Sukses

Status Twitter Berujung Penjara Lagi, Wanita Arab Saudi Dibui 45 Tahun

Status Twitter berujung penjara kembali melanda wanita Arab Saudi.

Liputan6.com, Riyadh - Status Twitter berujung penjara kembali melanda wanita Arab Saudi. Kali ini hukumannya lebih dahsyat, pengadilan terorisme kerajaan memvonisnya 45 tahun penjara karena menggunakan media sosial untuk "melanggar ketertiban umum", menurut dokumen pengadilan yang dilihat oleh kelompok hak asasi manusia.

"Nourah binti Saeed al-Qahtani dijatuhi hukuman 45 tahun penjara setelah pengadilan pidana khusus memvonisnya karena menggunakan internet untuk merobek tatanan sosial [Arab Saudi]", menurut dokumen yang diperoleh dan ditinjau oleh Democracy for the Arab World Now (Dawn) --sebuah organisasi yang didirikan oleh Jamal Khashoggi, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (31/8/2022).

Dawn membagikan temuannya, yang katanya diverifikasi oleh sumber-sumber Arab Saudi, dengan Guardian.

Sedikit rincian yang diketahui tentang Qahtani, termasuk usianya atau suasa di sekitar penangkapan dan hukumannya.

Tetapi berita tentang hukumannya selama beberapa dekade mengemuka beberapa minggu setelah Salma al-Shehab, seorang mahasiswa PhD di Universitas Leeds Inggris yang juga ibu dari dua anak, dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 34 tahun penjara ketika dia kembali ke Saudi untuk istirahat liburan.

Dokumen pengadilan dalam kasus Shehab, wanita yang berusia 34 tahun, mengungkapkan dia telah dihukum karena dugaan kejahatan mengikuti akun Twitter individu yang "menyebabkan kerusuhan publik dan mengganggu stabilitas keamanan sipil dan nasional". Dalam beberapa kasus, dia me-retweet tweet yang diposting oleh para pembangkang di pengasingan.

Shehab mengatakan kepada pengadilan Saudi bahwa dia telah menghadapi pelecehan dan pelecehan selama penahanannya, termasuk menjadi sasaran interogasi setelah diberi obat yang membuatnya kelelahan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermula dari Ungkap Pendapat di Twitter 

Dalam kasus Qahtani, pihak berwenang Saudi tampaknya telah memenjarakannya karena "hanya men-tweet pendapatnya", kata Abdullah Alaoudh, direktur wilayah Teluk di Dawn.

"Mustahil untuk tidak menghubungkan titik-titik antara pertemuan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dengan Presiden Biden bulan lalu di Jeddah dan peningkatan serangan represif terhadap siapa pun yang berani mengkritik putra mahkota atau pemerintah Saudi atas pelanggaran yang terdokumentasi dengan baik," Alaoudh mengatakan.

Dawn berharap orang-orang yang mengenal Qahtani dapat menjelaskan kasusnya.

Undang-undang Arab Saudi dirancang untuk memberikan wewenang maksimal kepada pihak berwenang, termasuk kekuatan untuk menahan individu karena undang-undang anti-terorisme yang didefinisikan secara samar-samar seperti “mengganggu ketertiban umum” dan “membahayakan persatuan nasional”.

Qahtani tampaknya tidak memiliki akun Twitter atas namanya sendiri. Warga Saudi lainnya yang diyakini telah menggunakan nama samaran untuk memposting konten satir atau kritis di Twitter telah menghadapi penahanan dan penangkapan.

 

3 dari 4 halaman

Twitter dan Arab Saudi Belum Berkomentar

Sementara itu, Twitter belum berkomentar secara terbuka tentang kasus Shehab.

Departemen Luar Negeri AS pada hari Senin mengatakan telah menyatakan"keprihatinan signifikan" terhadap otoritas Saudi tentang kasus Shehab.

"Kami telah menunjukkan kepada mereka bahwa kebebasan berekspresi adalah hak asasi manusia universal yang dimiliki semua orang dan menggunakan hak universal itu tidak boleh dikriminalisasi,” kata juru bicaranya, Ned Price.

Ditekan oleh wartawan tentang masalah ini, Price mengatakan Departemen Luar Negeri AS mengikuti kasus ini "sangat dekat" dan bahwa AS telah melakukan "sejumlah" percakapan dengan rekan-rekan Saudi dalam beberapa hari terakhir.

Pemerintah Saudi tidak segera tersedia untuk dimintai komentar.

4 dari 4 halaman

Ditangkap Sejak 2021

Mengutip NDTV, kasus ini dilaporkan sebagai perdebatan intensif atas keterlibatan Barat dengan Arab Saudi, menyusul kunjungan Presiden AS Joe Biden ke monarki Teluk yang kaya minyak bulan lalu.

Biden sebelumnya mengancam akan menjadikan Arab Saudi sebagai "paria" atas pembunuhan Khashoggi pada 2018 di dalam konsulat Saudi di Istanbul, tetapi krisis energi yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina tampaknya mendorongnya untuk berbalik arah.

Beberapa detail tersedia tentang Qahtani, yang tampaknya tidak memiliki akun Twitter aktif. Dia ditangkap pada Juli 2021 dan dihukum oleh Pengadilan Kriminal Khusus, kata DAWN, menambahkan bahwa bandingnya dilakukan awal bulan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.