Sukses

Ada Jaemin, Apa Bedanya NCT Dream, NCT U, dan NCT 127?

Liputan6.com, Jakarta - Konser K-Pop kini mulai berlangsung lagi di Indonesia. Pada Kamis (19/5), grup NCT Dream telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta di kota Tangerang untuk konser. Para penggemar pun menyambut di kedatangan member NCT Dream di bandara. 

Salah satu favorit netizen di NCT Dream adalah Jaemin. Kedatangan Jaemin turut disambut drama medsos karena fans Jaemin emosi terhadap ucapan netizen lain.

NCT adalah grup bentukan SM Entertainment. Berbeda dari grup lain, NCT memiliki banyak sub-unit: NCT 127, NCT Dream, WayV, NCT U. Berikut penjelasan singkatnya: 

NCT 127

NCT 127 adalah grup senior di NCT. Mayoritas membernya adalah milenial muda, seperti Taeyong, Yuta, Jaehyun, Taeil, Johnny, dan Doyoung. Sisanya ada member generasi Z seperti Mark, Haechan, dan Jungwoo. Leader dari grup ini adalah Taeyong yang lahir pada 1995.

<p>Taeyong di MV Beautiful. Di belakangnya ada anggota NCT Dream, NCT 127, dan Way-V (sub-unit member luar negeri). Dok: SM Entertainment</p>

NCT Dream

NCT Dream adalah anggota junior dari NCT. Para membernya adalah Generasi Z. Beberapa anggota NCT Dream sudah menjadi talent di SM sejak usia remaja, seperti Jaemin, Mark, Jeno, dan Jisung. Dua anggota NCT Dream juga merupakan anggota NCT 127, yakni Mark dan Haechan.

<p>Anggota NCT Dream Jisung (tengah, jaket hijau) di MV Beautiful. Dok: SM Entertainment</p>

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

NCT U dan Way V

WayV

WayV adalah grup khusus yang berisi para member luar negeri, ada yang kelahiran Tiongkok seperti Kun, Xiaojun, Winwin, Yangyang dan Hendery. Ada pula yang keturunan Thailand seperti Ten dan Lucas. Leader dari WayV adalah Kun.

NCT U

NCT U adalah grup kombinasi yang bisa beranggotakan para member NCT 127, NCT Dream, dan WayV. Formasi anggota tergantung lagu yang akan dirilis pihak manajemen. Ada dua anggota utama dari sub-unit ini, yakni Sungchan dan Shotaro. 

Formasi Lengkap

<p>Anggota NCT di MV Beautiful. Leader Taeyong (baju kuning) dan Kun (cardigan putih) tampak berangkulan. Dari kiri-kanan: Xiaojun, Yuta, Jungwoo, Renjun, Taeyong, Kun, Jeno, Jisung, Hendery. Dok: SM Entertaiment.</p>

Tiap tahun, NCT punya tradisi untuk menghadirkan album dan single tahunan. Konsep ini berupaya menghadirkan seluruh member NCT yang berjumlah 23 orang. 

Pada 2021, mereka merilis album Universe dengan single utama berjudul Beautiful. Namun, member Winwin dan Lucas tidak hadir. 

Selain itu, empat sub-unit NCT juga punya kanal media sosial masing-masing. 

3 dari 4 halaman

Kegiatan Sosial di RI

Sebelum pandemi COVID-19, Jaemin dan Jeno NCT Dream baru-baru ini mampir ke Indonesia untuk menyambangi kantor SM Entertainment di FX Sudirman, Jakarta. Hanya saja, kunjungan ini dilakukan secara diam-diam.

Tak ada pemberitahuan terlabih dulu soal kedatangan Jaemin dan Jeno NCT Dream.

Informasi resmi soal hal ini baru muncul setelah keduanya mengunggah foto-foto mereka di Instagram NCT Dream pada April 2019.

Dalam unggahan tersebut, Jeno dan Jaemin NCT Dream tampak berpose di kantor SM Entertainment dan dalam mobil.

Dalam keterangan fotonya, Jeno dan Jaemin sempat sedikit menyesal karena datang secara diam-diam ke Indonesia. Namun, mereka berjanji akan datang lagi dan menemui penggemar secara langsung.

Di Indonesia, mereka melakukan kegiatan sosial di Jakarta dengan merangkul seorang murid sekolah. Kedua pemuda itu ikut mencari sampah dan mencuci baju di luar ruangan. Mereka juga memberikan kejutan di sekolah murid tersebut. 

"Lain kali kita akan membuat kenangan manis bersama," tutur mereka.

4 dari 4 halaman

Yuta Tampil di High & Low

Belakangan ini, Yuta juga mulai masuk dunia aktif. Sukses di dunia tarik suara, Yuta NCT mulai melebarkan sayapnya ke industri perfilman Jepang. Tak tanggung-tanggung, idola K-Pop NCT 127 ini langsung mendapat tawaran untuk bermain film produksi Jepang.

Yuta NCT bermain dalam film action berjudul HIGH&LOW THE WORST X (Cross). Dan tim produksi akhirnya mengungkapkan secara lengkap sederet aktor yang ikut bermain dalam film yang diadaptasi dari manga karya Hiroshi Takahashi tersebut.

Selain personel grup idol K-Pop Nakamoto Yuta NCT 127, juga ada Miyama Ryoki dari BE: First. Yoshino Hokuto, Kawamura Kazuma, dan Suzuki Takahide dari grup vokal dan tari The Rampage from Exile Tribe.

Film HIGH&LOW THE WORST X (Cross) disutradarai oleh Norihisa Hiranuma dan Masaki Suzumura.

Sementara, bintang-bintang Jepang yang terlibat dalam produksi ini antara lain Sato Ryuji, Kamio Fuju, Fukuyama Kohei, Ryu, Uekiya Satoshi, Nakajima Ken, Akihisa Shiono, Yo Aoi, Shin Koyanagi, Ryotaro Sakaguchi, Ikuya Naganuma.

Serial film ini juga bisa disaksikan di Netflix.