Sukses

Charles III Diproklamasikan sebagai Raja Inggis Hari Ini Lewat Upacara Bersejarah

Charles III akan secara resmi diproklamasikan sebagai raja pada upacara bersejarah di Istana St James pada Sabtu pagi.

Liputan6.com, London - Charles III akan secara resmi diproklamasikan sebagai Raja Inggris pada upacara bersejarah di Istana St James Inggris pada Sabtu 10 September 2022 pagi waktu setempat.

Bendera yang diturunkan dalam berkabung untuk mendiang Ratu akan berkibar tiang penuh setelah Dewan Aksesi, yang akan disiarkan untuk pertama kalinya.

Gelombang proklamasi lebih lanjut akan berlangsung di seluruh Inggris hingga Minggu, ketika bendera akan kembali ke setengah tiang.

Itu terjadi setelah Raja berjanji untuk mengikuti kehidupan pelayanan "mama kesayangannya" dalam pidato pertama yang emosional.

Dia mengatakan kepada bangsa itu pada Jumat malam tentang "kesedihannya yang mendalam" karena kehilangan ibunya, memuji kehangatan, humor, dan "kemampuannya yang tak tergoyahkan untuk selalu melihat yang terbaik dalam diri orang-orang".

Raja Inggris berjanji untuk melayani bangsa dengan "pengabdian yang teguh" yang sama seperti yang dimiliki mendiang Ratu selama 70 tahun pemerintahannya, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (10/9/2022).

Charles menjadi raja saat ibunya meninggal, tetapi Dewan Aksesi diadakan sesegera mungkin setelah kematian seorang penguasa untuk membuat proklamasi resmi penerusnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Penobatan

Pada upccara, yang dimulai pada pukul 10:00 BST, Raja akan membuat pernyataan pribadi tentang kematian Ratu dan bersumpah untuk melestarikan Gereja Skotlandia - karena di Skotlandia ada pembagian kekuasaan antara gereja dan negara.

Di antara mereka yang hadir adalah Camilla, istri Charles selama 17 tahun yang sekarang memiliki gelar Permaisuri Ratu, dan putra Raja, William, Pangeran Wales yang baru.

Proklamasi publik pertama akan berlangsung dari balkon Friar Court di St James's Palace di London pada pukul 11:00, momen yang biasanya disertai dengan pageantry berusia berabad-abad, dengan terompet memainkan keriuhan dan penghormatan senjata yang ditembakkan di Hyde Park dan di Menara London.

Meskipun mereka bukan bagian dari proklamasi formal, kata-kata "Ratu sudah mati, panjang umur Raja" sering ditambahkan setelahnya.

Pada hari Jumat, Charles disambut oleh sorak-sorai dan teriakan "Tuhan selamatkan Raja!" saat dia bertemu orang-orang di antara kerumunan yang telah berkumpul di Istana Buckingham.

 

3 dari 4 halaman

Charles Soal William dan Harry

Kemudian, dia memberikan pidatonya yang disiarkan televisi, mengungkapkan keinginan bahwa Pangeran William dan istrinya Catherine akan - sebagai Pangeran dan Putri Wales yang baru - "terus menginspirasi dan memimpin percakapan nasional kita".

Dia mengungkapkan "cintanya untuk Harry dan Meghan" dan memuji "pengabdian yang teguh pada tugas" dari Permaisuri Ratu.

Raja mengakui bahwa hidupnya sekarang telah berubah, dengan mengatakan dia tidak akan dapat memberikan "begitu banyak waktu dan energi saya" kepada badan amal dan masalah yang telah dia dukung selama beberapa dekade sebagai pewaris takhta.

Raja berusia 73 tahun itu mengatakan dia berharap bahwa terlepas dari kesedihan mereka atas kematian Ratu, orang-orang di Inggris dan Persemakmuran "mengingat dan menarik kekuatan dari cahaya teladannya".

4 dari 4 halaman

Simak infografis berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.