Sukses

China Dikabarkan Tembak Misil dan Proyektil ke Selat Taiwan

Pasukan China menembakkan "beberapa" rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan selama latihan militer Kamis, kata kementerian pertahanan Taipei.

Liputan6.com, Taipei - Latihan militer terbesar China yang mengelilingi Taiwan dimulai Kamis (4/8/2022), dalam unjuk kekuatan yang melintasi jalur pelayaran internasional yang vital setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu.

Nancy Pelosi meninggalkan Taiwan pada Rabu 3 Agustus setelah perjalanan yang menentang serangkaian ancaman nyata dari Beijing, yang memandang pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya.

Pelosi adalah pejabat AS terpilih dengan profil tertinggi yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun, dan mengatakan perjalanannya membuat "sangat jelas" bahwa Amerika Serikat tidak akan meninggalkan sekutu demokratisnya. Ini memicu reaksi marah dari Beijing, yang bersumpah akan memberi "hukuman" dan mengumumkan latihan militer di laut sekitar Taiwan - beberapa jalur air tersibuk di dunia.

Latihan, yang dimulai sekitar pukul 12.00 siang (04.00 GMT), melibatkan "live-firing" (penembakan langsung), menurut media pemerintah.

"Enam area utama di sekitar pulau telah dipilih untuk latihan tempur yang sebenarnya dan selama periode ini, kapal dan pesawat yang relevan tidak boleh memasuki perairan dan wilayah udara yang relevan," lapor penyiar negara CCTV.

Rudal Balistik dan Proyektil

Pasukan China menembakkan "beberapa" rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan selama latihan militer Kamis, kata kementerian pertahanan Taipei, mengutuk apa yang digambarkannya sebagai "tindakan irasional yang merusak perdamaian regional".

"Kementerian Pertahanan Nasional menyatakan bahwa Partai Komunis China menembakkan beberapa rudal balistik seri Dongfeng ke perairan sekitar Taiwan timur laut dan barat daya sekitar pukul 13:56 sore ini," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan singkat.

People's Liberation Army (PLA) atau Tentara Pembebasan Rakyat China juga mengkonfirmasi bahwa rudal telah ditembakkan.

Wartawan AFP di pulau perbatasan Pingtan melihat beberapa proyektil kecil terbang ke langit diikuti oleh gumpalan asap putih dan suara ledakan keras.

AFP tidak dalam posisi untuk mengidentifikasi proyektil, yang ditembakkan dari dekat instalasi militer terdekat, atau arah tepatnya.

Militer Taiwan juga tidak mengkonfirmasi lokasi pasti di mana rudal itu mendarat atau apakah mereka terbang di atas pulau itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latihan di Beberapa Zona

Latihan berlangsung di beberapa zona di sekitar Taiwan -- di beberapa titik dalam jarak hanya 20 kilometer (12 mil) dari pantai -- dan akan berakhir pada tengah hari pada hari Minggu.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya mengamati dengan cermat latihan tersebut.

"Kementerian Pertahanan Nasional menekankan bahwa mereka akan menjunjung tinggi prinsip mempersiapkan perang tanpa mencari perang, dan dengan sikap tidak meningkatkan konflik dan menyebabkan perselisihan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Tabloid nasionalis Beijing Global Times mengatakan, mengutip analis militer, bahwa latihan itu "belum pernah terjadi sebelumnya" dan bahwa rudal akan terbang di atas Taiwan untuk pertama kalinya.

“Ini adalah pertama kalinya PLA akan meluncurkan artileri jarak jauh langsung melintasi” Selat Taiwan, kata surat kabar itu menggunakan nama resmi militer China, Tentara Pembebasan Rakyat.

Kelompok Tujuh negara industri atau G7 telah mengutuk latihan tersebut, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "tidak ada pembenaran untuk menggunakan kunjungan sebagai dalih untuk aktivitas militer yang agresif di Selat Taiwan".

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Klaim Persiapan untuk Pertempuran yang Sebenarnya

Biro Maritim dan Pelabuhan Taiwan mengeluarkan peringatan pada hari Rabu kepada kapal untuk menghindari area yang digunakan untuk latihan China.

Kabinet Taiwan mengatakan latihan itu akan mengganggu 18 rute internasional yang melewati wilayah informasi penerbangan (FIR).

Maskapai penerbangan Hong Kong Cathay Pacific mengatakan telah memerintahkan pesawatnya untuk "menghindari melewati zona wilayah udara yang ditentukan di sekitar wilayah Taiwan".

Manuver akan berlangsung di sepanjang beberapa rute pelayaran tersibuk di planet ini, yang digunakan untuk memasok semikonduktor vital dan peralatan elektronik yang diproduksi di hub pabrik Asia Timur ke pasar global.

Beijing telah membela latihan itu sebagai "perlu dan adil", yang menyalahkan Amerika Serikat dan sekutunya atas eskalasi.

"Dalam perjuangan saat ini seputar kunjungan Pelosi ke Taiwan, Amerika Serikat adalah provokatornya, China adalah korbannya," kata juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying pada briefing reguler Rabu.

Sebuah sumber militer China juga mengatakan kepada AFP bahwa latihan itu akan dilakukan "sebagai persiapan untuk pertempuran yang sebenarnya".

"Jika pasukan Taiwan melakukan kontak dengan PLA dengan sengaja dan secara tidak sengaja menembakkan senjata, PLA akan mengambil tindakan tegas, dan semua konsekuensinya akan ditanggung oleh pihak Taiwan," kata sumber tersebut.

4 dari 4 halaman

Sejumlah Batasan

23 juta orang Taiwan telah lama hidup dengan kemungkinan invasi, tetapi ancaman itu telah meningkat di bawah Presiden Xi Jinping, penguasa paling tegas China dalam satu generasi.

Pulau itu sekali lagi menjadi hot spot antara Amerika Serikat dan pemimpin China yang ingin memproyeksikan kekuatan menjelang pertemuan penting partai berkuasa musim gugur ini di mana Xi diperkirakan akan diberikan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Di daratan, di tempat yang dikatakan sebagai titik terdekat China ke Taiwan, AFP melihat sekelompok lima helikopter militer terbang di ketinggian yang relatif rendah di dekat lokasi populer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.