Livaja lalu membawa Kroasia balik unggul lewat golnya di menit ke-44.

Kanada kembali mengancam di awal babak. Jonathan Osorio melepas tembakan yang membayakan gawang Dominik Livakovic. Ini adalah usaha pertama Kanada sejak memimpin. 

Kroasia membalas melalui Kramaric yang menguji refleks Borjan bekerja. Selanjutnya kesempatan jatuh ke pihak Kanada lewat Jonathan David.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS