Sukses

Komisi PBB Laporkan Kejahatan Perang Rusia di Ukraina, Moskow Terus Membantah

Komisi PBB melaporkan adanya kejahatan perang di Ukraina.

Liputan6.com, Moskow - Terpidana pembunuh dan pengedar narkoba yang baru saja meninggalkan penjara di Rusia menghadapi wajib militer untuk berperang di Ukraina di bawah perubahan undang-undang.

Dilansir BBC, Sabtu (5/11/2022), Presiden Vladimir Putin mengubah undang-undang tentang memanggil pasukan cadangan untuk memasukkan orang-orang yang dihukum karena kejahatan serius yang baru saja meninggalkan penjara. Mantan narapidana yang dihukum karena kejahatan seks terhadap anak atau terorisme masih dikecualikan dari hukuman.

Sementara itu, tentara Rusia telah dituduh melakukan kejahatan selama invasi ke Ukraina. 

Komisi Penyelidikan Internasional Independen tentang Ukraina, yang dibentuk oleh PBB, melaporkan pada bulan September bahwa kejahatan perang telah dilakukan oleh pasukan Rusia termasuk eksekusi singkat terhadap warga sipil dan tindakan "kekerasan berbasis gender seksual" oleh "beberapa" tentara.

Ukraina sendiri mengatakan telah mengidentifikasi puluhan ribu kemungkinan kejahatan perang oleh pasukan Rusia. Namun Rusia membantah sengaja menyerang warga sipil dan menuduh pasukan Ukraina menargetkan warga sipil di wilayah yang dikuasai separatis negara itu dengan artileri, yang dibantah Ukraina.

Komisi PBB mengatakan telah menemukan "dua contoh perlakuan buruk terhadap tentara Federasi Rusia oleh tentara Ukraina" tetapi jumlah tuduhan kejahatan perang terhadap Rusia "jelas jauh lebih besar".

Pada bulan September, muncul laporan bahwa kelompok tentara bayaran Wagner merekrut tahanan untuk berperang di Ukraina dengan imbalan hukuman mereka diringankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hukum Rusia

Hukum Rusia tidak mengizinkan pengurangan hukuman penjara dengan imbalan layanan tentara bayaran tetapi kepala Wagner Yevgeny Prigozhin difilmkan memberi tahu para tahanan "tidak ada yang kembali ke balik jeruji" jika mereka melayani bersama kelompoknya.

Pada hari Jumat, Wagner membuka kantor pusat resmi pertamanya di Rusia, di kota St Petersburg.

Presiden Putin mengumumkan bahwa sekitar 49.000 dari sekitar 300.000 tentara cadangan yang dipanggil sejak September telah dikerahkan ke unit-unit yang bertugas di Ukraina. Dia mengatakan kepada sekelompok pria dan wanita muda dari gerakan yang dikendalikan Kremlin yang disebut Front Populer bahwa "sekitar 50.000" sukarelawan juga telah mendaftar.

3 dari 4 halaman

Pasukan Rusia Gagal?

Pakar militer di Barat dan Ukraina mengatakan keputusan Putin untuk memanggil pasukan cadangan menunjukkan bahwa pasukan Rusia gagal total di medan perang di Ukraina.

Ribuan pria Rusia yang menentang perang telah meninggalkan negara itu sejak panggilan itu diumumkan.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, ribuan warga sipil dan kombatan telah terbunuh atau terluka, kota-kota besar telah hancur dalam pertempuran, dan hampir 7,8 juta warga Ukraina telah terdaftar sebagai pengungsi di Eropa, dengan 2,8 juta di antaranya berada di Rusia.

4 dari 4 halaman

Komandan Pasukan Rusia di Ukraina Mengaku Merasa Tertekan Akibat Perang

Komandan pasukan Rusia yang bertugas di Ukraina membuat pengakuan langka. Mereka merasa tekanan atas apa yang mereka alami dari serangan Ukraina.

Tekanan itu datang saat mereka diminta untuk bisa merebut kembali wilayah selatan dan timur Ukraina.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.