Sukses

Pangeran William Teringat Putri Diana di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pemakaman Ratu Elizabeth II membuat Pangeran William mengingat pemakaman Putri Diana pada 25 tahun lalu.

Liputan6.com, London - Pangeran William mengenang Putri Diana di proses pemakaman Ratu Elizabeth II. Pemakaman Putri Diana juga dilaksanakan pada bulan September.

Dilaporkan BBC, Jumat (16/9/2022), Pangeran William mengatakan hal tersebut kepada warga yang datang untuk memberi penghormatan pada neneknya di Westminster. Yang membuatnya teringat pada Putri Diana adalah ketika ia berjalan di belakang peti mati neneknya. Momen itu dianggap sebagai hal yang menantang bagi Pangeran William.

Pangeran William, Pangeran Harry, bersama Raja Charles III memang berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth II saat peti dibawa dari Buckingham Palace menuju Westminster.

Saat ini, warga rela mengantre hingga 7,9 kilometer untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II yang peti matinya disemayamkan di Westminster.

Sementara, Putri Anne (Princess Royal) kembali lagi ke Skotlandia untuk menyapa masyarakat. Ia tampak tersenyum saat menyapa warga yang datang. Putri Anne yang didampingi suaminya menerima bunga dari seorang gadis kecil.

Sang Princess Royal adalah anak perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth II. Ia setia mendampingin peti mati sang ibu dalam perjalanan dari Skotlandia menuju Buckingham Palace. 

Pangeran Edward dan istrinya, Sophie, berada di Manchester untuk menyapa para warga.

Majelis Umum PBB telah memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II. Parlemen Kanada juga menggelar sesi serupa.

Ratu Elizabeth II rencananya akan dimakaman pada Senin 19 September 2022. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratu Elizabeth II Tinggalkan Buckhingham Palace untuk Terakhir Kali

Ratu Elizabeth II meninggalkan Buckingham Palace untuk yang terakhir kalinya. Peti matinya telah dibawa dari Buckingham Palace menuju Westminster Hall pada Rabu sore (14/9) waktu setempat. 

Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward ikut mengiringi peti mati ibunya yang ditempatkan di atas kereta kuda. Pangeran William dan Pangeran Harry juga mengikuti dari belakang.  

Warga pun berada di kanan-kiri jalan untuk menyaksikan keberangkatan peti mati Ratu Elizabeth II dari Buckingham Palace yang telah menjadi rumahnya sebagai ratu selama 70 tahun terakhir. 

<p>Raja Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward berjalan mengiringi peti mati Ratu Elizabeth II. Dok: YouTube/The Royal Family</p>

Pangeran Harry dan Pangeran Andrew terlihat tidak menggunakan seragam militer. Pangeran Harry memang sudah keluar dari tugas-tugas Kerajaan Inggris setelah menikah dengan Meghan Markle, sementara Pangeran Andrew tersandung skandal seksual.

Meghan Markle tampak berjalan bersama Pangeran Harry untuk mengiringi Ratu Elizabeth II di Westminster Hall. Putri Catherine (Kate Middleton) juga mendampingin Pangeran William. Saat ini, Ratu Elizabeth II sudah disemayamkan di Westminster dan warga bisa datang untuk memberikan penghormatan terakhir.

3 dari 4 halaman

Momen Haru Pangeran Harry Saat Terima Peti Mati Sang Nenek, Ratu Elizabeth II

Begitu berada di dalam Westminster, Pangeran William dan Pangeran Harry bergabung dengan istri mereka, Kate Middleton dan Meghan Markle, untuk Layanan Penerimaan Peti Mati Yang Mulia.

Peti mati ratu akan disemayamkan di Westminster Abbey sampai tanggal pemakamannya yang direncanakan pada 19 September. Anggota masyarakat sudah mulai mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir mereka.

Dikutip laman ET Online, Kamis, (15/9/2022), kebaktian tersebut merupakan acara yang sendu, dengan Putri Wales yang baru dan Duchess of Sussex mengenakan gaun serba hitam dengan topi fascinator yang serasi.

Meghan juga terlihat mengenakan sepasang anting-anting mutiara dan berlian, yang dihadiahkan oleh mendiang ratu pada tahun 2018 untuk acara solo pertama mereka bersama.

William, Pangeran Wales yang baru, mengenakan seragam militernya, sementara Pangeran Harry mengenakan setelan berkabung hitam dengan medali militernya yang menyertainya.

Meghan dan Kate masing-masing terlihat membungkuk di depan peti mati. Sementara Meghan dan Pangeran Harry berpegangan tangan saat mereka keluar dari Westminster.

 

4 dari 4 halaman

Momen yang Emosional

Dalam momen yang menyentuh, Harry terlihat menyeka air mata saat dia menghormati mendiang neneknya.

Harry dan Meghan telah terpisah dari keluarga kerajaan sejak keputusan mereka pada tahun 2020 untuk mengundurkan diri sebagai bangsawan senior dan pindah bersama keluarganya ke California.

Tetapi setelah kematian sang ratu, Harry dan Meghan telah terlihat bersatu kembali dengan para bangsawan dalam beberapa kesempatan.

Harry melakukan perjalanan ke Kastil Balmoral di Skotlandia sendirian setelah mendengar kesehatan neneknya yang menurun. Sayangnya, dia tidak dapat datang tepat waktu untuk menemuinya sebelum dia meninggal.

Harry dan Meghan diundang oleh William untuk bergabung dengannya dan Kate untuk menyapa para pelayat di luar Kastil Windsor tak lama setelah itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.