Sukses

Rusia Jadi Pemasok Minyak Terbesar di China

Rusia menjadi pemasok minyak terbesar untuk China.

Liputan6.com, Moskow - Rusia telah menjadi pemasok minyak terbesar China karena negara itu menjual minyak mentah yang didiskon ke Beijing di tengah sanksi atas perang Ukraina.

Impor minyak Rusia naik 55% dari tahun sebelumnya ke level rekor di bulan Mei, menggusur Arab Saudi sebagai penyedia terbesar China. Demikian seperti dilansir dari laman BBC, Senin (20/6/2022). 

China telah meningkatkan pembelian minyak Rusia meskipun permintaan berkurang oleh pembatasan Covid dan ekonomi yang melambat.

Pada bulan Februari, China dan Rusia menyatakan persahabatan mereka "tanpa batas".

Dan perusahaan China, termasuk raksasa penyulingan negara Sinopec dan Zhenhua Oil yang dikelola negara, telah meningkatkan pembelian minyak mentah Rusia dalam beberapa bulan terakhir setelah ditawari diskon besar-besaran karena pembeli di Eropa dan AS menghindari energi Rusia sejalan dengan sanksi atas perangnya terhadap Ukraina.

Impor ke China, yang meliputi pasokan yang dipompa melalui pipa Samudra Pasifik Siberia Timur dan pengiriman melalui laut, mencapai hampir 8,42 juta ton bulan lalu, menurut data dari Administrasi Umum Kepabeanan China. 

Itu mendorong Arab Saudi - yang sebelumnya merupakan sumber minyak mentah terbesar China - ke posisi kedua dengan 7,82 juta ton.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minyak Rusia

Pada bulan Maret, AS dan Inggris mengatakan mereka akan melarang minyak Rusia, sementara Uni Eropa telah bekerja untuk mengakhiri ketergantungannya pada gas Rusia, karena Barat meningkatkan respons ekonomi terhadap invasi ke Ukraina.

Pada saat itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan langkah itu menargetkan "arteri utama ekonomi Rusia".

Ekspor energi merupakan sumber pendapatan vital bagi Rusia, tetapi langkah tersebut juga kemungkinan akan berdampak pada konsumen Barat.

Pekan lalu, sebuah laporan oleh lembaga think tank Center for Research on Energy and Clean Air mengatakan Rusia memperoleh hampir $100 miliar (£82bn) pendapatan dari ekspor bahan bakar fosil dalam 100 hari pertama invasi negara itu ke Ukraina, meskipun ada penurunan ekspor. di bulan Mei.

Uni Eropa membuat 61% dari impor ini, bernilai sekitar $59 miliar.

3 dari 3 halaman

Ekspor Minyak dan Gas Rusia Menurun

Secara keseluruhan, ekspor minyak dan gas Rusia turun dan pendapatan Moskow dari penjualan energi juga menurun dari puncaknya lebih dari $1 miliar per hari di bulan Maret.

Tetapi pendapatan masih melebihi biaya perang Ukraina selama 100 hari pertama - dengan CREA memperkirakan bahwa Rusia menghabiskan sekitar $876 juta per hari untuk invasi.

Angka tersebut juga menunjukkan bahwa China mengimpor 260.000 ton minyak mentah Iran bulan lalu, pengiriman ketiga minyak Iran sejak Desember lalu.

China terus membeli minyak Iran meskipun ada sanksi AS terhadap Teheran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.