Sukses

Kasus COVID-19 Hari Ini di Dunia Tembus 512 Juta dengan 6,2 Juta Kematian

Sudah 6.230.957 kematian tercatat akibat infeksi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data dari COVID-19 Dashboardby the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Johns Hopkins University (JHU), Jumat (29/4/2022), kasus COVID-19 hari ini di dunia menembus 512.225.941.

Sudah 6.230.957 kematian tercatat akibat infeksi COVID-19. Sementara total vaksin COVID-19 yang sudah disuntikkan mencapai 11.334.817.928 dosis.

Korea Selatan terpantau berada di urutan pertama negara dengan penambahan kasus COVID-19 terbanyak dalam 28 hari terakhir. Sementara Amerika Serikat yang biasanya menempati posisi puncak kini turun di tempat ke delapan.

Dalam 10 besar negara dengan penambahan kasus Virus Corona COVID-19 terbanyak 28 hari terakhir, sejumlah di antaranya berasal dari Asia. Berikut ini urutannya:

  1. Korea Selatan
  2. Jerman
  3. Prancis
  4. Italia
  5. Australia
  6. Jepang
  7. Vietnam
  8. Amerika Serikat
  9. Inggris
  10. China

Menurut urutan tersebut, empat negara Asia tercatat dengan penambahan kasus terbanyak dalam 28 hari terakhir. Yakni Korea Selatan, Jepang, Vietnam dan China.

Mengutip Channel News Asia, pada hari Kamis Guangzhou yang merupakan pusat perdagangan dan manufaktur utama di China selatan, mengumumkan pengujian massal untuk hampir sepertiga dari hampir 19 juta penduduknya setelah hasil tes "tidak normal" terdeteksi di bandaranya, di mana sebagian besar penerbangan telah dibatalkan.

Sementara itu, pusat teknologi Hangzhou dekat Shanghai pada Rabu 27 April malam memerintahkan 9,4 juta penduduk pusat kota dari 12,2 juta penduduknya untuk dites setiap 48 jam jika mereka ingin mengakses ruang publik dan transportasi.

Tujuannya adalah "agar virus tidak memiliki tempat untuk bersembunyi atau menetap", kata pemerintah kota dalam sebuah pernyataan, meningkatkan kekhawatiran pembatasan lebih lanjut di kota yang menampung beberapa perusahaan terbesar China.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1 Kasus Diduga COVID-19 di Guangzhou China Picu Tes Corona 5,6 Juta Warga dan Penerbangan Dibatalkan

Kota besar China di Guangzhou membatalkan ratusan penerbangan pada Kamis 28 April 2022 dan mulai menguji 5,6 juta orang atas satu kasus yang diduga COVID-19. Ini bagian dari pertempuran yang meningkat di seluruh negeri untuk memadamkan Virus Corona jenis tersebut.

China menghadapi wabah COVID-19 terburuk sejak puncak gelombang pertama pada awal 2020, dengan Shanghai timur mencatat lusinan kematian setiap hari dan ibu kota Beijing menutup seluruh lingkungan tempat beberapa kasus telah terdeteksi.

Di bawah kebijakan nol-COVID, China telah menggunakan lockdown, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan untuk membasmi infeksi.

Strateginya berada di bawah tekanan, dengan varian Omicron yang sangat menular melalui kontrol kesehatan.

Pembatasan virus yang bergulir - termasuk lockdown selama berminggu-minggu dari hampir semua, 26 juta penduduk Shanghai - telah merusak ekonomi, menyebabkan penumpukan di pelabuhan peti kemas tersibuk di dunia, simpul utama dalam rantai pasokan global.

China melaporkan 11.367 infeksi baru Virus Corona COVID-19 pada hari Kamis, penghitungan harian kecil dibandingkan dengan sebagian besar wilayah ekonomi global utama, tetapi cukup untuk mengguncang pihak berwenang di negara tempat Virus Corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, tetapi hingga saat ini muncul relatif tanpa cedera oleh pandemi.

3 dari 4 halaman

Merusak Liburan

Wabah COVID-19 itu diperkirakan akan melanda pariwisata selama liburan nasional Mei minggu depan, salah satu periode perjalanan tersibuk tahun ini.

Wisatawan Tiongkok diperkirakan melakukan 100 juta perjalanan domestik selama liburan lima hari, turun 62 persen dari tahun 2021, kata pejabat transportasi Zhou Min kepada wartawan.

Wang Yang, seorang warga Beijing berusia 34 tahun, mengatakan kepada AFP bahwa dia telah membatalkan rencana liburannya karena lonjakan Omicron. "Kita harus menghindari keluar dan tinggal di rumah," katanya kepada AFP. "Ini adalah sesuatu yang mempengaruhi seluruh negara dan bukan hanya dirimu sendiri."

Lebih dari 10.000 kasus COVID-19 di China pada hari Kamis terdeteksi di Shanghai, di mana kasus-kasus cenderung menurun setelah lockdown selama berminggu-minggu. Upaya yang telah membuat marah penduduk dan memicu protes, yang jarang terjadi terhadap pemerintah yang dituduh ceroboh dalam menanggapi dan gagal memberi makan orang-orang yang terkurung di rumah.

Dalam beberapa hari terakhir, lebih banyak kompleks perumahan telah mencabut pembatasan pergerakan dan pihak berwenang pada hari Kamis mengatakan 90 persen infeksi baru ditemukan di daerah karantina.

4 dari 4 halaman

Cegah Kasus COVID-19 Melonjak Sulit

Pejabat Komisi Kesehatan Nasional China Wu Liangyou pada hari Kamis memperingatkan bahwa mencegah "rebound atau spillover sulit".

Sekitar 50 kasus baru COVID-19 ditemukan di Beijing, pusat pemerintahan Presiden Xi Jinping, yang hingga kini memuji respons terhadap Virus Corona China sebagai contoh keunggulan kepemimpinan Komunis negara itu.

Ibu kota China meluncurkan pengujian COVId-19 massal hampir semua 21 juta penduduknya minggu ini, dan mengunci lebih banyak kompleks perumahan di distrik Chaoyang yang padat pada hari Kamis.

Warga sangat waspada terhadap potensi lockdown yang lebih luas dan ketakutan oleh adegan kekacauan di Shanghai yang telah melewati media sosial sebelum sensor dapat menghapusnya.

"Saya dapat melihat bahwa beberapa orang ragu-ragu tentang kebijakan COVID-19," Xiang, seorang siswa berusia 21 tahun di Beijing yang menolak memberikan nama lengkapnya, mengatakan kepada AFP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.