Sukses

Pembalap dari 11 Negara Hadir di Formula E Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak lebih dari 20 pembalap dari 11 negara berbeda turut bersaing di Formula E yang digelar pemerintah provinsi DKI Jakarta. Balapan dimulai pada hari ini, Sabtu (4/6/2022). 

Pembalap Jean-Eric Vergne (Techeetah) berhasil merebut pole position. Pria berusia 32 tahun itu disusul oleh pebalap Portugal Antonio Felix Da Costa yang juga dari Techeetah, kemudian setelahnya ada pembalap Selandia Baru Mitch Evans dari Jaguar Racing.

Ada enam pembalap dari Inggris yang hadir, yakni Jake Dennis (Andretti Autosport), Oliver Rowland (Mahindra Racing), Sam Bird (Jaguar Racing), Oliver Turvey (NIO Formula E Team), Dan Ticktum (NIO Formula E Team), dan Alexander Sims (Mahindra Racing).

Hanya ada satu orang Amerika Serikat yang ikut balapan, yakni Oliver Askew. Namun, ada totalnya ada empat pembalap dari motor racing team dari AS, yakni Andretti Autosport dan Dragon Racing.

Motor racing team di Formula E didominasi dari negara Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jerman. Ada satu dari India (Mahindra Racing) dan satu dari Monako (Venturi). 

Wagub DKI Minta Dukungan Rakyat 

Balap Formula E dimulai dengan sesi latihan bebas kemudian dilanjutkan dengan kualifikasi grup A dan grup B pada pukul 10.40-11.55 WIB.Setelah kualifikasi, akan ada jeda hiburan dan konser musik sebelum upacara pembukaan yang dimulai pukul 14.45-15.00 WIB. Balapan dimulai pukul 15.00-16.00 WIB dan diakhiri dengan hiburan hingga pukul 22.00 WIB.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tiba di Jakarta Internasional E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, untuk menyaksikan balap mobil listrik Formula E yang digelar hari ini, Sabtu (4/6/2022). Dia tiba bersama istrinya, Ellisa Sumarlin, sekitar pukul 11.17 WIB.

Dalam unggahan akun resminya @arizapatria, dia menyampaikan salam hormat kepada seluruh warga DKI Jakarta. Dia memohon dukungan dan doa kepada warga agar balap mobil listrik Formula-E terlaksana dengan sukses.

"Salam hormat warga Jakarta, saya akan menonton Formula-E. Mari sama-sama kita dukung dan doakan semoga sukses, terima kasih," kata Riza.

Tak lupa dia mengingatkan kepada warga DKI bahwa balapan Formula E adalah balapan yang ramah lingkungan. Dia mengajak masyarakat yang tidak bisa menonton langsung Formula E di sirkuit dengan menyaksikan balapan melalui televisi.

Selain itu, dia juga menegaskan bahwa Formula E adalah ajang Internasional dan upaya Jakarta ikut dalam kampanye zero emisi.

"Ini kegiatan kelas dunia yang mengkampanyekan zero emisi dan Jakarta Langit Biru. Ini sejarah. Hormat kami untuk Ibu Bapak semua," kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Polemik Sponsor BUMN

Sempat muncul perdebatan kenapa BUMN tak ikut menjadi sponsor acara formula E. Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menjelaskan utama terkait minimnya dukungan BUMN untuk menjadi sponsor ajang balapan mobil listrik tersebut lantaran proposal kerja sama baru diterima sekitar sebulan sebelum penyelenggaraan dihelat.

"Kementerian BUMN menerima informasi bahwa sebagian dari korporasi di bawah BUMN menerima proposal sponsorship dari Panitia Penyelenggara Jakarta E-Prix 2022 rata-rata sebulan sebelum even itu diselenggarakan," kata Arya dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (3/6).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menjawab saat ditanyai soal BUMN yang tidak mensponsori gelaran ajang Formula E Jakarta 2022.

Dia mengatakan saat ini Pemprov DKI memilih berkonsentasi penuh pada persiapan Formula E yang berlangsung esok hari, Sabtu 4 Juni 2022.

"Kita pokoknya, kita semua bersiap untuk menyelenggarakannya ini tinggal dua hari lagi. Jadi pada fase ini konsentrasi kita adalah memastikan semua rencana terlaksana dengan baik," kata Anies usai acara kata Anies saat ngobrol santai dengan Co-Founder/Chief Championship Officer Operation Formula E, Alberto Longo di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 2 Juni 2022.

Anies menyebut gelaran Formula E adalah kesempatan bagi Jakarta untuk tampil dikancah International. Membawa nama baik Indonesia kata Anies menjadi fokus utama Pemprov DKI saat ini.

"Dunia melihat Jakarta, dunia melihat Indonesia, dan kita ingin agar ini jadi kesempatan untuk membawa nama baik Indonesia ke gelanggang dunia. Jadi kami berharap mohon dukungan dari semuanya, doakan. Insyaallah semua berjalan dengan lancar," kata Anies.

3 dari 4 halaman

DPR Minta Tak Ada Polemik

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo turut berkomentar terkait polemik BUMN yang tak ikut mensponsori Formula E 2022 di Jakarta. Ia memandang penyelenggara perlu lebih fokus ke pelaksanaan acaranya.

Ia memandang untuk acara dengan skala besar ini, akan membawa nama besar Indonesia. Sehingga terkait sponsor tak perlu dilebih-lebihkan menjadi polemik.

“Karena suka tak suka membawa nama Indonesia, lebih baik fokus pada teknis perlombaan agar event hari-H sesuai harapan, karena ini membawa nama bangsa. Disadari meskipun prosedurnya panjang banyak dinamika,” katanya saat dihubungi Bisnis Liputan6.com, Sabtu (4/6/2022).

“Saya kira itu, saya sarankan fokus bagaimana berjalan sesuai harapan nantinya,” imbuhnya.

Rahmad memandang jika gelaran Jakarta E-Prix 2022 ini berjalan dengan baik, akan membawa nama masyarakat Indonesia secara umum. Ia lebih memilih untuk polemik ini tidak diperpanjang.

“Jadi sudahilah polemik soal BUMN belum ada sponsorship, kalau mau ditelaah kan BUMN tak hanya tahun ini (jadi sponsor), mungkin ada pertimbangan teknis,” katanya.

“Kembali lagi kita tak perlu polemik, kita ajak semua masyarkaat kepada panitia untuk fokus berjalan sesuai harapan,” tambahnya.

Ia menyebut terkait hal ini perlu disikapi dengan kepala dingin. Artinya, keputusan BUMN yang tak memberikan sponsor tersebut perlu dihormati.

“Apapun ini harus kita hormati mau yang kerja sama mau yang tidak menentukan atau tak mau jadi kerja sama harus kita hormati sebagai profesionalitas bisnis to bsnis. Tak perlu kita perdebatkan berpolemik di media sosial sehingga di masyarkaat juga turut berpolemik. Lebih baik fokus penyelenggaraan,” paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Anies: 150 Negara Siarkan Langsung Ajang Balap Formula E

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan sebanyak 150 negara akan menyiarkan langsung ajang balap Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 4 Juni 2022 besok.

Menurut Anies, banyaknya negara yang menyiarkan balapan mobil listrik ini tentunya menjadi ajang promosi Indonesia khususnya Jakarta di kancah Internasional.

"Ini adalah event olahraga yg akan ditonton lebih dari 150 negara dan Jakarta hadir untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi climate change, global warming dengan memulai tranformasi menuju kendaraan ramah lingkungan," kata Anies di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (3/6).

Namun, anies irit bicara saat ditanyai siapa saja tokoh-tokoh termasuk tokoh politik yang sudah memastikan hadir di ajang Formula E. Tapi dia tak menampik jika ada beberapa tokoh yang sudah memberikan konfirmasi kehadiran saat laga Formula-E besok.

"Nanti akan dikompilasi karena siang ini sudah banyak konfirmasi. Tapi kalau disebutkan sekarang, padahal masih banyak yang belum konfirmasi, maka nanti tidak lengkap. Jadi nanti saja," kata Anies.