Sukses

Awas, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bahaya bagi Tubuh Anda

Kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari berbahaya bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita adalah mesin luar biasa yang kita andalkan setiap hari. Namun, terkadang kita tanpa sadar melakukan hal-hal yang berdampak negatif terhadap kesehatan bahkan berdampak buruk bagi kita.

Dilansir dari laman Bright Side, Senin (7/11/2022), berikut adalah sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari bisa membawa dampak buruk bagi kita:

1. Tidur Miring ke Kanan

Banyak dari kita suka tidur miring. Namun, ternyata tidur di sisi kanan menyabotase fungsi sistem pencernaan, terutama bagi mereka yang berjuang dengan sakit maag.

Karena perut kita terletak di sisi kiri tubuh, tidur di sisi kiri memudahkan menghubungkan otot antara perut dan kerongkongan, atau pipa makanan, yang membantu mengontrol proses refluks asam. Ini bertentangan dengan tidur di sebelah kanan, yang membuat organ tersebut rileks.

2. Memilih Tisu Basah daripada Cuci Tangan

Penggunaan tisu antibakteri sedang meningkat. Namun, disarankan agar Anda memilih metode cuci tangan tradisional menggunakan sabun dan air selama 60 detik.

Ini karena tisu basahmeninggalkan residu pada kulit. Ditambah lagi, tisu basah tidak menghapus semua mikroba dan bakteri. Dan karena alkohol adalah zat pengering, alkohol juga dapat mengiritasi kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menyimpan Ponsel di Saku Celana

Sebagian besar dari kita membawa ponsel kita setiap saat. Tapi kita mungkin tidak menyadari bahwa menyimpan ponsel kita di saku depan celana kita dapat mempengaruhi sistem reproduksi kita.

Sebuah studi baru menemukan bahwa ketika pria menyimpan ponsel mereka di saku depan, itu dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma mereka.

3 dari 4 halaman

4. Terlalu Percaya dengan Smartwatch

Jam tangan pintar seharusnya menjadi andalan di masa depan. Anda memakainya di pergelangan tangan Anda, dan mereka memberi tahu Anda berapa banyak langkah yang telah Anda ambil, berapa banyak tangga yang telah Anda naiki, dan berapa banyak tidur yang Anda miliki. Mereka dapat melacak latihan dan detak jantung juga.

Masalahnya adalah alat ini tidak akurat dalam mengukur tingkat pengeluaran energi yang lebih rendah, seperti berjalan kaki atau pekerjaan rumah tangga. Tetapi ini tidak berarti bahwa mereka tidak berguna. Bahkan, mereka dapat memotivasi Anda untuk tetap sehat dan lebih banyak bergerak. 

4 dari 4 halaman

5. Minum Kopi di Pagi Hari

Banyak dari kita menikmati secangkir kopi di pagi hari. Namun, minum kopi di pagi hari bisa berbahaya karena tubuh kita memproduksi kortisol tingkat tinggi pada waktu itu. Minum kopi selama tubuh kita memproduksi kortisol tingkat tinggi dapat lebih meningkatkan kadar hormon stres, yang mengarah ke masalah kesehatan lainnya dari waktu ke waktu.

Karena kadar kortisol tinggi 3 kali sehari, kafein harus dikonsumsi antara pukul 10 pagi hingga siang hari, dan antara pukul 2 siang hingga 5 sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.