Sukses

Ricuh Antar Napi Picu Kebakaran di Penjara Kolombia, 51 Orang Tewas

Liputan6.com, Tolua - Kericuhan terjadi di sebuah penjara Kolombia, sejumlah narapidana (napi) pun jadi korban.

"Kebakaran di dalam penjara Kolombia yang penuh sesak menewaskan 51 narapidana pada Selasa dini hari," kata pihak berwenang seperti dikutip dari CNN Rabu (29/6/2022).

Pihak berwenang juga menandai kejadian ini sebagai salah satu insiden paling mematikan dari jenisnya dalam sejarah negara itu baru-baru ini.

Kebakaran terjadi di tengah kekacauan di dalam penjara di Kota Tolua, Kolombia barat.

Menurut Menteri Kehakiman Kolombia Wilson Ruiz, perkelahian terjadi di antara para tahanan Selasa 28 Juni sekitar pukul 02.00 pagi waktu setempat

"Seorang narapidana membakar kasur selama perkelahian, dan api menyebar ke seluruh sayap penjara," kata Ruiz pada konferensi pers Selasa.

"Petugas penjara mencoba untuk memadamkannya sendiri, tetapi api terlalu besar dan kami harus menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran untuk mengendalikan situasi," kata Ruiz.

Sebanyak 24 orang terluka, termasuk sejumlah penjaga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 2 halaman

Penjara dengan Keamanan Menengah

Penjara itu adalah penjara dengan keamanan menengah, di mana narapidana menjalani hukuman ringan atau menyelesaikan beberapa bulan terakhir penahanan mereka, kata Ruiz.

Penjara Kolombia terkenal penuh sesak.

Rata-rata, sebagian besar melebihi kapasitas 20%, kata Ruiz.

"Lembaga pemasyarakatan tempat kebakaran terjadi di Tolua, kabarnya melebihi kapasitas 17%, menjadikannya salah satu penjara dengan populasi paling sedikit di negara itu," tambah Ruiz.

Perkelahian dan kerusuhan mematikan di penjara tidak jarang terjadi di Kolombia dan negara-negara tetangganya.

Pada Maret 2020, 24 narapidana tewas dalam kerusuhan di lembaga pemasyarakatan Picota di Bogota saat mereka memprotes tindakan protokol Virus Corona COVID-19 di dalam sistem lembaga pemasyarakatan.

Tahun sebelumnya, lebih dari 50 orang tewas -- termasuk 16 orang yang dipenggal kepalanya -- di penjara Brasil. Dan puluhan orang tewas dalam kebakaran yang terjadi di sebuah penjara di Venezuela pada tahun 2018.