Sukses

Rudal Gempur 40 Lebih Kota di Ukraina, Rusia: Bantuan Barat Picu Perang Dunia III

Rudal Rusia telah menghantam lebih dari 40 kota besar dan kecil di Ukraina, kata pihak berwenang pada Kamis 13 Oktober 2022.

Liputan6.com, Kyiv - Rudal Rusia telah menghantam lebih dari 40 kota besar dan kecil di Ukraina, kata pihak berwenang pada Kamis 13 Oktober 2022, setelah resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut pencaplokan empat wilayah Ukraina oleh Moskow "ilegal" dan sekutu Ukraina memberikan lebih banyak bantuan militer.

Rusia kemudian mengulangi posisinya bahwa Barat, dengan membantu Ukraina, menunjukkan bahwa “mereka adalah pihak langsung dalam konflik” dan memperingatkan masuknya Ukraina ke NATO dapat memicu Perang Dunia Ketiga.

"Kyiv sangat menyadari bahwa langkah seperti itu akan berarti jaminan eskalasi ke Perang Dunia Ketiga," kata Alexander Venediktov, wakil sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, kepada kantor berita TASS seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (13/10/2022).

Lebih dari 24 jam, rudal Rusia menghantam lebih dari 40 pemukiman, sementara angkatan udara Ukraina melakukan 32 serangan terhadap 25 target Rusia, kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Wali Kota kota pelabuhan Mykolaiv, Oleksandr Senkevich mengatakan dalam sebuah posting media sosial Mykolaiv "dihantam secara besar-besaran".

“Sebuah bangunan tempat tinggal lima lantai dihantam. Dua lantai atas hancur total; sisanya, jadi puing. Tim penyelamat sedang bekerja di lokasi," kata Senkevich.

Rusia juga menargetkan pemukiman di wilayah ibu kota Ukraina, Kyiv, menggunakan drone peledak pada Kamis pagi.

Gubernur wilayah Kyiv, Oleksiy Kuleba, mengatakan berdasarkan informasi awal serangan itu disebabkan oleh amunisi berkeliaran buatan Iran. Ini sering dikenal sebagai "drone kamikaze".

"Fasilitas infrastruktur penting terkena drone," kata Wakil Kepala Kantor Presiden Volodymyr Zelensky,  Kyrylo Tymoshenko.

Rudal menghantam lebih dari 30 rumah bertingkat dan pribadi, jaringan pipa gas dan saluran listrik di kota Nikopol di wilayah Dnipropetrovsk, dan lebih dari 2.000 keluarga tanpa listrik, Gubernur Dnipropetrovsk Valentyn Reznichenko menulis di Telegram.

Menurut kepala wilayah yang ditunjuk Ukraina di Kota Avdiivka, serangan Rusia menewaskan sedikitnya delapan orang di sebuah pasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantuan Barat, Permintaan Pelindung Udara hingga Dana dari IMF

Serangan udara baru ini terjadi ketika Ukraina mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah merebut kembali lebih banyak wilayah di selatan, dan menyambut janji Barat untuk mengirimkan sistem pertahanan udara ke Kyiv "secepat yang kami bisa" setelah berhari-hari serangan rudal Rusia yang intens.

Sekelompok pimpinan AS yang terdiri dari sekitar 50 negara mengadakan pembicaraan di markas besar NATO di Brussel dan berjanji untuk mengirimkan sistem anti-rudal baru ke Kyiv.

Ukraina terhuyung-huyung dari serangan Rusia yang telah menyebabkan banyak orang tewas dan terluka, serta desa-desa dan kota-kota tanpa listrik dan air panas di seluruh negeri.

“Sistem akan disediakan, secepat kami bisa secara fisik membawanya ke sana,” kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin setelah pertemuan, tanpa memberikan rincian.

Dalam pertunjukan solidaritas Barat lebih lanjut, para pemimpin negara-negara Kelompok Tujuh (G7) bersumpah untuk "berdiri dengan Ukraina selama yang diperlukan", sementara kepala Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva menjanjikan bantuan keuangan demi "mendukung Ukraina yang kuat".

Sementara Presiden Ukraina Zelensky, yang telah menggambarkan serangan rudal Rusia sebagai tindakan terorisme dan menekan Barat untuk "perisai udara", menyambut baik sistem anti-rudal yang dijanjikan.

"Semakin berani dan kejam teror Rusia, semakin jelas bagi dunia bahwa membantu Ukraina untuk melindungi langit adalah salah satu tugas kemanusiaan terpenting bagi Eropa saat ini," kata Zelensky dalam pidato hariannya kepada negara tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Bantuan Pertahanan Udara hingga Upaya Perundingan Damai

Ketika Ukraina menghadapi rentetan serangan udara Rusia, Inggris pada hari Kamis mengatakan akan memasok drone dan untuk pertama kalinya, roket yang mampu menembak jatuh rudal jelajah.

"Roket Amraam akan disediakan dalam beberapa minggu mendatang untuk digunakan dengan sistem pertahanan udara Nasams yang dijanjikan oleh AS," kata kementerian pertahanan Inggris dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah wawancara, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menjanjikan pertahanan udara.

"Kami akan mengirimkan ... radar, sistem, dan rudal untuk melindungi mereka dari serangan ini," kata Macron, menambahkan bahwa Prancis juga sedang bernegosiasi untuk mengirim enam unit artileri bergerak Caesar.

Macron juga meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk melanjutkan negosiasi diplomatik dengan Kyiv.

"Hari ini, pertama-tama, Vladimir Putin harus menghentikan perang ini, menghormati integritas wilayah Ukraina dan kembali ke meja perundingan," kata Macron kepada penyiar France 2.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan suara pada hari Rabu untuk mengutuk pencaplokan Rusia atas bagian-bagian Ukraina, mengirimkan apa yang dikatakan Presiden AS Joe Biden sebagai "pesan yang jelas" bahwa Moskow tidak dapat menghapus negara berdaulat.

4 dari 4 halaman

Serangan Balasan Rusia Usai Ledakan Jembatan Krimea

Sejak Senin, Rusia telah menghantam Ukraina dengan serangan rudal, merusak fasilitas energi nasional dalam serangan yang dikatakan Putin sebagai pembalasan atas ledakan mematikan pekan lalu di sebuah jembatan Krimea.

Ledakan itu merobek jalan dan jalur kereta api yang digunakan Moskow untuk mengangkut peralatan militernya.

Militer Rusia, sementara itu, mengatakan telah menangkis serangan Ukraina di wilayah timur Donetsk, Lugansk dan Kharkiv.

Tetapi dalam kemunduran terbaru untuk Putin, Kyiv mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah merebut kembali lima pemukiman lagi di wilayah selatan Kherson - salah satu dari empat wilayah yang menurut Moskow dianeksasi pada bulan September.

Musim Dingin Datang

Bagi warga Ukraina yang terjebak di garis depan, ketakutan atas baku tembak tanpa henti sekarang diperparah oleh prospek musim dingin tanpa listrik atau air.

"Kayu bakar ... bagaimana saya bisa mendapatkannya?" kata Oleksandra Pylypenko dari kota timur Bakhmut. "Aku tidak tahu bagaimana kita akan bertahan hidup."

Beberapa sistem pertahanan anti-pesawat yang dijanjikan oleh Barat mulai tiba di Ukraina minggu ini.

Di garis depan di Donetsk, senjata Barat telah membantu meningkatkan moral Ukraina dan kemampuan pasukan Kyiv.

"Kami pasti membutuhkan lebih banyak artileri," kata seorang perwira yang menyebut namanya sebagai "Sergiy" dari Resimen ke-5 Ukraina, di sebuah bukit yang menghadap ke Gorlivka yang dikuasai Rusia di Donetsk.

“Kalau soal artileri, mereka masih punya keunggulan, jadi kami tidak bisa membalas tembakan secara merata,” tambahnya. "Kami menembak lebih tepat sekarang, tetapi dengan lebih sedikit serangan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.