Sukses

6 Tanda Bahwa Anda Mengalami Infeksi Telinga dan Cara Mencegahnya

Tanda-tanda bahwa Anda mengalami infeksi telinga.

Liputan6.com, Jakarta - Infeksi telinga sebagian besar dikaitkan dengan anak-anak, tetapi kenyataannya masih mempengaruhi 20% orang dewasa.

Hal itu benar-benar normal, karena orang dewasa dapat terkena bakteri dan virus seperti halnya anak-anak. Dan tampaknya orang dengan sistem kekebalan yang lemah dan radang telinga adalah mereka yang harus lebih berhati-hati.

Intinya adalah bahwa infeksi telinga sangat tidak mengenakkan, dan Anda harus dapat mengenalinya segera agar dapat mengobatinya dengan cepat.

Dilansir dari laman Bright Side, Kamis (28/7/2022), berikut adalah tanda-tanda Anda mengalami infeksi telinga:

1. Gatal

Ini bisa dimulai dengan rasa gatal ringan di saluran bagian dalam telinga Anda, dan bisa menjadi lebih parah karena infeksi tidak diobati.

2. Kemerahan di bagian dalam dan luar telinga

Ini bisa dimulai dengan sedikit kemerahan pada saluran telinga bagian dalam. Tapi, jika berlanjut, kemerahan bisa menjadi lebih terlihat tidak hanya di bagian dalam tetapi juga di bagian luar telinga.

3. Ketidaknyamanan atau rasa sakit

Pada awalnya, Anda mungkin merasakan sakit umum di telinga Anda – terutama setelah menarik daun telinga atau mendorong tragus telinga. Setelah beberapa saat, Anda mungkin mulai merasa telinga Anda penuh dengan sesuatu. Dalam kasus yang lebih parah, rasa sakit berpindah ke wajah, leher, atau sisi kepala Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Keluar cairan tidak berbau

Seperti gejala lainnya, cairan yang tidak berbau mungkin sangat sedikit pada awalnya, tetapi karena infeksi terus berkembang, itu bisa mulai menjadi berlebihan.

5. Pendengaran atau dering teredam

Gejala ini mungkin tidak ada pada kasus ringan, tetapi pada kasus yang lebih serius, pendengaran Anda mungkin terpengaruh. Anda mungkin merasa seperti Anda tidak dapat mendengar sesuatu sebaik sebelumnya, atau Anda dapat merasakan dering tanpa henti jauh di dalam telinga Anda.

6. Pembengkakan kelenjar getah bening leher

Jika infeksi tidak diobati, itu dapat menyebabkan kelenjar getah bening Anda membengkak . Ini dapat menyebabkan Anda demam, karena seluruh saluran telinga Anda mungkin tersumbat sepenuhnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah

1. Jangan gunakan kapas atau benda asing

Penyeka kapas mungkin dapat membersihkan dinding telinga Anda, tetapi juga mendorong kotoran telinga lebih dalam. Jika Anda melihat bahwa menggunakannya menyebabkan Anda tidak nyaman, Anda harus berhenti menggunakannya sama sekali. Selain itu, Anda mungkin ingin menghindari penggunaan benda asing , seperti kunci, jepit rambut, atau klip kertas untuk menggaruk telinga Anda. Mereka juga dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam, mengiritasi kulit, dan bahkan merusaknya.

2. Gunakan topi renang atau penyumbat telinga

Beberapa orang lebih rentan terhadap infeksi telinga, dan itulah mengapa Anda mungkin ingin mengambil beberapa tindakan jika Anda salah satunya. Anda bisa mulai dengan mengenakan topi renang untuk mencegah air masuk ke telinga Anda. Anda mungkin juga ingin mencoba memasang penyumbat telinga jika terasa nyaman di telinga Anda. Anda selalu dapat bertanya kepada dokter atau dokter Anda tentang tindakan pencegahan lain yang dapat Anda ambil.

4 dari 4 halaman

3. Jaga agar telinga Anda tetap kering menggunakan pengering rambut

Setelah keluar dari air, pastikan Anda mengeringkan telinga sebanyak mungkin dengan memiringkan telinga dan membersihkannya dengan handuk. Dengan memiringkan kepala dan menarik daun telinga ke arah yang berbeda, Anda akan membantu air keluar dengan aman dari telinga Anda.

Jika Anda masih merasa ada air di telinga setelah sampai di rumah, Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkannya. Pastikan Anda meletakkannya pada kecepatan rendah dan api kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.