Sukses

New York AS Tetapkan Status Darurat Polio, Virus Diduga Menyebar di Negara Bagian

Gubernur New York telah menyatakan keadaan darurat atas polio ketika bukti muncul bahwa virus itu menyebar ke seluruh negara bagian.

Liputan6.com, New York - Gubernur New York telah menyatakan keadaan darurat atas polio ketika bukti muncul bahwa virus itu menyebar ke seluruh negara bagian.

Pejabat kesehatan mengatakan sampel air limbah di New York City dan empat kabupaten yang berdekatan telah dites positif terkena virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Meskipun sejauh ini hanya satu kasus yang telah dikonfirmasi, itu adalah yang pertama di negara itu dalam hampir satu dekade, demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (10/9/2022).

Polio sebagian besar diberantas dari AS dengan vaksinasi yang dimulai pada tahun 1955.

Pada tahun 1979, AS dinyatakan bebas polio.

Tetapi menurut pejabat New York, tingkat vaksinasi terlalu rendah di beberapa bagian New York. Deklarasi darurat hari Jumat ditujukan untuk meningkatkan tingkat imunisasi yang menurun.

Tidak ada obat untuk polio, tetapi dapat dicegah dengan vaksin. Sebagian besar mempengaruhi anak-anak, virus biasanya menyebabkan kelemahan otot dan kelumpuhan, dan dalam kasus yang paling serius cacat permanen dan kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Vaksinasi

Departemen kesehatan negara bagian New York mengatakan pihaknya bertujuan untuk meningkatkan tingkat vaksinasi dari rata-rata seluruh negara bagian saat ini sekitar 79% hingga di atas 90%.

"Pada polio, kami tidak bisa melempar dadu," kata Komisaris Kesehatan Dr Mary Bassett dalam sebuah pernyataan. "Jika Anda atau anak Anda tidak divaksinasi atau tidak up to date dengan vaksinasi, risiko penyakit lumpuh adalah nyata."

Dia menambahkan bahwa "untuk setiap satu kasus polio lumpuh yang diamati, mungkin ada ratusan orang lain yang terinfeksi".

Vaksin polio yang tidak aktif digunakan di AS dan Inggris sebagai bagian dari program anak-anak rutin. Di AS, sekitar 93% balita telah menerima setidaknya tiga dosis vaksin polio, menurut data vaksinasi dari CDC.

 

3 dari 4 halaman

Memantau Air Limbah

Para pejabat mulai memantau air limbah di negara bagian itu untuk virus polio setelah seorang pria yang tidak divaksinasi di Rockland County, tepat di utara New York City, tertular virus pada Juli - kasus pertama yang tercatat sejak 2013 - dan menderita kelumpuhan.

Kasus ini kemudian secara genetik terkait dengan polio lumpuh yang ditemukan dalam sampel air limbah yang dikumpulkan dari Nassau County di dekatnya pada agustus.

Sampel air limbah di Orange County, Sullivan County dan lima borough di New York City juga telah dites positif terkena polio paralitik.

Perintah darurat yang dikeluarkan pada hari Jumat oleh Gubernur Kathy Hochul adalah yang ketiga di negara bagian itu tahun ini, di samping perintah serupa yang dikeluarkan sebagai tanggapan terhadap pandemi virus corona dan monkeypox.

Ini memberdayakan pekerja medis darurat, bidan dan apoteker untuk bergabung dengan jaringan penyedia yang dapat meluncurkan vaksin polio.

4 dari 4 halaman

Simak infografis berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.