Sukses

Susah Berhenti Merokok? Lakukan 11 Cara Ini dengan Konsisten

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu penyakit yang menjadi ancaman bagi seorang perokok berat adalah kanker paru-paru. Sebab, setiap isapan rokok mengandung banyak racun yang masuk dalam tubuh.

Organ yang paling terancam akibat merokok adalah paru-paru. Bagi perokok berat yang sudah berencana untuk berhenti merokok, Anda bisa menggunakan sejumlah cara ini.

Jika Anda berniat dan berjanji untuk tidak merokok, maka sejumlah cara ini bisa Anda lakukan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

Seperti dikutip dari laman Brighside.me, Rabu (27/11/2022), berikut 11 jurus jitu agar berhenti merokok sekarang juga:

1. Tentukan secara jelas kapan Anda akan benar-benar berhenti merokok. Buat perjanjian dengan diri Anda sendiri. Jikapun Anda ingin merokok maka tentukan kapan waktu yang tepat. Seperti saat sedang stress akibat pekerjaan dan sebagainya, itupun juga harus dibatasi.

2. Bersihkan rumahmu. Buang semua asbak, korek api, dan rokok yang Anda miliki. Jika ada orang yang merokok yang tinggal bersama Anda dan tidak akan menyerah, mintalah mereka untuk menghargai pilihan Anda dan cobalah untuk tidak merokok ketika mereka berada di dekat Anda.

3. Jika ada hasrat untuk merokok, maka segeralah ambil segelas air lalu minum.

4. Kurangi konsumsi kopi dan minuman manis lainnya. Sebab, Anda terbiasa minum kopi dengan rokok.

5. Beri tahu teman atau pengikut di media sosial. Ini akan jadi motivasi Anda dan teman menjadi saksi keputusan Anda. Jika melanggar, tentu ada rasa malu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Coba tantang diri Anda untuk tidak membawa rokok kemana pun Anda pergi. Misalnya saat pergi ke luar kota Anda meninggalkan rokok di rumah dan tidak membawanya sama sekali.

7. Kunjungi rumah sakit terdekat tempat orang dengan kanker paru-paru. Tanyakan apa pendapat mereka tentang merokok. Pengalaman itu akan mengejutkan Anda.

8. Habiskan dana membeli rokok untuk mengonsumsi beenda yang bermanfaat. Buah-buahan atau makanan lain.

9. Jika Anda merasa tidak tahan dan ingin merokok, maka bisa langsung gosok gigi atau kumur-kumur dengan air dingin. Atau Anda bisa minum segelas susu.

10. Cobalah untuk mengunyah permen karet tiap kali Anda ingin merokok. Ini akan membuat otak Anda teralihkan.

11. Ini adalah metode lain yang efektif tetapi aneh. Saat Anda ingin merokok, cium sesuatu yang menjijikkan. Jika Anda melakukan ini secara teratur, maka segera, keinginan untuk merokok akan dikaitkan dengan rasa jijik.

3 dari 4 halaman

WHO Ungkap Fakta Bahwa Rokok Merusak Lingkungan

Di Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 31 Mei 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengungkapkan informasi baru tentang sejauh mana rokok merusak lingkungan dan kesehatan manusia.

WHO juga menyerukan langkah-langkah untuk membuat industri lebih bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkannya.

Setiap tahun, industri tembakau merugikan dunia lebih dari 8 juta nyawa manusia, 600 juta pohon, 200.000 hektar lahan, 22 miliar ton air dan 84 juta ton CO2 atau karbon dioksida.

Mayoritas tembakau ditanam di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, di mana air dan lahan pertanian seringkali sangat dibutuhkan untuk menghasilkan makanan bagi wilayah tersebut.

Sebaliknya, mereka digunakan untuk menanam tanaman tembakau yang mematikan, sementara semakin banyak lahan yang dibuka dari hutan.

Laporan WHO “Tobacco: Poisoning our planet” menyoroti bahwa jejak karbon industri dari produksi, pemrosesan, dan pengangkutan tembakau setara dengan seperlima CO2 yang dihasilkan oleh industri penerbangan komersial setiap tahun, yang selanjutnya berkontribusi pada pemanasan global.

“Produk tembakau adalah barang yang paling banyak berserakan di planet ini, mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia beracun, yang masuk ke lingkungan kita saat dibuang. Sekitar 4,5 triliun filter rokok mencemari lautan, sungai, trotoar kota, taman, tanah, dan pantai kita setiap tahun,” kata Dr Ruediger Krech, Direktur Promosi Kesehatan di WHO mengutip keterangan pers Selasa (31/5/2022).

4 dari 4 halaman

Polusi Plastik

Produk seperti rokok, tembakau tanpa asap, dan rokok elektrik juga menambah penumpukan polusi plastik. Filter rokok mengandung mikroplastik dan merupakan bentuk polusi plastik tertinggi kedua di dunia.

Terlepas dari pemasaran industri tembakau, tidak ada bukti bahwa filter memiliki manfaat kesehatan bagi pengguna rokok.

WHO meminta para pembuat kebijakan untuk mengatur dan melarang penggunaan filter rokok guna melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Biaya membersihkan produk tembakau yang berserakan menjadi beban pembayar pajak, bukan industri yang menciptakan masalah. Setiap tahun, China menelan biaya sekitar 2,6 miliar dolar AS dan India sekitar 766 juta dolar AS. Biaya untuk Brasil dan Jerman mencapai lebih dari USD 200 juta.

Negara-negara seperti Prancis dan Spanyol dan kota-kota seperti San Francisco, California di AS telah mengambil sikap. Mengikuti Prinsip Pencemar Membayar, mereka telah berhasil menerapkan "undang-undang tanggung jawab produsen yang diperluas" yang membuat industri tembakau bertanggung jawab untuk membersihkan polusi yang diciptakannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS