Sukses

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen: Demokrasi Tengah Menghadapi Tantangan Terbesarnya

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyebut, demokrasi dan tatanan berbasis aturan menghadapi tantangan terbesarnya sejak Perang Dingin.

Liputan6.com, Taipei - Demokrasi dan tatanan berbasis aturan menghadapi “tantangan terbesarnya sejak Perang Dingin,” kata Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memperingatkan pada Senin (24/10).

Pada acara Majelis Global Gerakan Dunia untuk Demokrasi ke-11 di Taipei, Tsai mengatakan bahwa dunia harus “memerangi upaya rezim otoriter untuk merusak institusi demokrasi dan menodai hak asasi manusia dan ruang sipil.” Ia menambahkan, “invasi Rusia yang tidak beralasan ke Ukraina adalah contoh utama” upaya tersebut.

“Taiwan telah dihadapkan pada ancaman yang semakin agresif dari China, dari intimidasi militer, serangan siber dan paksaan ekonomi, hingga ke kegiatan garnisun dan operasi penyebaran pengaruh,” kata Tsai di hadapan majelis.

Tsai menekankan kembali komitmen Taiwan untuk mendukung Ukraina dalam apa yang digambarkannya sebagai “perjuangan mereka untuk mempertahankan negara dan kemerdekaan mereka.”

“Tantangan yang disebabkan oleh rezim otoriter adalah peringatan penting bagi entitas-entitas demokratis di seluruh dunia. Sementara tantangan luar biasa tetap ada, kita harus bekerja sama untuk memperkuat ketahanan kita dan menjaga nilai-nilai kita,” tambahnya.

Majelis Global Gerakan Dunia untuk Demokrasi ke-11 yang digelar selama tiga hari itu merupakan acara yang digagas pada tahun 1999.

Acara itu mempertemukan sekitar 300 pegiat pro-demokrasi dan pengambil kebijakan dari 70 negara, yang diselenggarakan bersama dengan Yayasan Taiwan untuk Demokrasi dan National Endowment for Democracy yang bermarkas di AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden Xi Jinping Sebut Taiwan Adalah Urusan China, Serukan Reunifikasi

Xi Jinping mengatakan pada hari Minggu bahwa Partai Komunis China (CPC) akan menerapkan kebijakan keseluruhannya untuk menyelesaikan masalah Taiwan di era baru, dan dengan teguh memajukan penyebab reunifikasi nasional.

"Menyelesaikan masalah Taiwan adalah masalah bagi Tiongkok, masalah yang harus diselesaikan oleh Tiongkok," kata Xi pada sesi pembukaan Kongres Nasional CPC ke-20, dikutip dari MSN News, Minggu (16/10/2022).

"Kami akan terus berjuang untuk penyatuan kembali secara damai dengan ketulusan terbesar dan upaya maksimal, tetapi kami tidak akan pernah berjanji untuk meninggalkan penggunaan kekuatan, dan kami memiliki opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan. Ini semata-mata ditujukan pada campur tangan oleh pasukan luar dan beberapa separatis yang mencari 'kemerdekaan Taiwan' dan kegiatan separatis mereka; itu sama sekali tidak ditargetkan pada rekan senegaranya Taiwan kami," katanya.

Xi mengatakan bahwa roda sejarah bergulir menuju penyatuan kembali Tiongkok dan peremajaan bangsa Tiongkok. "Penyatuan kembali negara kita sepenuhnya harus diwujudkan, dan itu bisa, tanpa diragukan lagi, terwujud!"

"Kami selalu menunjukkan rasa hormat dan kepedulian terhadap rekan-rekan Taiwan kami dan bekerja untuk memberikan manfaat kepada mereka. Kami akan terus mempromosikan pertukaran dan kerja sama ekonomi dan budaya di seluruh Selat," kata Xi.

"Kami akan mendorong orang-orang di kedua sisi Selat untuk bekerja sama mempromosikan budaya Tiongkok dan menjalin ikatan yang lebih erat," katanya.

3 dari 4 halaman

COVID-19 hingga One China Policy

Presiden China Xi Jinping telah membela strategi nol-Covid kontroversialnya saat kongres Partai Komunis bersejarah dimulai di Beijing.

Dalam jeda tradisi selama beberapa dekade, delegasi kemungkinan akan memberikan Xi masa jabatan ketiga sebagai ketua partai.

Zero-Covid adalah "perang rakyat habis-habisan untuk menghentikan penyebaran virus", katanya seperti dikutip dari BBC, Minggu (16/10/2022).

Kebijakan itu telah menyelamatkan nyawa, tetapi juga menuntut hukuman yang merugikan rakyat dan ekonomi Tiongkok.

Ada peningkatan kelelahan publik atas penguncian dan pembatasan perjalanan.

Beijing telah berada di bawah langkah-langkah keamanan yang ketat menjelang kongres, memicu frustrasi di kota itu dengan protes publik yang langka dan dramatis pada hari Kamis yang mengkritik Xi dan nol Covid.

4 dari 4 halaman

Ingin Pegang Kendali atas Hong Kong hingga Taiwan

Xi juga membahas masalah Taiwan--yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya. Taiwan yang berpemerintahan sendiri melihat dirinya berbeda dari daratan.

Berbicara perlahan dan sengaja, dia mengatakan Beijing "tidak akan pernah berjanji untuk meninggalkan penggunaan kekuatan" dan bahwa "penyatuan kembali sepenuhnya negara kita harus dan akan direalisasikan", mendorong tepuk tangan meriah dari para delegasi.

Di Hong Kong, Xi mengatakan Beijing telah mengerahkan kendali di sana, mengubah situasi dari "kekacauan menjadi pemerintahan". Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional menyeluruh di wilayah itu setelah demonstrasi pro-demokrasi pada 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.