Sukses

Jair Bolsonaro Baru Bicara Setelah Pengumuman Pemilu, Tak Akui Hasilnya Secara Terbuka

Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro baru berbicara kepada publik sejak pengumuman pemilu.

Liputan6.com, Brasilia - Presiden sayap kanan Brasil, Jair Bolsonaro, telah memecah keheningan yang dia pertahankan sejak dikalahkan dalam pemilihan presiden atau pemilu hari Minggu.

Dilansir BBC, Rabu (2/11/2022), ia berterima kasih kepada pemilih yang telah memberikan suara mereka untuknya tetapi tidak mengakui kekalahannya.

Tetapi dia juga tidak menentang hasilnya, karena beberapa orang khawatir dia akan melakukannya.

Kepala stafnya, Ciro Nogueira, berbicara setelah pernyataan singkat Bolsonaro yang mengatakan bahwa "proses transisi" kekuasaan akan dimulai.

Meskipun Bolsonaro sendiri tidak mengakui kekalahan dengan kata-katanya sendiri, Mahkamah Agung Brasil merilis sebuah pernyataan tak lama setelah pidatonya yang mengatakan bahwa dengan mengesahkan transisi kekuasaan, dia telah mengakui hasil pemilihan.

Pernyataan-pernyataan agresif dari Bolsonaro - seperti bahwa "hanya Tuhan" yang bisa memecatnya dari jabatannya - berarti bahwa ada penantian yang menegangkan baginya untuk tampil di depan umum. 

Sebelum pemilihan, dia juga berulang kali melontarkan keraguan yang tidak berdasar pada sistem pemungutan suara.

Ketika dia akhirnya muncul di depan umum, 44 jam setelah hasil pemilu diumumkan, pernyataan Bolsonaro hanya berlangsung dua menit dan dia tidak menjawab pertanyaan apa pun dari para wartawan yang berkumpul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Bolsonaro

Dalam pesan yang ditujukan kepada para pendukungnya, Bolsonaro mengatakan bahwa "impian kami terus hidup seperti biasa".

Dia mengulangi nilai-nilai yang dia katakan diperjuangkan olehnya dan partainya - "Tuhan, tanah air, keluarga dan kebebasan" - dan bersikeras bahwa dia akan terus berjuang untuk "ketertiban dan kemajuan", seperti kata-kata yang terpampang di bendera Brasil.

Dia sama sekali tidak menyebut Luiz Inácio Lula da Silva, saingan beratnya yang mengalahkannya dengan tipis pada hari Minggu. 

Sementara itu, bertentangan dengan tradisi, Bolsonaro masih belum memanggil orang yang mengalahkannya dalam pemilihan.

3 dari 4 halaman

Pendukung Bolsonaro Tak Terima

Pendukung garis keras Bolsonaro - yang menolak untuk menerima bahwa dia kalah - telah mendirikan ratusan penghalang jalan di semua kecuali dua negara bagian Brasil. 

Dalam pidatonya, Bolsonaro menyebut mereka sebagai "gerakan populer saat ini" dan mengatakan mereka adalah "buah kemarahan dan rasa ketidakadilan tentang bagaimana proses pemilihan berlangsung".

Ia juga kerap menyinggung rivalnya dengan mengucapkan bahwa metode yang ia gunakan bersama pendukungnya berebeda dengan kaum kiri, yang ia anggap selalu merugikan masyarakat. 

 

4 dari 4 halaman

Pendukung Bolsonaro Mengganggu

Ketua Mahkamah Agung Brasil, Alexandre de Moraes, sebelumnya mengatakan pada hari Selasa bahwa penghalang jalan itu menimbulkan "risiko bagi keamanan nasional" dan memerintahkan agar mereka dibersihkan.

Tetapi polisi yang telah berjuang untuk menyingkirkan mereka semua, harus berhadapan dengan lebih dari 250 orang yang masih di tempat.

Penyumbatan tersebut menyebabkan gangguan yang cukup besar dan mempengaruhi rantai pasokan makanan.

Mereka mulai tak lama setelah otoritas pemilihan Brasil mengumumkan kemenangan tipis untuk Lula dalam putaran kedua pemilihan presiden. Dengan semua suara dihitung, Lula memiliki 50,9% suara sah melawan 49,1% Bolsonaro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.