Sukses

CDC AS: Kasus Cacar Monyet Monkeypox Diduga Sudah Menyebar Tanpa Terdeteksi

Analisis genetik telah menunjukkan bahwa ada dua jenis monkeypox alias cacar air yang berbeda di Amerika Serikat.

Liputan6.com, D.C - Analisis genetik telah menunjukkan bahwa ada dua jenis monkeypox alias cacar air yang berbeda di Amerika Serikat, kata pejabat kesehatan masyarakat, meningkatkan kemungkinan bahwa kasus-kasus sebelumnya mungkin telah "berada di bawah radar".

Jennifer McQuiston, seorang pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan berapa lama virus telah beredar di negara itu.

"Saya pikir tentu saja mungkin ada kasus monkeypox di Amerika Serikat yang berada di bawah radar sebelumnya, tetapi tidak sampai tingkat yang besar," katanya sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (4/6/2022).

Namun, dia menambahkan, "mungkin ada penularan tingkat komunitas yang terjadi" di beberapa bagian AS di mana virus belum diidentifikasi.

CDC mengatakan kemungkinan lebih banyak kasus penyakit yang juga disebut cacar monyet itu akan dilaporkan.

Dr Angela Rasmussen, seorang ahli virologi di University of Saskatchewan di Kanada, mengatakan temuan itu menunjukkan bahwa virus akan lebih sulit untuk dibendung.

"Kami tidak benar-benar memiliki pemahaman yang baik tentang berapa banyak kasus yang ada di luar sana," kata Rasmussen kepada kantor berita The Associated Press.

Monkeypox, yang biasanya tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang, adalah endemik di beberapa bagian Afrika, di mana ia telah ditularkan melalui gigitan dari hewan kecil.

Bulan lalu, Eropa dan Amerika Serikat mulai mendeteksi kasus virus. Pejabat kesehatan di banyak negara sedang menyelidiki penularan monkeypox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puluhan Kasus di AS

Hingga Jumat, otoritas kesehatan AS telah mengidentifikasi setidaknya 21 kasus di 11 negara bagian. Gejala monkeypox dapat mencakup pembengkakan kelenjar getah bening, diikuti oleh ruam kulit.

AS dan Eropa sejauh ini belum mencatat kematian terkait monkeypox. Tetapi Rasmussen memperingatkan bahwa infeksi dapat berubah menjadi fatal jika mereka mulai menyebar ke orang-orang yang rentan.

Dia menambahkan bahwa virus itu mungkin mulai mempengaruhi populasi hewan pengerat negara itu bahkan jika itu terkandung di antara manusia. "Ini tidak keluar dari pertanyaan," kata Rasmussen.

CDC mengatakan para ilmuwannya "melacak beberapa kasus monkeypox yang telah dilaporkan di beberapa negara yang biasanya tidak melaporkan monkeypox, termasuk Amerika Serikat".

Dalam sebuah imbauan kepada para pelancong, CDC telah merekomendasikan untuk mengenakan masker dan menghindari kontak dengan orang sakit serta hewan kecil, termasuk hewan pengerat.

Ia mengatakan risiko bagi masyarakat umum "rendah" tetapi meminta orang-orang yang mengalami ruam kulit yang tidak dapat dijelaskan untuk mencari perhatian medis "segera".

 

3 dari 4 halaman

Menyebar di Australia

Otoritas kesehatan di negara bagian New South Wales (NSW) Australia telah mendeteksi kasus cacar monyet ketiga pada seorang pria yang baru saja kembali dari Eropa.

Pria berusia 50-an itu mengalami gejala ringan beberapa hari setelah tiba di Sydney, dan diuji untuk monkeypox setelah mengunjungi dokternya dengan gejala serupa.

Ini mengikuti dua kasus pertama di negara bagian itu, seorang pria yang kembali dari Eropa pada 20 Mei, dan seorang pria yang bepergian dari negara bagian Queensland.

Kepala Petugas Kesehatan NSW Kerry Chant mengatakan, tiga kasus yang ada belum dikaitkan dengan pelacak kontak negara bagian, demikian dikutip dari laman Xinhua, Jumat (3/6/2022).

"Cacar monyet tidak menimbulkan risiko penularan ke masyarakat umum, dan baru-baru ini bukan infeksi yang sebagian besar dokter di NSW akan cari atau khawatirkan pada pasien mereka," kata Chant pada hari Jumat.

Di masa lalu, cacar monyet telah mewabah di beberapa bagian Afrika, tetapi sejak pertengahan Mei telah menyebar secara global, terutama di Eropa.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Xinhua, ahli virologi di Australian National University (ANU) David Tscharke mengatakan virus itu kemungkinan akan menyebar perlahan karena penularan membutuhkan kontak yang sangat dekat.

"Jika virus berperilaku dengan cara yang sama seperti wabah sebelumnya, kami tidak akan mengharapkan banyak penyebaran. Ini akan menjadi masalah pengawasan yang cermat untuk melihat apakah orang-orang ini menyebarkan virus lebih lanjut."

Dia menyerukan vaksin cacar, yang efektif melawan virus, digunakan untuk kontak dekat dengan orang yang tertular cacar monyet.

"Hal utama dengan infeksi virus monkeypox adalah bahwa vaksinasi dapat efektif bahkan setelah Anda terpapar virus, sehingga memungkinkan untuk memvaksinasi semua kontak dekat baru-baru ini dari suatu kasus."

 

4 dari 4 halaman

Inggris Keluarkan Pedoman Kendalikan Cacar Monyet

Otoritas kesehatan di Inggris mengeluarkan pedoman baru untuk mengendalikan penyebaran virus cacar monyet di negara tersebut.

Pedoman yang dikeluarkan oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) serta rekan-rekannya di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, menetapkan langkah-langkah untuk profesional kesehatan dan masyarakat untuk mengelola penyakit dan mencegah penularan lebih lanjut sebagai "penularan komunitas terjadi di Inggris dan negara-negara lain."

Angka resmi terbaru menunjukkan, sekarang ada lebih dari 100 kasus cacar monyet monkeypox yang dikonfirmasi di Inggris, demikian dikutip dari laman Xinhua, Selasa (31/5/2022).

Secara global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada akhir pekan ada 257 kasus yang dikonfirmasi dan 120 kasus suspek di 23 negara di mana virus tidak endemik.

Termasuk dalam pedoman baru adalah agar orang tidak melakukan hubungan seks saat bergejala cacar monyet.

"Meskipun saat ini tidak ada bukti cacar monyet dalam ekskresi genital, sebagai tindakan pencegahan, kasus disarankan untuk menggunakan kondom selama delapan minggu setelah infeksi dan panduan ini akan diperbarui saat bukti muncul," kata UKHSA.

Orang-orang yang mungkin, kemungkinan, atau dikonfirmasi monkeypox diberitahu untuk sekarang mengisolasi di rumah, jika mereka tetap cukup sehat. Kontak seseorang dengan monkeypox juga akan dinilai risikonya dan disuruh mengisolasi selama 21 hari jika perlu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.