Sukses

SEA Games Bakal Digelar di Hanoi Usai Tertunda Selama 2 Tahun Akibat COVID-19

SEA Games akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games dibuka di ibu kota Vietnam, Hanoi pada Kamis (12 Mei) setelah penundaan selama enam bulan akibat COVID-19 dengan kebanggaan Asia Tenggara dipertaruhkan dalam segala hal mulai dari sepak bola hingga binaraga dan e-sports.

Lebih dari 5.000 atlet termasuk juara Olimpiade bersaing memperebutkan lebih dari 500 medali emas di ajang yang digelar setiap dua tahun itu, di arena yang seharusnya penuh sesak. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (10/5/2022). 

Pertandingan yang diikuti 11 negara ini mencakup olahraga Olimpiade tradisional seperti atletik, renang, dan tinju, tetapi juga olahraga regional seperti sepak takraw, permainan gaya bola voli yang menarik di mana tim-tim menendang bola rotan.

Petenis nomor satu dunia taekwondo Thailand Panipak Wongpattanakit dan atlet angkat besi Filipina Hidilyn Diaz, yang keduanya meraih emas di Olimpiade Tokyo tahun lalu, termasuk di antara atlet papan atas yang dipamerkan.

Perenang Singapura Joseph Schooling , yang memenangkan emas Olimpiade pertama yang bersejarah di negara kota itu pada tahun 2016, menyulap dinas militer nasional kembali ke rumah dengan berpartisipasi dan berharap untuk mendapatkan kembali bentuk masa lalunya yang gemilang.

Negara tuan rumah biasanya memasukkan olahraga di mana mereka tampil baik, membantu mereka meraih banyak medali emas tetapi menimbulkan kritik bahwa hal itu mengurangi prestise kompetisi.

Namun, dengan 40 olahraga dalam edisi ini, turun dari 56 di Manila pada 2019, Vietnam bersikeras mencari "Pertandingan yang adil" dengan sedikit ruang untuk olahraga lokal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga yang Dipertandingkan

"Tuan rumah harus berjuang sekeras tim lain untuk mendapatkan emas melawan kekuatan besar, terutama Thailand, Malaysia dan Indonesia," kata wakil ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tran Duc Phan di Vietnam News milik negara.

Penyelenggara masih menambahkan beberapa cita rasa lokal.

Edisi ke-31 spektakuler regional ini akan menjadi yang pertama menampilkan xiangqi, juga dikenal sebagai catur China, yang sangat populer di negara tuan rumah.

Pertandingan ini juga akan melihat kembalinya vovinam seni bela diri Vietnam.

Acara yang dipertahankan mulai tahun 2019 termasuk e-sports, dancesport - bentuk kompetitif dansa ballroom - dan seni gulat kurash Uzbekistan kuno.

Upacara pembukaan dilakukan pada hari Kamis tetapi beberapa kompetisi telah dimulai, dengan Malaysia memenangkan emas pertama ketika penyelam Nur Dhabitah Sabri menang di nomor loncatan 1m putri.

Game-game ini awalnya dijadwalkan berlangsung pada bulan November tetapi ditunda karena pandemi Virus Corona.

3 dari 4 halaman

Dipusatkan di Hanoi

Dengan infeksi yang turun drastis sejak puncaknya lebih dari 200.000 sehari pada bulan Maret, penonton di tempat - mereka bahkan tidak perlu melakukan tes COVID-19 - akan menjadi kontras dengan Olimpiade Tokyo tahun lalu yang sebagian besar bebas penggemar .

Baru minggu lalu Asian Games 2022 ditunda karena virus. Pameran multi-olahraga seukuran Olimpiade itu dijadwalkan berlangsung di kota Hangzhou, China, pada bulan September.

SEA Games dipusatkan di Hanoi dengan aksi juga berlangsung di 11 provinsi utara terdekat.

Ini adalah kedua kalinya Vietnam menjadi tuan rumah Olimpiade - edisi 2003 diselenggarakan oleh Hanoi dan Kota Ho Chi Minh - dan sekitar 2.000 spanduk telah ditempatkan di sekitar Hanoi untuk upacara pembukaan Kamis di Stadion My Dinh.

Media lokal mengatakan bahwa ribuan orang mengantri semalaman untuk membeli tiket pertandingan sepak bola yang menampilkan tim Vietnam.

Beberapa penduduk setempat melihat Olimpiade sebagai tanda bahwa kehidupan kembali normal.

"Kami telah melalui pandemi COVID yang sangat besar," kata warga Hanoi berusia 25 tahun, Nguyen Bich Ngoc.

4 dari 4 halaman

Tim Indonesia

Atlet pencak silat Indonesia yang turun di enam nomor seni. Adalah Puspa Arum Sari di nomor tunggal putri, Asep Yuldan Sani (tunggal putra), Riska Hermawan/Ririn Rinasih (ganda putri), Dede Setiadi/Haidir Agung Faletehan (ganda putra), Eny Tri Susilowati/Riana Oktavia/Riva Hijriah (regu putri), serta Anggi Faisal Mubarok/Asep Yuldan Sani/Nunu Nugraha (regu putra). Khusus nomor regu putra langsung melaju ke semifinal karena mendapat bye di babak eliminasi.

Selain pencak silat, cabor lain yang akan bertanding hari ini adalah catur, rowing, kickboxing, dan Timnas Sepak Bola U-23 Indonesia yang bertemu dengan Timor Leste pada pertandingan kedua penyisihan Grup A di Stadion VietTri, Phu Tho.

“Kami harap semua atlet-atlet yang bertanding hari ini dapat meraih hasil maksimal,” kata Ferry Kono, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games 2021.

“Saya juga meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia mendoakan dan mendukung perjuangan atlet-atlet kita di SEA Games. Berikan semangat positif kepada mereka karena SEA Games Vietnam ini sebenarnya baru dibuka pada 12 Mei. Masih banyak nomor yang belum dipertandingkan, dan masih banyak ladang medali yang bisa diraih oleh atlet-atlet kita.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.