Sukses

Joe Biden Ingatkan Rusia Tak Pakai Senjata Kimia dan Nuklir Taktis Lawan Ukraina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah memperingatkan Rusia untuk tidak menggunakan senjata kimia atau nuklir taktis dalam perang di Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah memperingatkan Rusia untuk tidak menggunakan senjata kimia atau nuklir taktis dalam perang di Ukraina.

Berbicara selama wawancara dengan CBS News, Biden mengatakan tindakan seperti itu akan "mengubah wajah perang sejak Perang Dunia Kedua".

Presiden Rusia Vladimir Putin menempatkan pasukan nuklir negara itu dalam siaga "khusus" menyusul invasinya ke Ukraina pada Februari, demikian dikutip dari laman BBC, Sabtu (17/9/2022).

Dia mengatakan kepada kepala pertahanan itu karena "pernyataan agresif" oleh Barat.

Senjata nuklir telah ada selama hampir 80 tahun dan banyak negara melihatnya sebagai pencegah yang terus menjamin keamanan nasional mereka.

Rusia diperkirakan memiliki sekitar 5.977 hulu ledak nuklir, menurut Federasi Ilmuwan Amerika.

Namun, tetap tidak mungkin bahwa ia bermaksud untuk menggunakan senjata semacam itu.

Senjata nuklir taktis adalah senjata yang dapat digunakan pada jarak yang relatif pendek, berbeda dengan senjata nuklir "strategis" yang dapat diluncurkan dalam jarak yang lebih jauh dan meningkatkan momok perang nuklir habis-habisan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usai Rusia Hengkang, 440 Kuburan Massal Ditemukan di Ukraina

Pihak berwenang Ukraina menemukan kuburan massal lebih dari 440 mayat di kota timur laut Izium yang direbut kembali dari pasukan Rusia beberapa hari lalu, kata seorang pejabat polisi regional, menambahkan beberapa orang telah tewas akibat penembakan dan serangan udara.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (16/9/2022), ribuan tentara Rusia meninggalkan Izium akhir pekan lalu setelah menduduki kota itu dan menggunakannya sebagai pusat logistik di wilayah Kharkiv. Mereka meninggalkan sejumlah besar amunisi dan peralatan.

"Saya dapat mengatakan itu adalah salah satu situs pemakaman terbesar di kota besar di (daerah) yang dibebaskan ... 440 mayat dimakamkan di satu tempat," Serhiy Bolvinov, kepala penyelidik polisi untuk wilayah Kharkiv, mengatakan kepada Sky News. "Beberapa meninggal karena tembakan artileri ... beberapa meninggal karena serangan udara."

Reuters tidak dapat segera memverifikasi klaim Ukraina dan tidak ada komentar publik langsung dari Rusia atas tuduhan tersebut.

Presiden Volodymyr Zelenskyy, yang melakukan kunjungan mendadak ke Izium pada hari Rabu untuk menyambut pasukan Ukraina, menyalahkan Rusia dan menyamakan penemuan itu dengan apa yang terjadi di Bucha, di pinggiran ibukota Kyiv pada tahap awal invasi akhir Februari. oleh pasukan Rusia.

Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di sana. Puluhan ribu warga sipil kemungkinan tewas dalam serangan terpisah Rusia di pelabuhan selatan Mariupol, kata pejabat Ukraina pada April.

"Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab," kata Zelenskyy dalam pidato video Kamis malam.

3 dari 4 halaman

Pasukan Rusia

Setelah seminggu memperoleh keuntungan cepat Ukraina di timur laut, para pejabat Ukraina mengatakan pasukan Rusia memperkuat pertahanan dan akan sulit untuk mempertahankan laju kemajuan.

Presiden Rusia Vladimir Putin belum berkomentar secara terbuka tentang kemunduran yang diderita pasukannya bulan ini. Pejabat Ukraina mengatakan 9.000 km persegi telah direbut kembali, wilayah seukuran pulau Siprus.

Rekaman yang diambil oleh Reuters pada hari Kamis di kota timur Kupiansk, yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina minggu lalu, menunjukkan banyak bangunan telah rusak atau terbakar.

"Tidak ada listrik, tidak ada komunikasi ... jika ada komunikasi, kami paling tidak bisa berbicara dengan keluarga. Kalau saja tidak ada pemboman ini dengan semua orang di ruang bawah tanah mereka," kata seorang pria.

4 dari 4 halaman

Kemajuan bagi Ukraina

Kecepatan kemajuan telah mengangkat harapan keuntungan lebih lanjut sebelum musim dingin tiba.

Tapi Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Luhansk timur Ukraina, mengatakan masih akan menjadi perjuangan yang sulit untuk merebut kembali kendali wilayahnya dari Rusia, yang mengakuinya sebagai negara merdeka yang dikendalikan oleh separatis.

Tidak ada penghentian baik dalam serangan rudal harian Rusia pada hari Kamis, sehari setelah menembakkan rudal jelajah di bendungan reservoir dekat Kryvyi Rih, kampung halaman Zelenskyy di Ukraina tengah.

Pihak berwenang di Kryvyi Rih sedang bekerja untuk memperbaiki kerusakan dan akibatnya permukaan air surut, kata Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala administrasi kepresidenan.

Pasukan Ukraina menangkis tiga serangan Rusia di utara kota Donetsk, kata staf umum angkatan bersenjata dalam sebuah posting Facebook.

Pasukan Rusia telah melancarkan serangan ke beberapa permukiman di garis depan Kharkiv dalam 24 jam terakhir, kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.